- Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh nyamuk, berdasarkan teks yang disajikan.
- Peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang benar mengenai populasi dalam suatu ekosistem.
- Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik dalam ekosistem danau yang disajikan.
- Peserta didik dapat memprediksi dampak yang terjadi pada jaring-jaring makanan jika populasi katak menurun drastis, berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
- Peserta didik dapat menentukan peran bakteri dan jamur dalam suatu ekosistem.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi tindakan yang bukan merupakan upaya konservasi air.
- Peserta didik dapat mengurutkan sistem klasifikasi lima kingdom dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri yang bukan merupakan karakteristik mamalia.
- Peserta didik dapat menjelaskan ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
- Peserta didik dapat memberikan contoh simbiosis yang sesuai dengan simbiosis komensalisme antara tanaman anggrek dan pohon.
- Peserta didik dapat mendefinisikan istilah yang tepat untuk hubungan saling ketergantungan antara komponen hidup dan tidak hidup dalam suatu sistem.
- Peserta didik dapat menuliskan nama ilmiah manusia dengan format yang benar.
- Peserta didik dapat menentukan peran ular dalam rantai makanan yang disajikan.
- Peserta didik dapat memprediksi dampak yang terjadi pada jaring-jaring makanan di sawah dan kebun jika populasi tikus dibasmi secara masif.
- Peserta didik dapat memilih ciri-ciri makhluk hidup yang benar dari daftar yang diberikan.
- Peserta didik dapat menyimpulkan ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh fotosintesis berdasarkan teks tentang lamun.
- Peserta didik dapat memilih dua pernyataan yang tepat terkait ciri-ciri atau struktur jamur berdasarkan informasi yang disajikan.
- Peserta didik dapat menentukan kunci dikotomi yang sesuai untuk mengidentifikasi spesies pada gambar lumba-lumba, berdasarkan kunci determinasi yang disediakan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis simbiosis yang terjadi antara burung jalak dan kerbau.
- Peserta didik dapat memprediksi kemungkinan yang terjadi pada ekosistem jika populasi ular menurun drastis.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi interaksi kompetisi yang terjadi dalam jaring-jaring makanan yang disajikan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi organisme yang tepat pada setiap tingkat trofik dalam piramida energi, berdasarkan gambar jaring-jaring makanan laut.
- Peserta didik dapat menganalisis dan memprediksi dampak yang terjadi pada ekosistem sawah jika populasi ular berkurang drastis, berdasarkan rantai makanan yang diberikan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi interaksi antara komponen abiotik dan biotik yang sesuai dengan rantai makanan yang disajikan.
- Peserta didik dapat menyimpulkan dampak negatif penggunaan teknologi transportasi terhadap kesehatan pernapasan manusia berdasarkan grafik peningkatan emisi CO2 yang disajikan.
- Peserta didik dapat menentukan upaya manusia yang tepat untuk melestarikan lingkungan agar seimbang dan serasi.
- Peserta didik dapat memilih pernyataan yang benar mengenai perbedaan antara asteroid dan komet berdasarkan informasi yang diberikan.
- Peserta didik dapat memilih pernyataan yang benar mengenai dampak revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi.
- Peserta didik dapat mengurutkan dengan benar tahapan proses terjadinya gerhana bulan total berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang tidak sesuai mengenai perbandingan antara Bumi dan Venus berdasarkan informasi yang diberikan.
Sabtu, 31 Mei 2025
Indikator (Kisi-kisi) Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) IPA Kelas 7 Reguler Semester Genap 2025
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar