- Peserta didik dapat mengidentifikasi aplikasi getaran dan gelombang yang digunakan untuk memeriksa kondisi janin dalam kandungan berdasarkan gambar yang disajikan
. - Peserta didik dapat menentukan lintasan satu getaran penuh sebuah bandul yang bergerak bolak-balik berdasarkan ilustrasi yang diberikan
. - Peserta didik dapat menghitung kedalaman laut yang diukur menggunakan sonar, jika diketahui cepat rambat gelombang bunyi dan waktu tempuhnya
. - Peserta didik dapat menghitung banyaknya gelombang yang merambat, jika diketahui cepat rambat gelombang, waktu rambat, dan panjang gelombang
. - Peserta didik dapat menghitung frekuensi getaran ayunan, jika diketahui jumlah getaran dan waktu yang diperlukan
. - Peserta didik dapat menentukan perbandingan cepat rambat gelombang yang dihasilkan oleh dua orang yang menggetarkan tali, jika diketahui jumlah gelombang, panjang gelombang, dan waktu yang sama
. - Peserta didik dapat menghitung frekuensi getaran bandul, jika diketahui periode gerak bandul
. - Peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis gelombang berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, ditunjukkan oleh gambar gelombang air
. - Peserta didik dapat menghitung panjang gelombang, jika diketahui cepat rambat gelombang dan grafik simpangan terhadap waktu
. - Peserta didik dapat mendefinisikan gelombang longitudinal berdasarkan gambar yang menunjukkan rapatan dan regangan
. - Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis suara yang dapat didengar oleh manusia.
- Peserta didik dapat menghitung waktu yang diperlukan bunyi untuk sampai ke pendengar, jika diketahui kecepatan rambat bunyi di udara dan jarak tempuh.
- Peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung, jika diketahui posisi benda relatif terhadap titik fokus dan titik pusat kelengkungan
. - Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian kamera yang berfungsi mengatur cahaya masuk berdasarkan gambar yang disajikan
. - Peserta didik dapat menganalisis perubahan kecepatan dan panjang gelombang cahaya ketika cahaya dibiaskan dari udara ke kaca.
- Peserta didik dapat menghitung jarak bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung, jika diketahui jarak benda dan jarak fokusnya
. - Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh campuran heterogen dari daftar berbagai zat yang diberikan
. - Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh zat tunggal dari daftar berbagai zat yang diberikan
. - Peserta didik dapat mengidentifikasi golongan unsur yang memiliki sebagian sifat logam dan nonlogam serta bersifat semikonduktor
. - Peserta didik dapat menentukan metode pemisahan yang tepat untuk mendapatkan seluruh komponen campuran pasir, gula, air, dan tepung
. - Peserta didik dapat menjelaskan istilah tenaga yang berasal dari luar bumi.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu penyebab gerak endogen.
- Peserta didik dapat menjelaskan sifat fisik lapisan astenosfer.
- Peserta didik dapat mengurutkan lapisan interior bumi dari luar ke dalam dengan benar.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi lapisan bumi berdasarkan sifat kimianya.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi tipe pergerakan lempeng bumi yang tidak termasuk dalam kategori yang diberikan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang bukan merupakan penyebab gempa bumi
. - Peserta didik dapat menentukan daerah yang merasakan akibat gempa bumi paling parah.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi lapisan bumi yang berfungsi sebagai selimut Bumi dan mengandung sisilium, aluminium, dan magnesium.
- Peserta didik dapat memberikan bukti adanya konvergensi antar lempeng tektonik berdasarkan pilihan yang diberikan
.
Sabtu, 31 Mei 2025
Indikator (Kisi-kisi) Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 8 Reguler Semester Genap 2025
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar