Halaman

Home

Sabtu, 31 Mei 2025

Indikator (Kisi-kisi) Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) IPA Kelas 7 Reguler Semester Genap 2025

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh nyamuk, berdasarkan teks yang disajikan.
  2. Peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang benar mengenai populasi dalam suatu ekosistem.
  3. Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik dalam ekosistem danau yang disajikan.
  4. Peserta didik dapat memprediksi dampak yang terjadi pada jaring-jaring makanan jika populasi katak menurun drastis, berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
  5. Peserta didik dapat menentukan peran bakteri dan jamur dalam suatu ekosistem.
  6. Peserta didik dapat mengidentifikasi tindakan yang bukan merupakan upaya konservasi air.
  7. Peserta didik dapat mengurutkan sistem klasifikasi lima kingdom dengan benar.
  8. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri yang bukan merupakan karakteristik mamalia.
  9. Peserta didik dapat menjelaskan ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  10. Peserta didik dapat memberikan contoh simbiosis yang sesuai dengan simbiosis komensalisme antara tanaman anggrek dan pohon.
  11. Peserta didik dapat mendefinisikan istilah yang tepat untuk hubungan saling ketergantungan antara komponen hidup dan tidak hidup dalam suatu sistem.
  12. Peserta didik dapat menuliskan nama ilmiah manusia dengan format yang benar.
  13. Peserta didik dapat menentukan peran ular dalam rantai makanan yang disajikan.
  14. Peserta didik dapat memprediksi dampak yang terjadi pada jaring-jaring makanan di sawah dan kebun jika populasi tikus dibasmi secara masif.
  15. Peserta didik dapat memilih ciri-ciri makhluk hidup yang benar dari daftar yang diberikan.
  16. Peserta didik dapat menyimpulkan ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh fotosintesis berdasarkan teks tentang lamun.
  17. Peserta didik dapat memilih dua pernyataan yang tepat terkait ciri-ciri atau struktur jamur berdasarkan informasi yang disajikan.
  18. Peserta didik dapat menentukan kunci dikotomi yang sesuai untuk mengidentifikasi spesies pada gambar lumba-lumba, berdasarkan kunci determinasi yang disediakan.
  19. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis simbiosis yang terjadi antara burung jalak dan kerbau.
  20. Peserta didik dapat memprediksi kemungkinan yang terjadi pada ekosistem jika populasi ular menurun drastis.
  21. Peserta didik dapat mengidentifikasi interaksi kompetisi yang terjadi dalam jaring-jaring makanan yang disajikan.
  22. Peserta didik dapat mengidentifikasi organisme yang tepat pada setiap tingkat trofik dalam piramida energi, berdasarkan gambar jaring-jaring makanan laut.
  23. Peserta didik dapat menganalisis dan memprediksi dampak yang terjadi pada ekosistem sawah jika populasi ular berkurang drastis, berdasarkan rantai makanan yang diberikan.
  24. Peserta didik dapat mengidentifikasi interaksi antara komponen abiotik dan biotik yang sesuai dengan rantai makanan yang disajikan.
  25. Peserta didik dapat menyimpulkan dampak negatif penggunaan teknologi transportasi terhadap kesehatan pernapasan manusia berdasarkan grafik peningkatan emisi CO2 yang disajikan.
  26. Peserta didik dapat menentukan upaya manusia yang tepat untuk melestarikan lingkungan agar seimbang dan serasi.
  27. Peserta didik dapat memilih pernyataan yang benar mengenai perbedaan antara asteroid dan komet berdasarkan informasi yang diberikan.
  28. Peserta didik dapat memilih pernyataan yang benar mengenai dampak revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi.
  29. Peserta didik dapat mengurutkan dengan benar tahapan proses terjadinya gerhana bulan total berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
  30. Peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang tidak sesuai mengenai perbandingan antara Bumi dan Venus berdasarkan informasi yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar