Halaman

Home

Sabtu, 03 Juni 2023

Kisi-Kisi Sumatif Akhir Tahun Kelas VII 2023

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Apa kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Sumatif Akhir Tahun pelajaran IPA pada Kamis (8/6). Kunci sukses PAT yaitu baca, pelajari, dan kerjakan kisi-kisi berikut. Semoga bermanfaat.

  1. Disajikan gambar jenis interaksi antara dua jenis makhluk hidup, peserta didik dapat mengindentifikasi jenis interaksi yang terjadi pada dua makluk hidup itu.
  2. Disajikan gambar jaring-jaring makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi lingkungan apabila salah satu populasi makhluk hidup mengalami gangguan.
  3. Disajikan pernyataan mengenai ciri-ciri ekosistem air, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri yang termasuk ekosistem air laut dan ekosistem air tawar.
  4. Peserta didik dapat menentukan peran dekomposer bagi kesuburan tanah.
  5. Peserta didik dapat mengidentifikasi dari piramida makanan, jaring-jaring makanan, dan rantai makanan.
  6. Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen tingkat I dan II berdasar gambar itu.
  7. Peserta didik dapat menyebutkan fungsi detritivor dan dekomposer.
  8. Disajikan pernyataan mengenai beberapa hewan herbivora, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis  interaksi yang terjadi diantara hewan itu.
  9. Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab yang tepat bila terjadi kelebihan populasi suatu makhluk hidup di lingkungan itu. 
  10. Peserta didik dapat menyebutkan contoh pola interaksi komensalisme, mutualismem, dan parasitisme. 
  11. Disajikan bacaan mengenai pencemaran, peserta didik dapat menentukan zat yang dapat menyebabkan pencemaran.
  12. Peserta didik dapat menentukan pengertian pencemaran fisika, pencemaran kimiawi, dan pencemaran biologis.    
  13. Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri pengelolaan air secara kimiawi dan biologis.
  14. Disajikan bacaan mengenai penggunaan DDT dalam pertanian sebagai pemusnah hama, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat penggunaan DDT yang belebihan dalam pertanian berdasar bacaan itu.
  15. Peserta didik dapat menentukan akibat dari penggunaan DDT yang terakumulasi pada tubuh makhluk hidup betina.
  16. Disajikan bacaan mengenai akibat zat pencemaran hasil dari transportasi darat, peerta didik dapat menentukan akibat yang terjadi apabila jumlah zat pencemaran hasil pembakaran alat transportasi yang berada di ruangan tertutup itu berlebihan.
  17. Peserta didik dapat menyebutkan keuntungan adanya penghijauan dengan menanam banyak tumbuhan di kota besar.
  18. Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis kegiatan manusia yang dapat menyebabkan peningkatan gas karbondioksida di udara.
  19. Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif yang secara langsung terjadi bila suatu ekosistem kekurangan gas karbondioksida.
  20. Peserta didik dapat menyebutkan cara mengatasi banyaknya sampah plastik yang sulit terurai di lingkungan.
  21. Peserta didik dapat menyebutkan jenis gas yang termasuk gas rumah kaca.
  22. Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif dari pemanasan global
  23. Peserta didik dapat menyebutkan senyawa yang dihasilkan dari pemakaian pendingin ruangan (AC) yang telah rusak.
  24. Peserta didik dapat menyebutkan cara pemanfaatan limbah dari pertanian dan peternakan yang berupa gas metana (CH4).
  25. Peserta didik dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global yang diakibatkan dari fenomena efek rumah kaca.

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas VIII 2023

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Apa kabar peserta didik kelas VIII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Akhir Tahun (PAT) pelajaran IPA pada Kamis (8/6). Kunci sukses PAT yaitu baca, pelajari, dan kerjakan kisi-kisi berikut. Semoga bermanfaat.

  1. Disajikan gambar seorang anak sedang mendorong gerobak, peserta didik dapat menghitung percepatan gerobak apabila ada benda di dalam gerobak bermassa 10 kg dan anak itu mendorong dengan gaya 100 N.
  2. Disajikan pernyataan suatu benda didorong atau ditarik dengan tiga gaya yang berbeda yaitu F1 = 33 N, F2 = 23 N, dan F3 = 56 N, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar yang benar berdasarkan hukum I newton. 
  3. Disajikan gambar truk yang bermuatan benda sebesar 5000 kg dan bergerak dengan percepatan 25 m/s, peserta didik dapat meghitung gaya yang bekerja pada truk tersebut. 
  4. Peserta didik dapat mengidentifikasi gambar yang benar berdasarkan konsep hukum I newton.
  5. Peserta didik dapat menghitung besar tekanan hidrostatis pada benda yang tenggelam dalam air dengan kedalaman 9 meter, massa jenis air 1.000 kg/m3, dan percepatan gravitasinya 9,8 N/kg. 
  6. Disajikan gambar mesin hidrolik  untuk mengangkat mobil, peserta didik dapat menghitung berat beban yang dapat diangkat bila luas penampang mesin 1 = 30 cm2, luas penampang mesin 2 = 60 cm2 dan gaya yang diberikan pada mesin 1 sebesar 1000 newton. 
  7. Disajikan gambar sistem organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi dari organ pernapasan manusia yang ditunjuk di gambar. 
  8. Disajikan gambar sistem organ pernapasan manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat dari kerusakan salah satu organ pernapasan manusia.
  9. Disajikan gambar mekanisme sistem pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan tahapan mekanisme sistem pernapasan manusia berdasar gambar.
  10. Disajikan pernyataan mengenai tahap-tahap mekanisme sistem pernapasan manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis mekanisme sistem pernapasan manusia berdasar pernyataan tersebut.
  11. Disajikan gambar sebuah bandul yang bergerak dengan lintasan 10 getaran dalam waktu 20 detik, peserta didik dapat menghitung periode dan frekuensi bandul.
  12. Disajikan gambar suatu bandul yang bergerak 4 3/4 getaran, peserta didik dapat menentukan pola getaran yang terjadi pada bandukyang bergerak tersebut.
  13. Disajikan ganbar gelombang tali yang diikat di salah satu ujungnya, peserta didik dapat menghitung periode, frekuensi, dan panjang satu gelombang (lamda) bila gelombang tali bergerak dengan jarak 10 meter dan waktu bergetarntya 5 detik. 
  14. Disajikan gambar gelombang longitudinal (slinki atau pegas), peserta didik dapat menghitung jumlah gelombang yang terjadi berdasar gambar tersebut. 
  15. Disajikan data gelombang yang merambat dalam air yang terjadi dalam waktu 20 detik, jumlah gelombang yang terbentuk 5 gelombang, dan jarak antara dua puncak gelombang yang berdekatan adalah 10 meter, peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang air tersebut.
  16. Disajikan gambar penampang lapisan kulit manusia, peserta didik dapat mengindektifikasi bagian epidermis, dermis, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak.
  17. Disajikan pernyataan mengenai beberapa fungsi organ hati, peserta didik dapat menentukan fungsi organ hati sebagai organ ekskresi.
  18. Disajikan gambar nefron, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian bagian nefron beserta fungsinya.
  19. Disajikan pernyataan mengenai ciri-ciri seseorang yang terkena salah satu penyakit pada sistem ekskresi manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian nefron yang rusak berdasar ciri-ciri penyakit itu.
  20. Disajikan pernyataan mengenai ciri-ciri seseorang pasien yang telah melakukan tes urin di laboratorium, peserta didik dapat mengidentifikasi nama penyakit berdasar ciri-ciri tersebut. 
  21. Peserta didik dapat menentukan tahapan proses ketika cahaya masuk ke dalam mata hingga terbentuknya bayangan.  
  22. Disajikan gambar bagian-bagian mata, peserta didik dapat menentukan nama bagan-bagian mata beserta fungsinya.
  23. Disajiikan gambar mata yang mengalami salah satu gangguan penglihatan pada mata, peserta didik dapat menentukan cara untuk membantu menyelesaiakan gangguan penglihatan itu berdasar gambar.
  24. Disajikan kedua gambar jalannya sinar pada mata sebelum dan sesudah memakai kacamata, peserta didik dapat menentukan jenis lensa yang digunakan untuk membantu gangguan pada penglihatan berdasar gambar itu. 
  25. Disajikan data pernyataan mengenai suatu benda yang diletakkan di depan cermin cekung sejauh 12 cm, Jarak bayangan yang terbentuk yaitu 48 cm. Peserta didik dapat menghitung jarak bayangan yang terbentuk Bila jarak benda digeser 4 cm menjauhi cermin.

Senin, 06 Maret 2023

Kisi-Kisi Sumatif Tengah Semester (STS) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII 2023

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 


Apa kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar sumatif tengah semester pelajaran IPA pada Kamis (9/3) besok ya. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan pernyataan mengenai ciri-ciri makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pernyataan tersebut.

2. Disajikan beberapa peristiwa aktivitas makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup yang termasuk ciri berkembang dan berkembang biak. 
 
3. Peserta didik dapat menentukan perbedaan tujuan makhluk hidup melakukan aktivitas bernafas dan respirasi. 

4. Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup yang termasuk ciri ekskresi dan bergerak

5. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dilakukan klasifikasi makhluk hidup

6. Disajikan urutan takson makhluk hidup, peserta didik dapat mengurutkan takson mulai dari yang paling sedikit anggotanya ke takson yang paling banyak anggotanya.

7. Disajikan data kunci determinasi, peserta didik dapat menentukan urutan kunci determinasi hewan katak dan bunglon berdasar data kunci determinasi itu. 

8. Disajikan beberapa nama tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi tumbuhan biji berkeping satu dan tumbuhan biji berkeping dua.  

9. Disajikan gambar hewan, peserta didik dapat menentukan filum hewan itu berdasar gambar.  

10. Disajikan data pernyataan karakteristik makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan kingdom makhluk hidup itu berdasarkan data tersebut.  

11. Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor benda sedang bergerak. 

12. Disajikan pernyataan mengenai aktivitas gaya yang dapat mempengaruhi bentuk suatu benda, peserta didik dapat menentukan jenis gaya berdasarkan pernyataan tersebut. 

13. Disajikan pernyataan mengenai beberapa aktivitas manusia dan benda, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh gerak yang termasuk dalam hukum Newton I dan II berdasar pernyataan tersebut.  

14. Disajikan data mengenai ciri-ciri benda, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak benda yang termasuk GLB berdasar data itu.

15. Disajikan pernyataan mengenai beberapa peristiwa gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk GLBB berdasar pernyataan itu. .

16. Peserta didik dapat menghitung jumlah resultan gaya bila ada benda yang ditarik ke arah kanan sebesar 400N dan ke arah kiri 150 N. 

17. Peserta didik dapat menghitung gaya benda bila massa benda itu 20 kg dan percepatannya 75 m/s2.

18. Peserta didik dapat menghitung percepatan sebuah mobil bila kecepatan mobil itu 120 m/s2 lalu 20 menit kemudian berhenti.

19. Peserta didik dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda pada peristiwa kehidupan sehari-hari. 

20. Disajikan beberapa gambar ticker timer, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis gerak benda pad alintasan lurus berdasar gambar itu. 

21. Disajikan gambar aktivitas makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri makhluk hidup berdasarkan gambar tersebut.

22. Disajikan daftar nama ilmiah makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan hubungan kekerabatan antar makhluk hidup berdasar daftar nama itu. 

23. Disajikan grafik kecepatan benda terhadap waktu, peserta didik dapat menghitung jarak yang ditempuh benda itu bergerak selama beberapa waktu.

Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII 2023

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 


Apa kabar peserta didik kelas VIII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester pada Kamis (9/3) besok ya. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan gambar sel darah, peserta didik dapat menentukan nama sel darah itu beserta fungsinya berdasar gambar.

2. Disajikan gambar organ sistem peredaran darah, peserta didik dapat menentukan nama bagian organ sistem peredaran darah itu beserta fungsinya berdasar gambar. 
 
3. Disajikan gambar mekanisme sistem peredaran darah manusia, peserta didik dapat menentukan urutan mekanisme sistem peredaran darah manusia berdasar gambar. 

4. Disajikan gambar mekanisme sistem peredaran darah manusia, peserta didik dapat menentukan urutan sistem peredaran darah bersih pada manusia berdasar gambar. 

5. Disajikan pernyataan mengenai angka tekanan darah manusia, peserta didik dapat menjelaskan arti dari kedua angka tekanan darah manusia

6. Disajikan pernyataan mengenai gejala penyakit sistem peredaran darah manusia, peserta didik dapat menentukan organ sistem peredaran darah manusia yang terserang penyakit itu beserta penyebabnya.

7. Disajikan data tabel tiga zat padat yang berisi gaya,luas penampang, dan tekanan, peserta didik dapat menentukan faktor terjadinya tekanan pada zat padat berdasar data tabel itu. 

8. Disajikan data tekanan benda terhadap benda lainnya beserta luas bidang tekannya, peserta didik dapat menghitung gaya benda itu.  

9. Peserta didik dapat menghitung tekanan benda bila diketahui gaya benda sebesar 100 N dengan luas penampang benda 200 cm2. 

10. Disajikan gambar beberapa posisi benda pada zat cair, peserta didik dapat menentukan urutan tekanan hidrostatis benda yang terdapat di dalam zat cair berdasar gambar. 

11. Peserta didik dapat menghitung gaya archimedes pada benda bila massajenis benda 1000 kg/m3 sedang melayang di dalam zat cair yang bervolume 50 m3.

12. Peserta didik dapat menghitung tekanan hidrostatis bila massa jenis zat cair 2000 kg/m3 dengan gravitasi 9,8 N/kg yang berada dalam kedalaman 5 meter. 

13. Disajikan gambar dan data tabel kedua benda padat yang berbeda posisinya, peserta didik dapat menentukan besarnya tekanan yang terjadi pada kedua benda padat itu. 

14. Disajikan gambar sistem organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi dari bagian organ sistem pernapasan manusia berdasar gambar.

15. Peserta didik dapat menentukan prinsip yang terjadi pada benda yang dapat terapung, melayang, dan tenggelam.

16. Disajikan data grafik jumlah udara pernapasan manusia, peserta didik menentukan jumlah kapasitas total paru-paru manusia berdasar grafik itu.

17. Disajikan pernyataan mengenai pernapasan dada, peserta didik dapat menjelaskan alur mekanisme pernapasan dada ketika inspirasi.

18. Disajikan gambar percobaan sistem pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan tujuan dari percobaan berdasar gambar itu.

19. Disajikan pernyataan mengenai jumlah udara manusia, peserta didik dapat menentukan jenis volume udara berdasar pernyataan tersebut. 

20. Disajikan gejala-gejala penyakit sistem pernapasan manusia, peserta didik dapat menentukan jenis penyakit berdasargejala itu. 

21. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena.

22. Peserta didik dapat menghitung gaya tekan pada dongkrak hidrolik yang besar bila diketaui luas penampangnya 20 cm2 sedangkan luas penampang pada hidrolik kecil 10 cm2 dan gaya yang diberikan 100 N. 

23. Peserta didik dapat menjelaskan alur mekanisme inspirasi dada, inspirasi perut, ekspirasi dada, dan ekspirasi perut.

Rabu, 01 Februari 2023

e-LKPD Struktur Jantung dan Fungsi Pembuluh Darah


Peredaran Darah Manusia

Silahkan dikerjakan e-LKPD Struktur Jantung dan Fungsi Pembuluh Darah melalui klik tautan di atas lalu laporkan hasilnya ke guru. 

Klik tautan berikut 
Bila tidak dapat diakses https://www.liveworksheets.com/er2733569bt

e-LKPD Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia


Gangguan pada sisitem peredaran darah

Silahkan dikerjakan e-LKPD Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dengan cara klik tautan di atas lalu laporkan hasilnya ke guru. 

Klik tautan berikut https://www.liveworksheets.com/zt2627285xj
Bila tidak dapat diakses 

e-LKPD Struktur Jantung, Pembuluh Darah, dan Mekanisme Peredaran Darah


Jantung dan Sistem Peredaran Darah

Silahkan dikerjakan e-LKPD e-LKPD Struktur Jantung, Pembuluh Darah, dan Mekanisme Peredaran Darah dengan cara klik tautan di atas lalu laporkan hasilnya ke guru.

Klik tautan berikut https://www.liveworksheets.com/kl2610703px
Bila tautan tidak dapat diakses