Halaman

Home

Jumat, 21 Februari 2020

Kisi-Kisi Soal Penialan Akhir Semester Kelas IX Semester Genap 2019/2020

Assalamualaikum warohamtullohi wabarokatuh, Gaes!

Tak terasa musim ujian kembali tiba lagi. Februari penuh dengan ujian yang salah satunya  Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester GENAP. Tetap SEMANGAT belajar menjelang PAS, USBN, dan UN. Nah, buat kalian semua yang ingin sukses di PAS mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya peserta didik kelas IX berikut acuan atau kisi-kisi PAS IPA Semester Genap.

Bentuk soal PAS terdiri dari 40 soal pilihan ganda. Pantengin nih rinciannya mulai dari Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Soal. Selemat belajar!!!. Selalu berdoa dan berusaha yang terbaik. Semoga sukses dan Allah SWT menyertai doa kalian. Aamin.

KLIK DISINI untuk memperoleh KISI-KISI PAS IPA kelas IX Semester Genap 2019/2020

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

SELAMAT BELAJAR! SEMOGA SUKSES DAN LANCAR PAS-nya Ya!

Selasa, 03 Desember 2019

Kisi-Kisi IPA Penilaian Akhir Semester Kelas IX Ganjil 2019

Hai gaes, bagaimana kabar para peserta didik yang HEBAT? Musim Penilaian Akhir Semester (PAS) telah tiba. Untuk itu, tetap SEMANGAT belajar menjelang PAS. Nah, buat kalian semua yang ingin sukses di PAS mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya peserta didik kelas IX berikut acuan atau kisi-kisi PAS IPA untuk semester ganjil.

Bentuk soal PAS terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Pantengin nih rinciannya mulai dari materi, Kompetensi Dasar (KD), Indikator, dan level soal. Selemat belajar!!!. Selalu berdoa dan berusaha yang terbaik. Semoga sukses dan Allah SWT menyertai doa kalian. Aamin.
KLIK DISINI untuk memperoleh KISI-KISI PAS IPA kelas IX Semester Ganjil 2019   

Selasa, 22 Oktober 2019

Penilaian Harian Online IPA Materi Pewarian Sifat Kelas IX 2019

Petunjuk Mengerjakan Soal Penilaian (Ulangan) Harian Online IPA Materi Pewarian Sifat Kelas IX 2019

  1. Isilah identitas diri kalian yang meliputi nama lengkap, jenis kelamin, dan kelas dengan benar lalu KLIK TOMBOL BERIKUTNYA. 
  2. Jawablah seluruh soal dengan memilih jawaban yang paling tepat dan benar.
  3. Kerjakan langsung mengisi di FORM di bawah blog ini 

Sabtu, 21 September 2019

Indikator (Kisi-kisi) Soal IPA Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Kelas IX Tahun Ajaran 2019/2020

Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Kelas IX Ganjil Kelas IX Tahun Ajaran 2019/2020 ada 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.  Buat peserta didik HEBAT yang ingin belajar dan sukses PTS-nya, berikut indikator (kisi-kisi) soalnya.
Soal Pilihan Ganda
  1. Disajikan nama-nama fase pembelahan mitosis dan meiosis beserta gambarnya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama dan gambar fase pembelahan sel
  2. Disajikan ciri-ciri fase pembelahan sel mitosis dan meiosis beserta gambar fasenya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara ciri-ciri dan gambar fase pembelahan sel
  3. Peserta didik dapat menentukan sifat atau karakter sel anakan dari hasil mitosis dan meiosis
  4. Disajikan gambar sistem organ reproduksi pria, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama organ reproduksi beserta fungsinya sesuai bagian gambar yang ditunjuk
  5. Disajikan gambar sistem organ reproduksi pria, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama organ reproduksi beserta fungsinya sesuai bagian gambar yang ditunjuk
  6. Disajikan gambar sistem reproduksi perempuan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama organ reproduksi beserta fungsinya sesuai bagian gambar yang ditunjuk
  7. Disajikan gambar sistem reproduksi perempuan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama organ reproduksi beserta fungsinya sesuai bagian gambar yang ditunjuk
  8. Disajikan gambar bagan pembentukan sel kelamin, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama sel dengan jumlah kromosomnya sesuai bagian yang ditunjuk
  9. Disajikan gambar bagan pembentukan sel kelamin, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama sel dengan jumlah kromosomnya sesuai bagian yang ditunjuk
  10. Disajikan gambar bagan pembentukan sel kelamin, siswa dapat menentukan konsep pembelahan sel mitosis dan meiosis pada proses pembentukan sel kelamin itu
  11. Disajikan gambar grafik konsentrasi hormon pada siklus menstruasi, peserta didik dapat menentukan pengaruh hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi berdasar grafik tersebut.
  12. Peserta didik dapat menentukan hubungan yang benar antara kadar hormon dengan pengaruhnya pada fase-fase pada siklus menstruasi
  13. Peserta didik dapat menentukan pengaruh hormon oksitosin dan prostaglandin ketika terjadi proses melahirkan
  14. Peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat tantara mikroba patogen dengan penyakit menular seksual yang diakibatkannya
  15. Disajikan daftar pola hidup dalam menjaga sistem reproduksi manusia, peserta didik dapat menentukan pola hidup yang menunjang kesehatan sistem reprosuksi selama menstruasi.
  16. Peserta didik dapat menentukan cara terjadinya reproduksi vegetatif (aseksual) pada tumbuhan
  17. Disajikan daftar nama tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi tumbuhan yang bereproduksi menggunakan batang yang menjalar di atas tanah dan menggunakan tunas tumbuh diantara ruas-ruas batang
  18. Disajikan suatu peristiwa mengenai sistem perkembangbiakan tumbuhan, peserta didik dapat menentukan cara reproduksi vegetatif secara buatan yang sesuai dengan peristiwa itu
  19. Disajikan gambar bagian-bagian bunga, peserta didik dapat mengidentifikasi organ reproduksi seksual (generatif) tumbuhan
  20. Disajikan ciri-ciri bunga pada suatu tumbuhan, peserta didik dapat menentukan tipe penyerbukan berdasar ciri-ciri tersebut
  21. Peserta didik dapat menentukan proses pembuahan pada tumbuhan angiospermae
  22. Disajikan suatu pernyataan tentang percobaan perkecambahan biji, peserta didik dapat menentukan faktor yang berpengaruh terhadap perkecambahan
  23. Peserta didik dapat menentukan ciri biji yang cara penyebarannya dibantu oleh air
  24. Peserta didik dapat menentukan peristiwa yang terjadi pada perkembangbiakan generatif pada pinus dan melinjo
  25. Peserta didik dapat menentukan peristiwa yang terjadi pada perkembangbiakan vegetatif pada pakis haji
  26. Disajikan bagan perkembangan hidup pada tumbuhan paku, peserta didik dapat menentukan tahap perkembangan hidup tumbuhan paku tersebut
  27. Disajikan bagan perkembangan hidup pada tumbuhan lumut, peserta didik dapat menentukan tahap perkembangan hidup tumbuhan paku tersebut
  28. Disajikan contoh cara perkembangbiakan hewan, peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan berdasarkan contoh tersebut
  29. Disajikan beberapa nama hewan, peserta didik dapat menentukan nama hewan yang berkembangbiak secara vivipar
  30. Disajikan hasil pengamatan reproduksi hewan, peserta didik dapat menentukan cara reproduksi aseksual hewan itu
  31. Peserta didik dapat menentukan cara reproduksi aseksual hewan
  32. Disajikan hasil pengamatan cara reproduksi seksual hewan, peserta didik dapat menentukan contoh hewan yang dapat bereproduksi dengan cara tersebut 
  33. Disajikan daftar nama hewan, peserta didik dapat menentukan contoh hewan yang dapat bereproduksi secara seksual
  34. Disajikan gambar daur (siklus) hidup ubur-ubur, peserta didik dapat menentukan fase hidup seksual ubur-ubur
  35. Peserta didik dapat menentukan cara teknologi reproduksi hewan melalui inseminasi buatan
Soal Uraian
  1. Disajikan daftar nama bagian organ sistem reproduksi wanita, peserta didik dapat menjelaskan urutan yang benar perjalanan ovum ketika terjadi ovulasi
  2. Disajikan daftar nama bagian organ sistem reproduksi laki-laki, peserta didik dapat menjelaskan urutan yang benar perjalanan sperma 
  3. Disajikan pernyataan teknologi perkembangbiakan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cara teknologi perkembangbiakan tumbuhan itu
  4. Disajikan tahapan metamorfosis hewan, siswa dapat menjelaskan urutan tahapan metamorfosis hewan itu
  5. Disajikan gambar organ reproduksi pria dan pernyataan mengenai metode keluarga berencana (vasektomi) pada laki-laki, siswa peserta didik dapat menentukan bagian organ reproduksi pria yang akan dilakukan vasektomi 

Rabu, 11 September 2019

Tugas Review Konten Rumah Belajar Dengan STT dan TTS

Berikut adalah hasil review dua konten rumahbelajar.id dengan menggunakan teknologi Speech To Text (STT) dan Text To Speech (TTS) untuk memenuhi tugas video conference training batch 5 yang diadakan seamolec.
Keunggulan buku ini dapat dijadikan media untuk para peserta didik dalam mempelajari materi bioteknologi khususnya di bidang pangan. Alur cerita buku ini mengalir dengan gaya bahasa yang sangat ringan dan mudah dipahami. Cerita dari buku ini dari satu judul cerita ke judul cerita lainnya sangat menarik dan runut. buku karya Nur Inayah Syar terdiri dari 10 judul mengenai berbagai jenis makanan unik hasil fermentasi. Dalam setiap judul ceritanya, pembaca diajak untuk mengenal berbagai cara dalam membuat makanan unik hasil fermentasi. Selain itu, buku ini sangat menarik untuk mengenalkan berbagai jenis makanan hasil fermentasi dari berbagai pelosok daerah di Indonesia. 
Kekurangan buku ini kurang dilengkapi gambar-gambar nyata dari berbagai jenis makanan dibuat ide ceritanya. penjelasan cara pembuatan makanan hasil fermentasi nya sebaiknya disajikan dalam bentuk infografis yang menarik sehingga dapat dipahami pembaca daripada hanya dengan kalimat. Tata letak gambar berbagai tulisannya dibuat lebih menarik lagi agar baca tidak mengalami kebosanan membaca.


Keunggulan buku modul 4 dengan judul organisasi kehidupan ini secara materi sangat runut dan sesuai dengan batasan kurikulumnya. Gambar dan ilustrasi yang menjadi penjelas pada materinya sudah sangat sesuai dengan konsep. Modul ini juga dilengkapi tugas, rangkuman materi, dan latihan soal yang sesuai konsep. Pemilihan bahasa dan istilah yang berkaitan dengan organisasi kehidupan juga sangat mudah dimengerti bagi pembacanya.
Kekurangan buku modul 4 ini dalam latihan soalnya mencirikan soal tingkatan C1 hingga C3. Belum ada soal dengan taraf tingkatan aplikasi atau C4 ke atas. Sebaiknya peserta didik juga dilatihkan menjawab soal bertaraf C4 titik rangkuman materi di akhir buku modul 4 sebaiknya dibuat dalam bentuk peta konsep agar peserta didik mengetahui isi atau garis besar materi yang akan dipelajari. Selain itu buku modul 4 ini sebaiknya disediakan kunci jawaban untuk kolom bagian penugasan seperti kunci jawaban di latihan soalnya buku modul 4 ini harusnya dilengkapi gambar nyata dari sel, jaringan, dan sistem organ.

Link review dua konten rumahbelajar.id di atas dapat dilihat di youtube di tautan ini KLIK DISINI atau kunjungi https://youtu.be/W7nzst6Okxk

Terimakasih atas seluruh pihak yang telah berperan dalam terselesaikan tugas ini.

Minggu, 25 Agustus 2019

Soal Ulangan Harian Online IPA Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX 2019

Petunjuk Mengerjakan Soal Ulangan Harian Online IPA Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX 2019

  1. Isilah identitas diri kalian yang meliputi nama lengkap, kelas, lalu KLIK TOMBOL BERIKUTNYA. 
  2. Jawablah seluruh soal dengan memilih jawaban yang paling tepat dan benar.
  3. Kerjakan langsung mengisi di FORM di bawah blog ini

Selasa, 26 Maret 2019

Komik Sistem Reproduksi Manusia Karya Siswa SMP

Komik sebagai salah satu bentuk media komunikasi visual yang mempunyai kekuatan untuk menyampaikan informasi secara popular dan mudah dimengerti. Cerita di dalam komik ringkas, menarik perhatian, dilengkapi dengan aksi, diolah dengan pemakaian warna-warna utama secara bebas. Perpaduan kekuatan gambar dan tulisan dirangkai dalam suatu alur cerita gambar yang membuat informasi lebih mudah diserap. Teks membuatnya lebih dimengerti dan alur ceritanya membuat lebih mudah untuk diikuti dan diingat. Komik dapat meningkatkan rasa fantasi, imajinasi, dan jiwa kreatif. Ungkapan-ungkapan visual yang beruntun dan menyenangkan menjadi salah satu daya tarik utama keberhasilan komik untuk diminati semua kalangan masyarakat.

Media komik berpotensi menjadi sumber belajar yang berperan sebagai alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Konsep dari suatu materi pembelajaran dapat tersampaikan dalam media komik pembelajaran dengan syarat-syarat sebagai berikut: 

  1. Pemilihan isi dan gaya penyampaian konsep dari suatu materi pembelajaran dapat memotivasi, merangsang peserta didik. 
  2. Konsep suatu materi pembelajaran yang dituangkan di dalam komik harus dapat mengaktifkan peserta didik dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan melakukan praktik-praktik dengan benar.
  3. Tahap evaluasi setelah komik dibuat harus terus dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap konsep materi pembelajaran.  

Sistem Reproduksi Manusia adalah salah satu materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IX semester ganjil. Materi ini penuh dengan banyak hafalan dan istilah-istilah reproduksi yang bagi beberapa guru atau peserta didik menjadi tabu untuk dipelajari. Banyak dari peserta didik yang sulit untuk memahami materi IPA dengan cara membaca buku teks. Salah satu penyebabnya yaitu bentuk materi yang ada di buku teks sangat membosankan dan belajar tidak jadi menyenangkan. Buku teks yang penuh dengan banyak kalimat-kalimat yang kurang dimengerti ketika dibaca oleh para peserta didik hingga membuat mereka tidak antusias dan bosan dalam memahami suatu konsep materi pelajaran itu.

Berdasar fenomena yang sering diungkapkan peserta didik itu, salah satu guru IPA SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) yaitu Alimmatus Firmansyah, S.Pd. berinovasi mengajak para peserta didik kelas IX untuk membuat materi bacaan atau bahan ajar yang lebih menyenangkan dengan cara membuat Komik Sistem Reproduksi Manusia. Kali pertama pembuatan komik ini diterapkan pada 28 peserta didik kelas IX-A yang dilakukan selama semester ganjil di tahun pelajaran 2018/2019. Mereka terbagi menjadi lima kelompok dengan sub-sub materi yang ada sistem reproduksi manusia yakni; pembelahan sel, struktur dan fungsi organ sistem reproduksi pria dan wanita, siklus menstruasi, spermatogenesis dan oogenesis, serta jenis-jenis penyakit sistem reproduksi manusia beserta upaya pencegahannya.

Sebelum pembuatan komik, para peserta didik kelas IX telah diberikan contoh komik yang berhasil dibuat oleh Alimmatus Firmansyah, S.Pd. lalu peserta didik menginstall aplikasi COMIC LIFE untuk pemembuatan komiknya. Untuk mendowload dan cara install aplikasi pembuatan komik itu didampingi guru hingga tahapan akhir pembuatannya dapat dilihat di postingan blog ini dengan judul Inovasi Mengajar Mitosis Melalui Komik. Pembuatan komik ini berlangsung selama hampir tiga minggu selama semester ganjil yang dikerjakan baik dirumah maupun di sekolah. Berikut beberapa foto kegiatan pembuatan komik di sekolah.

Adeline, Mayra, Hasna, dan Afrina (dari kiri ke kenan) sedang membuat komik berisi materi jenis-jenis penyakit reproduksi dan upaya pencegahannya dengan aplikasi COMIC LIFE


Lutfan, Rafi, Akmal, dan Fahmi sedang asyik membuat komik berisi materi fertilisasi dan kehamilan dengan aplikasi COMIC LIFE

Berikut komik yang dapat digunakan para pembaca blog ini terutama kalangan guru dan peserta didik untuk dapat memahami materi sistem reproduksi manusia terbagi menjadi sub-sub materi.

Komik Pembelahan Sel (Karya: Aydin, Dito, Raffa, Gaudi, dan Rizqi)
    Rizqi, Dito, Raffa, Gaudi, dan Aydin (dari kiri ke kanan) sedang menunjukkan hasil karya komik pembelahan sel yang telah berhasil dibuatnya 

    Komik Struktur dan Fungsi Organ Reproduksi Manusia 
    (Karya: Faustina, Karisha, Nabila, Sabrina, dan Salwa)
Faustina (sedang ijin tidak masuk sekolah saat pengambilan foto), Karisha, Nabila, Sabrina, dan Salwa (dari kiri ke kanan) sedang menunjukkan hasil karya komik struktur dan fungsi organ reproduksi manusia yang telah berhasil dibuatnya

    Komik Menstruasi (Karya: Aisyah, Alya, Shafirany, Syifaniar, Veysha)
      Alya, Shafirany, Syifaniar, Veysha, dan Aisyah (dari kkiri ke kanan) sedang menunjukkan hasil karya komiknya yang berisi materi tentang menstruasi 


    Komik Fertilisasi dan Kehamilan (Karya: Lutfhan, Rafi, Akmal, Fahmi)

Akmal, Rafi, Fahmi, dan Lutfhan (dari kiri ke kanan) sedang menunjukkan hasil karya komiknya yang berisi materi fertilisasi dan kehamilan 



Komik Penyakit Sistem Reproduksi Manusia dan Upaya Pencegahannya 
(Karya: Adeline, Afrina, Hasna, Mayra)


Hasna, Afrina, Mayra, Adeline (dari kiri ke kanan) sedang menunjukkan hasil karya komiknya yang berisi materi tentang jenis-jenis penyakit sistem reproduksi manusia dan upaya pencegahannya



Komik Spermatogenesis dan Oogenesis (Karya: Haya, Ramandha, Dave, Vanessa, dan Nasywa)
Vanessa, Nasywa, Haya, Dave, dan Ramandha (dari kiri ke kanan) sedang menunjukkan hasil karya komik spermatogenesis dan oogenesis yang telah berhasil dibuatnya

Selamat menikmati komik-komik karya peserta didik SMP tersebut. Segala kekurangan yang terdapat di dalam komik ini menjadi evaluasi kegiatan pembuatan komik berikutnya. Terimakasih atas segala usaha kalian semuanya ya wahai siswa-siswiku.