Halaman

Home

Sabtu, 31 Mei 2025

Indikator (Kisi-kisi) Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 8 Reguler Semester Genap 2025

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi aplikasi getaran dan gelombang yang digunakan untuk memeriksa kondisi janin dalam kandungan berdasarkan gambar yang disajikan.
  2. Peserta didik dapat menentukan lintasan satu getaran penuh sebuah bandul yang bergerak bolak-balik berdasarkan ilustrasi yang diberikan.
  3. Peserta didik dapat menghitung kedalaman laut yang diukur menggunakan sonar, jika diketahui cepat rambat gelombang bunyi dan waktu tempuhnya.
  4. Peserta didik dapat menghitung banyaknya gelombang yang merambat, jika diketahui cepat rambat gelombang, waktu rambat, dan panjang gelombang.
  5. Peserta didik dapat menghitung frekuensi getaran ayunan, jika diketahui jumlah getaran dan waktu yang diperlukan.
  6. Peserta didik dapat menentukan perbandingan cepat rambat gelombang yang dihasilkan oleh dua orang yang menggetarkan tali, jika diketahui jumlah gelombang, panjang gelombang, dan waktu yang sama.
  7. Peserta didik dapat menghitung frekuensi getaran bandul, jika diketahui periode gerak bandul.
  8. Peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis gelombang berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, ditunjukkan oleh gambar gelombang air.
  9. Peserta didik dapat menghitung panjang gelombang, jika diketahui cepat rambat gelombang dan grafik simpangan terhadap waktu.
  10. Peserta didik dapat mendefinisikan gelombang longitudinal berdasarkan gambar yang menunjukkan rapatan dan regangan.
  11. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis suara yang dapat didengar oleh manusia.
  12. Peserta didik dapat menghitung waktu yang diperlukan bunyi untuk sampai ke pendengar, jika diketahui kecepatan rambat bunyi di udara dan jarak tempuh.
  13. Peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung, jika diketahui posisi benda relatif terhadap titik fokus dan titik pusat kelengkungan.
  14. Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian kamera yang berfungsi mengatur cahaya masuk berdasarkan gambar yang disajikan.
  15. Peserta didik dapat menganalisis perubahan kecepatan dan panjang gelombang cahaya ketika cahaya dibiaskan dari udara ke kaca.
  16. Peserta didik dapat menghitung jarak bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung, jika diketahui jarak benda dan jarak fokusnya.
  17. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh campuran heterogen dari daftar berbagai zat yang diberikan.
  18. Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh zat tunggal dari daftar berbagai zat yang diberikan.
  19. Peserta didik dapat mengidentifikasi golongan unsur yang memiliki sebagian sifat logam dan nonlogam serta bersifat semikonduktor.
  20. Peserta didik dapat menentukan metode pemisahan yang tepat untuk mendapatkan seluruh komponen campuran pasir, gula, air, dan tepung.
  21. Peserta didik dapat menjelaskan istilah tenaga yang berasal dari luar bumi.
  22. Peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu penyebab gerak endogen.
  23. Peserta didik dapat menjelaskan sifat fisik lapisan astenosfer.
  24. Peserta didik dapat mengurutkan lapisan interior bumi dari luar ke dalam dengan benar.
  25. Peserta didik dapat mengidentifikasi lapisan bumi berdasarkan sifat kimianya.
  26. Peserta didik dapat mengidentifikasi tipe pergerakan lempeng bumi yang tidak termasuk dalam kategori yang diberikan.
  27. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang bukan merupakan penyebab gempa bumi.
  28. Peserta didik dapat menentukan daerah yang merasakan akibat gempa bumi paling parah.
  29. Peserta didik dapat mengidentifikasi lapisan bumi yang berfungsi sebagai selimut Bumi dan mengandung sisilium, aluminium, dan magnesium.
  30. Peserta didik dapat memberikan bukti adanya konvergensi antar lempeng tektonik berdasarkan pilihan yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar