Halaman

Home

Sabtu, 03 Juni 2023

Kisi-Kisi Sumatif Akhir Tahun Kelas VII 2023

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Apa kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Sumatif Akhir Tahun pelajaran IPA pada Kamis (8/6). Kunci sukses PAT yaitu baca, pelajari, dan kerjakan kisi-kisi berikut. Semoga bermanfaat.

  1. Disajikan gambar jenis interaksi antara dua jenis makhluk hidup, peserta didik dapat mengindentifikasi jenis interaksi yang terjadi pada dua makluk hidup itu.
  2. Disajikan gambar jaring-jaring makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi lingkungan apabila salah satu populasi makhluk hidup mengalami gangguan.
  3. Disajikan pernyataan mengenai ciri-ciri ekosistem air, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri yang termasuk ekosistem air laut dan ekosistem air tawar.
  4. Peserta didik dapat menentukan peran dekomposer bagi kesuburan tanah.
  5. Peserta didik dapat mengidentifikasi dari piramida makanan, jaring-jaring makanan, dan rantai makanan.
  6. Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen tingkat I dan II berdasar gambar itu.
  7. Peserta didik dapat menyebutkan fungsi detritivor dan dekomposer.
  8. Disajikan pernyataan mengenai beberapa hewan herbivora, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis  interaksi yang terjadi diantara hewan itu.
  9. Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab yang tepat bila terjadi kelebihan populasi suatu makhluk hidup di lingkungan itu. 
  10. Peserta didik dapat menyebutkan contoh pola interaksi komensalisme, mutualismem, dan parasitisme. 
  11. Disajikan bacaan mengenai pencemaran, peserta didik dapat menentukan zat yang dapat menyebabkan pencemaran.
  12. Peserta didik dapat menentukan pengertian pencemaran fisika, pencemaran kimiawi, dan pencemaran biologis.    
  13. Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri pengelolaan air secara kimiawi dan biologis.
  14. Disajikan bacaan mengenai penggunaan DDT dalam pertanian sebagai pemusnah hama, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat penggunaan DDT yang belebihan dalam pertanian berdasar bacaan itu.
  15. Peserta didik dapat menentukan akibat dari penggunaan DDT yang terakumulasi pada tubuh makhluk hidup betina.
  16. Disajikan bacaan mengenai akibat zat pencemaran hasil dari transportasi darat, peerta didik dapat menentukan akibat yang terjadi apabila jumlah zat pencemaran hasil pembakaran alat transportasi yang berada di ruangan tertutup itu berlebihan.
  17. Peserta didik dapat menyebutkan keuntungan adanya penghijauan dengan menanam banyak tumbuhan di kota besar.
  18. Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis kegiatan manusia yang dapat menyebabkan peningkatan gas karbondioksida di udara.
  19. Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif yang secara langsung terjadi bila suatu ekosistem kekurangan gas karbondioksida.
  20. Peserta didik dapat menyebutkan cara mengatasi banyaknya sampah plastik yang sulit terurai di lingkungan.
  21. Peserta didik dapat menyebutkan jenis gas yang termasuk gas rumah kaca.
  22. Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif dari pemanasan global
  23. Peserta didik dapat menyebutkan senyawa yang dihasilkan dari pemakaian pendingin ruangan (AC) yang telah rusak.
  24. Peserta didik dapat menyebutkan cara pemanfaatan limbah dari pertanian dan peternakan yang berupa gas metana (CH4).
  25. Peserta didik dapat menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global yang diakibatkan dari fenomena efek rumah kaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar