Halaman

Home

Minggu, 25 September 2022

Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester IPA Kelas VIII 2022

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Bagaimana kabar anak-anak kelas VIII-C dan VIII-D? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya di tengah pandemi covid -19 ini. Berikut disampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA pada Kamis (29/9). Soal PTS terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Silahkan dibaca, dipelajari, dijawab di buku kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan beberapa pernyataan mengenai struktur dan alat gerak ikan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang berakibat pada gerak ikan. 

2. Disajikan beberapa gambar gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan nama jenis gerak tumbuhan yang benar berdasar gambar.
 
3. Disajikan beberapa contoh gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan contoh gerak tumbuhan yang bergerak karena rangsanagan dari dalam tubuh tumbuhan. 

4. Disajikan gambar tulang tengkorak manusia, peserta didik dapat menentukan nama-nama bagian tulang yang benar berdasar gambar.

5. Disajikan gambar tulang anggota gerak atas tubuh manusia, peserta didik dapat menentukan nama-nama tulang yang benar berdasar gambar

6. Disajikan pernyataan mengenai aktivitas gerak manusia berdasarkan sendi geraknya, peserta didik dapat menentukan nama tulang pada sendi gerak itu yang digunakan untuk mekanisme gerak aktivitas itu.

7. Disajikan gambar salah satu sendi gerak manusia, peserta didik dapat menentukan pergerakan tulang yang terjadi pada sendi gerak tersebut.

8. Disajikan beberapa pernyataan mengenai ciri-ciri otot manusia, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri yang benar pada otot rangka dan otot polos. 

9. Disajikan gambar salah satu kelainan pada sistem gerak manusia, peserta didik dapat menentukan jenis kelainan yang terjadi pada gambar itu.  

10. Disajikan pernyataan mengenai aktivitas yang menyebabkan penyakit pada sistem gerak manusia, peserta didik dapat menjelaskan alasan upaya kecepatan kesembuihan dari jenis tulang sesuai pernyataan tersebut.  

11. Disajikan beberapa pernyataan mengenai peristiwa aktivitas gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis gerak yang termasuk gerak lurus berubah beratuan dipercepat dan gerak lurus berubah beraturan diperlambat.

12. Disajikan gambar grafik kecepatan benda yang bergerak, peserta didik dapat menentukan grafik yang termasuk gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

13. Disajikan gambar pola pada ticker timer, peserta didik dapat menentukan jenis gerak lurus berdasar gambar.

14. Peserta didik dapat menghitung jarak yang ditempuh dari gerak benda bila diketahui kelajuan 30 m dan 30 detik.

15. Peserta didik dapat menghitung waktu yang ditempuh gerak benda bila diketahui jarak 6 km dan kelajuan 60 m/s.  

16. Disajikan pernyataan mengenai jumlah resultan gaya, peserta didik dapat menentukan gambar yang benar berdasar jumlah resultan gaya tersebut.

17. Disajikan gambar dan pernyataan mengenai balok dan gaya dengan percepatan 4 m/s dengan massa 3 kg. Lalu balok itu ditambah dengan balok bermassa 5 kg dan ditarik dengan gaya yang sama. Peserta didik dapat menghitung percepatan kedua balok tersebut. 

18. Disajikan beberapa gambar beberapa baloik yang ditarik dengan jumlah gaya yang berbeda. Balok itu bermassa sama. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar mengenai besaran pada gerak benda. 

19. Disajikan pernyataan tentang gerak benda yang menghasilkan nilai resultan gaya, peserta didik dapat menentukan jenis gerak benda yang tepat.

20. Disajikan beberapa pernyataan mengenai peristiwa gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan termasuk jenis gerak yang termasuk dalam hukum newton II dan hukum newton III.

21. Peserta didik dapat menentukan nama-nama bagian tulang yang menyusun rangka tubuh manusia.

22. Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri otot jantung, otot lurik, dan otot polos.

23. Peserta didik dapat menjelaskan lima macam gangguan atau kelainan sistem gerak manusia.

24. Peserta didik dapat menghitung gaya pada benda kedua dengan percepatan sebesar 10 m/s2, bila pada benda pertama diberi gaya 40 N dan pesercepatan sebesar 20 m/s2.

25. Disajikan gambar dengan benda bermassa 5 kg dan gaya gravitasi 10 m/s2, peserta didik dapat menentukan tegangan tali pada benda itu.   
 

Senin, 12 September 2022

The Grid Question of Digital Technology Asessment I 2022

Assalamualaikum warohamtuloohi wabarokatuh

How are the students in class VIII-E and VIII-F? Hopefully you will always be in a healthy condition and stay enthusiastic in carrying out Digital Technology Asessment I. There are 20 multiple choice questions questions for this assesment. The materials about the collecting information consist of introduction to database, filter and short, lab data collection. Another materials is designing a documents consist of tabs and columns. Here are there materials for Digital Technology Asessment I : 

  1. Students can mention the definition what is a database.  
  2. Presented the picture of button in tab home of microsoft excel, students can determine the button to create the field names becomes BOLD and ALIGN the text to CENTER.
  3. Presented the picture of simple database and following steps, students can determine the correct order of steps for create a database in a very simple way.
  4. Presented the picture of simple database, students can determine the number button to format database information with microsoft excel become a data table style.
  5. Presented the picture of simple database, students can determine the correct sequence of number button if you want to make the database into a new style table and the program knows that the titles are field headers.
  6. Students can determine the function of microsoft excell that can aplly for really big data tables about database information and only want to see a part or a spesific set of data. 
  7. Presented picture 1, Picture, Picture 2, and the steps in the following database, students can determine the correct order of filter data. 
  8. Presented the steps, students can determine the correct steps to sort name of your database start from smallest to the largest.
  9. Students can mention the function of to sort database according to multiple fields.
  10. Prresented the steps, students can determine the correct steps to sort data alphabetically by name and then by hobby. 
  11. Presented the following picture, students can determine to sort data by hobbies
    and names in the sort window, after click the sort by list coloumn and chose a hobby, then which number button. 

  12. Presented picture 1, picture 2, and the steps in the following database, students can determine to filter the field name of hobby.
  13. Students can mention the function in microsoft excel to display the database of students whose current birthday. 
  14. Presented picture 1 and picture 2, students can determine the correct steps to sort the place of highest temperature.
  15. Presented picture 1 and picture 2, students can determine the correct steps to sort the place of quitest temperature.
  16. Students can mention a button helps you create easy to format documents and allow you to position your text exactly where you want. It is different types depending on the
    alligment you want. 

  17. Students can mention the correct match between tab type and its function.
  18. Presented the steps, students can determine what kind of steps to designing a document.
  19. Presented the steps, students can determine the correct order to open the tabs window in microsoft word.
  20. Presented the picture, students can determine the part to set the exact position of tab.

Hopefully the students of class VIII-E and VIII-F will be given fluency in answering science tryout which will be held on Wednesday, September 14, 2022. Keep the enthusiasm for learning and always keep your health. Aamin

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Senin, 18 Juli 2022

Aplikasi Implementasi Kurikulum Merdeka 2022

Tautan berikut berisi mengenai sumber lengkap mengenai Kurikulum Merdeka dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) terbaru 2022. Silahkan di klik yang berwarna biru atau menyalin tautan yang telah disediakan.   

Tautan pertama silahkan klik disini atau dapat menyalin https://linktr.ee/k_merdeka

Berikut isi dari tautan kedua tersebut berisi berbagai panduan mengenai:

1. Merdeka Belajar (http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/)

2. Platform Merdeka Belajar (https://guru.kemdikbud.go.id/)

3. Tanya Jawab Kurikulum Merdeka 
    (https://drive.google.com/file/d/1bA64vGynv0uYD-0silrpnrVyG0i59HLF/view)

4. Capaian Pembelajaran Revisi No. 033/H/KR/2022 
    (https://drive.google.com/file/d/16_rt8khs9EgFuG-kS74SnRbu1y1197LS/view)

5. Capaian Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Sunda    
    (https://drive.google.com/drive/folders/1XNzcmxi7koYA9cROE2fS7Fj4LamyU0rI)

6. Capaian Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa
    (https://drive.google.com/file/d/134cuXDyIMGBTVGeoWMJypyVmI61UdGYz/view)

7. Model Layanan Bimbingan Konseling
    (https://drive.google.com/drive/folders/1UMXpKCVruyAAgtp6cfAkUkVL6encxYQ6)

8. Pedoman Penerapan Kurikulum 
    (https://drive.google.com/file/d/1SKUDVf2r6m-cJvC9oS58kXjud_hsFODJ/view)

9. Dimensi Profil Pelajar Pancasila 
    (https://drive.google.com/file/d/12-JmlYm3v7KDotUh9w1tQqjktHwsgN0L/view)

10. Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 
      (https://drive.google.com/file/d/1iNwN2tIp9TkFK4rX5cIMLwsGTkFEW9Jr/view)

      (https://drive.google.com/file/d/1bP90PbXhbml4PaR4rn7pWYrO657zE0s2/view)

12. Panduan dan Pengembangan Kurikulum Operasional     
      (https://drive.google.com/drive/folders/1AZ8svwBzKddaupuU0oxrK76MPYltVizF)

13. Modul Ajar (https://drive.google.com/drive/folders/16t7YZ76uC_ziIbHF6Q0wncDeJzastuaF)         
      Modul ajar ini mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMP, SMA/SMK, hingga pendidikan khusus. 

      (https://drive.google.com/drive/folders/1Y0cTLlGDm67xDlffNP2K0I3cCffnpj2g)
      Dalam tautan tersebut telah terdapat beberapa contoh tema modul projek penguatan profil pelajar  
      pancasila pada berbagai jenjang pendidikan. Tema yang tersedia di tautan tersebut terdiri dari:
      - suara demokrasi
      - kewirausahaan
      - kearifan lokal 
      - gaya hidup berkelanjutan 
      - bhinneka tunggal ika 
      - berekayasa dan berteknologi 
      - bangunlah jiwa dan raganya 

      (https://drive.google.com/drive/folders/1XtKD-aTD6IcnbqFrWl1x7a5ZDA0QHIAe)
      Dalam tautan ini terdapat alur tujuan pembelajaran untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah 
      serta pendidikan khusus (untuk berbagai mata pelajaran) 

16. Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka (https://linktr.ee/youtubeikm) 
      Dalam tautan webinai implementasi kurikulum merdeka itu adalah tautan menuju ke kumpulan 
      youtube 

      (https://drive.google.com/drive/folders/1Cez3vOU_SVBTtpPI6JbKNVVGS1PYlVqu)
      Dalam tautan itu berisi mengenai kumpulan berbagai buku paket mata pelajaran mulai dari jenjang 
      PAUD hingga SMA atau SMK yang diterbitkan oleh Kemdikbud.
      (https://drive.google.com/file/d/1ngYVjcNBtYhzTWN64U-tltv0KzpPlyy1/view)
      Dalam tautan ini berisi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 4 tahun 2022 yaitu sebagai perubahan  
      PP nomor 57 tahun 2021. Dalam PP nomor 4 tahun 2022 ini berisi mengenai Standar Nasional  
      Pendidikan.

      (https://drive.google.com/file/d/1HRTxWBAY0bwDqbZ2t85dsvzWds0ibN6i/view)
      Kumpulan perutaran menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik Indonesia
      nomor 5 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada jenjang PAUD, Pendidikan 
      Dasar, dan Pendidikan Menengah.   

      (https://drive.google.com/file/d/1XS_T9l9HW0krEuaZYZQ1YptGLPTLjQl3/view)
      Dalam tautan ini berisi peraturan menteri pendidikan kebudayaan, riset, dan teknologi republik 
      Indonesia nomor 7 tahun 2022 mengenai standar isi mulai jenjang PAUD, jenjang pendidikan      
      dasar, hingga jenjang pendidikan menengah 

      (https://drive.google.com/file/d/16cCWz0yBM_RncZjnCz91ZJdrsprPTqZL/view)
      Dalam tautan ini berisi peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik 
      Indonesia nomor 21 tahun 2022 tentang standar penilaian pendidikan mulai jenjang PAUD, 
      pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah. 

      (https://drive.google.com/file/d/1Bfel9aon7nBAzc6QH2vblrD0kDT5YOqf/view)
      Dalam tautan ini berisi peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik 
      Indonesia nomor 16 tahun 2022 tentang standar proses mulai jenjang PAUD, pendidikan dasar, 
      hingga pendidikan menengah. 

Tautan kedua silahkan klik disini atau dapat menyalin https://s.id/kurikulum-merdeka. 

Berikut isi dari tautan kedua tersebut berisi berbagai panduan mengenai:

1. Platform Merdeka Mengajar (https://linktr.ee/pmerdekamengajar)

2. Perangkat Kurikulum (CP, ATP, MA, KOSP, KKTP) (https://linktr.ee/pembelajaranparadigmabaru) 

3. Buku Paket Kurikulum Merdeka 
    (https://drive.google.com/drive/folders/13HaeDrnQD_2BiHgO5nUhDOKVMdDJOk9t)
    Berisi berbagai kumpulan buku materi mata pelajaran mulai jenjang pendidikan PAUD, pendidikan 
    dasar, dan pendidikan menengah.
 
4. Unduhan file Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara offline 
    (https://drive.google.com/drive/folders/1stzgUmUNV_k0gpMvLnid1FzllpQ1BCR2)
    Berisi berbagai kumpulan file mengenai pelatihan mandiri kurikulum merdeka, berbagai kebijakan 
    implementasi kurikulum merdeka, berbagai panduan terkait implementasi kurikulum merdeka, CP 
    dari mulai jenjang pendidikan PAUD, dasar, hingga menengah. 

5. Materi pilihan (rangkuman) (https://s.id/kurikulum-2022)
    Berisi mengenai informasi apa itu kurikulum merdeka, pedoman kurikulum merdeka, capaian 
    pembelajaran, profil pelajar pancasila, rapor dan projek profil pelajar pancasila, modul profil pelajar 
    pancasila, kurikulum operasional (KOSP), alur tujuan pembelajaran, modul ajar atau RPP, buku 
    siswa atau buku kurikulum, panduan asessmen atau penilaian, kurikulum merdeka jenjang PAUD. 
    Dalam tautan ini juga disediakan tombol WA untuk dapat diteruskan langsung menuju ke kolom chat 
    penerima.

    (https://www.youtube.com/playlist?list=PLNXGdxCAPzCRZ0Gr7mjlUdf4VsL3UwSMb) 
    Berisi kumpulan webinar mengenai implementasi kurikulum merdeka di youtube.

7. Materi webinar      
    (https://drive.google.com/drive/folders/1rTNWCJKxMvts05w39KD_V205Zcygz7SD)
    Berisi kumpulan materi seri webinar terkait kurikulum merdeka dalam bentuk file power point dan 
    file PDF.

8. Pelatihan mandiri kurikulum merdeka (https://guru.kemdikbud.go.id/)
    Berisi isi dari platform merdeka mengajar dengan memasukkan e-mail dari akun belajar id.

    (https://paseksmanda.blogspot.com/2021/11/rapor-sekolah-penggerak.html)   
    Berisi penjelasan mengenai rapor sekolah penggerak dan download aplikasi rapor sekolah penggerak 
    dari dapodik. Selain itu, berisi dengan kumpulan video penggunaan aplikasi sekolah penggerak bagi 
    administrator, guru mapel, wali kelas, dan peserta didik.    

      (https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1Ja7RV0s_UWFrTkf1D9W3Ny4j-P1WvdUG)
      Tautan aplikasi rapor dapat dibuka di microsoft excel. Aplikasi rapor terbagi menjadi rapor proyek 
      penguatan profil pancasila dan rapor intrakurikuler. Di bagian dalam berisi juga panduan untuk 
      menggunakan kedua aplikasi rapor tersebut.

      (https://www.youtube.com/watch?v=6bCQQTQ4TQc&t=3s) 

Perkembangan pendaftaran kurikul merdeka dapat diakses melalui laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id.

Bagi satuan pendidikan yang memilih menggunalan ada tiga pilihan kategori yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.

      (https://drive.google.com/file/d/1GjWGZCy_g1yu-YtMp0BXJbvLpI0NQ0Q6/view)

      https://drive.google.com/file/d/1U-Vs2rCLR9SI8dqjrXmMjbCuczrqx1GA/view

Lihat hasil pengisian refleksi implmentasi kurikulum merdeka dapat dilihat di tautan kedua ini.

Tersedia juga berbagai modul ajar mulai jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Petunjuk dan buku saku mengenai komunitas belajar dalam implementasi kurikulum merdeka dapat ditemukan di tautan kedua ini.   

Rabu, 08 Juni 2022

The Grid Question of Science Final Asessment Semester 2022

Assalamualaikum warohamtuloohi wabarokatuh

How are the students in class VIII-G and VIII-H? Hopefully you will always be in a healthy condition and stay enthusiastic in carrying out Science Final Asessment International Class. There are 25 multiple choice questions questions for this assesment. The materials about the light, sound, and human excretory system. Here are there materials for sience final assesment : 

  1. Students can mention the example of refelection and refraction.  
  2. Presented the picture of diagram shows a parallel beam of light is incident on a plane mirror, students can determine how the beam is reflected by plane miror.
  3. Presented the picture of diagram shows the formation of a real image, students can determine the formation of a real image of an object O placed in front of a converging lens.
  4. Student can mention the cause of the change in direction when light travels from air into glass.
  5. Presented a data about the object in front of a concave lens with focus 6 cm and the object distance is 6 cm, students can calculate the image distance and determine the location of image
  6. Presented a data about the object in front of a concave lens is 12 cm, the high object is 18 cm, and the focal lenght of object is 30 cm, students can determine the characteristic of image
  7. Presented a data about the object in front of a convex lens is 36 cm, the high object is 72 cm, and the focal lenght of object is 60 cm, students can determine the characteristic of image.
  8. Presented the picture of wave, students determine the wavelengt and the amplitude of the wave.
  9. Presented the data about an echo-sounder on a ship produces a pulse of sound. The echo is received by the echo-sounder after 6 second. The speed of sound in sea-water is 4500m/ s, Students can calculate the depth of the sea-water below the ship.
  10. Presented a data of a wave has a waveleght of 20 m and a frequency of 8 Hz, students can calculate the speed ofthe wave.
  11. Students can determine the frequency produces a sound that can be heard by a human.
  12. Presented the statments about sound wave, students can determine the true statements about sound wave. 
  13. Presented the data a car moves at 40 m/s away from a whistle. The whistle is stationary. The whistle makes a sound with a frequency of 2000 Hz. The speed of sound in air is 340 m/s. Students can calculate the frequency observed by the driver of the car.
  14. Presented the data of simple pendulum vibrates 150 times in 30 seconds, students can calculate the period and the frequency of the pendulum.
  15. Presented the statement about some one who suffer myopi, students can calculate the focal leght of the eyeglasses if a somene advised by doctor to wear concave lens glasses with a lens power of 4.5 diopters. 
  16. Students can mention the condition for resonance to occur.
  17. Presented the data on the table about the function of the human urinary system, students can determinte the correct function of its part. 
  18. Presented the diagram shows part of the excretory system, students can mention the function of ureter, uretra, and bladder.
  19. Students can determine the functional unit of the kidneys which includes the glomerulus, Bowman’s capsule, tubules and the Loop of Henle.
  20. Presented the diagram of nephron, students can determine the right parts of the nephron based of the name.
  21. Presented the part of nephron, students can determine a mechanism will be affected if in certain disorder occurs in part of nepron.
  22. Presented a table of composition of urine, students can determine the two components listed above that are completely reabsorbed from the glomerular filtrate before it becomes urine.
  23. Students can mention the contain of sweat.
  24. Students can determine the correct sequence for the flow of urine from the body.
  25. Presented the statements of a diseases excretory system, students can mention the name of a diseases based of its characteristics. 

Hopefully the students of class VIII-G and VIII-H will be given fluency in answering science tryout which will be held on Thursday, June 9, 2022. Keep the enthusiasm for learning and always keep your health. Aamin

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun IPA SMP Kelas VIII 2022

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Makan manggis di kota cikini  
Makannya sambil dengerin musik akustik 
Pelajari kisi-kisi PAT ini 
Agar sukses meraih hasil terbaik   

Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA akan dilaksanakan Kamis, 9 Juni 2022. Untuk sukses mengerjakan soal-soal PAT dapat mempelajari kisi-kisi soal sebagai berikut. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk belajar. Selamat belajar dan tetap terus semangat ya. 
  1. Disajikan gambar gelombang, peserta didik dapat menentukan jumlah gelombang yang ditunjuk oleh gambar.  
  2. Disajikan gambar bandul yang bergetar sebanyak 10 kali, peserta didik dapat menentukan periode dan frekuensi bila bandul tersebut bergerak dalam waktu 10 detik.
  3. Disajikan pernyataan tentang gelombang tali yang bergetar sebanyak 20 kali dengan panjang tali 5 meter, peserta didik dapat menghitung panjang gelombang (cm) yang dihasilkan.
  4. Disajikan gambar gelombang, peserta didik dapat menentukan amplitudo dan satu panjang gelombang.
  5. Disajikan data gelombang 1 bergetar sebanyak 15 kali selama 30 menit dan gelombang 2 bergetar 30 kali selama 60 menit, peserta didik dapat menghitung perbandingan frekuensi dan periode kedua gelombang tersebut. 
  6. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal. 
  7. Disajikan gambar bandul yang sedang bergerak, peserta didik dapat menghitung waktu yang dibutuhkan bandul itu (detik) bila memiliki frekuensi bandul 50 Hz. 
  8. Disajikan data mengenai kapal yang sedang berlayar di lautan membentuk gelombang sebanyak 100 kali setiap 50 detik dan kecepatan gelombang laut sebesar 50 m/s, peserta didik dapat menghitung panjang gelombang yang dilakukan kapal tersebut. 
  9. Disajikan data percobaan gelombang dengan frekuensi 8 kHz dan panjang gelombang 800 cm, peserta didik dapat menghitung kecepatan gelombang itu merambat (m/s).  
  10. Disajikan gelombang pada slinki, peserta didik dapat menghitung periode dan frekuensi gelombang bila diketahui panjang gelombangnya 36 cm dan laju gelombangnya 120 m/s. 
  11. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan gaung dan gema. 
  12. Peserta didik dapat memberikan contoh benda yang terkait dengan konsep getaran dan gelombang.
  13. Disajikan gambar sistem organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari rambut hidung, bronkus, dan paru-paru.  
  14. Peserta didik dapat menjelaskan urutan inspirasi pernapasan dada dan ekspirasi pernapasan dada.  
  15. Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan frekuensi pernapasan manusia.  
  16. Disajikan pernyataan mengenai data hasil cek laboratorium seorang pasien, peserta didik dapat menentukan cara pencegahan penyakit gagal ginjal dan batu ginjal.  
  17. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari faring, laring, dan alveolus. 
  18. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari epiglotis, pleura, dan cilia. 
  19. Disajikan pernyataan mengenai fungsi organ ekskresi, peserta didik dapat menentukan fungsi organ ginjal dan paru-paru.
  20. Disajikan gambar sistem ekskresi pada ginjal, peserta didik dapat menentukan fungsi ureter, uretra, dan kantung kemih.  
  21. Disajikan gambar nefron, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian dari nefron. 
  22. Peserta didik dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit batu ginjal dan gagal ginjal.
  23. Peserta didik dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit asma dan bronkitis.
  24. Disajikan pernyataan data hasil diagnosa dokter pada pasien penderita paru-paru, peserta didik dapat menjelaskan penyebab utama dari rusaknya paru-paru.
  25. Peserta didik dapat menjelaskan penyakit yang terjadi pada organ kulit. 

Sabtu, 21 Mei 2022

The Grid of Asessment IV Science International Class (VIII-G and VIII-H) May 2022

Assalamualaikum warohamtuloohi wabarokatuh

How are the students in class VIII-G and VIII-H? Hopefully you will always be in a healthy condition and stay enthusiastic in carrying out science try out (asessment) IV International Class. There are 15 multiple choice questions questions for this assesment. The materials about the light, sound, and human excretory system. Here are there materials for try out science of class VIII-G and VIII-H : 

1. Presented the picture of diagram shows a parallel beam of light is incident on a plane mirror, students can determine how the beam is reflected by plane miror.

2. Presented the picture of diagram shows the formation of a real image, students can determine the formation of a real image of an object O placed in front of a converging lens.

3. Students can determine the image will be formed by a plane mirror. 

4. Presented a data about the object in front of a concave lens with focus 6 cm and the object distance is 6 cm, students can calculate the image distance and determine the location of image.

5. Presented a data about an object 24 cm high is in front of a concave mirror with a focal length of 60 cm. If the object is 60 cm from the mirror, students can determine the characteristic of the image formed.

6. Presented the picture of wave, students determine the wavelengt and the amplitude of the wave.

7. Presented the data about an echo-sounder on a ship produces a pulse of sound. The echo is received by the echo-sounder after 6 second. The speed of sound in sea-water is 4500m/ s, Students can calculate the depth of the sea-water below the ship.

8. Students can determine the frequency produces a sound that can be heard by a person.

9. Presented the data a car moves at 40 m/s away from a whistle. The whistle is stationary. The whistle makes a sound with a frequency of 2000 Hz. The speed of sound in air is 340 m/s. Students can calculate the frequency observed by the driver of the car.

10. Presented the data about a simple pendulum vibrates 100 times in 10 seconds, students can calculate the frequency of the pendulum vibration.

11. Presented the diagram shows part of the excretory system, students can determine the the correct structure based on this sign part.

12. Presented the data on the table about the function of the human urinary system, students can determinte the correct function of its part. 

13. Presented a table of composition of urine, students can determine the two components listed above that are completely reabsorbed from the glomerular filtrate before it becomes urine.

14. Students can determine the functional unit of the kidneys which includes the glomerulus, Bowman's capsule, tubules and the Loop of Henle.

15. Students can determine the diseases of human excretory system based on the statements.

Hopefully the students of class VIII-G and VIII-H will be given fluency in answering science tryout which will be held on Monday, May 23, 2022. Keep the enthusiasm for learning and always keep your health. Aamin

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Jumat, 29 April 2022

Dokumen Kurikulum Merdeka 2022

Anda seorang guru? Pernah mengetahui informasi seputar kurikulum merdeka? Nah, untuk mengetahui dokumen-dokumen terkait hal penting tersebut berikut tautan (link) yang wajib diketahui. Saran membuka tautan menggunakan laptop atau komputer agar lebih cepat mengunduhnya dan menyimpannya. Semoga bermanfaat. Salam merdeka!

  1. Buku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka – s.id/TJ-Kurikulum-Merdeka
  2. Kurikulum Merdeka – s.id/Kepmen-Kur-Mer
  3. Capaian Pembelajaran Revisi 2022 – s.id/CP-Rev-2022
  4. Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka SD – s.id/B-Teks-Kurikulum-Merdeka
  5. Dimensi Profil Pelajar Pancasila – s.id/D-Profil-Pelajar-Pancasila
  6. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila – s.id/Projek-Penguatan-PPP
  7. Referensi Modul Profil Pelajar Pancasila – s.id/Referensi-Modul-PPP
  8. Contoh Kurikulum Operasional Sekolah – s.id/Kurikulum-Operasional-Satuan-Pendidikan
  9. Alur Tujuan Pembelajaran – s.id/Alur-Tujuan-Pembelajaran
  10. Contoh Modul Ajar – s.id/Modul-Ajar
  11. Panduan Penilian / Asesmen – s.id/Panduan-Asesmen