Halaman

Home

Minggu, 25 September 2022

Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester IPA Kelas VIII 2022

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Bagaimana kabar anak-anak kelas VIII-C dan VIII-D? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya di tengah pandemi covid -19 ini. Berikut disampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA pada Kamis (29/9). Soal PTS terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Silahkan dibaca, dipelajari, dijawab di buku kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan beberapa pernyataan mengenai struktur dan alat gerak ikan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang berakibat pada gerak ikan. 

2. Disajikan beberapa gambar gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan nama jenis gerak tumbuhan yang benar berdasar gambar.
 
3. Disajikan beberapa contoh gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan contoh gerak tumbuhan yang bergerak karena rangsanagan dari dalam tubuh tumbuhan. 

4. Disajikan gambar tulang tengkorak manusia, peserta didik dapat menentukan nama-nama bagian tulang yang benar berdasar gambar.

5. Disajikan gambar tulang anggota gerak atas tubuh manusia, peserta didik dapat menentukan nama-nama tulang yang benar berdasar gambar

6. Disajikan pernyataan mengenai aktivitas gerak manusia berdasarkan sendi geraknya, peserta didik dapat menentukan nama tulang pada sendi gerak itu yang digunakan untuk mekanisme gerak aktivitas itu.

7. Disajikan gambar salah satu sendi gerak manusia, peserta didik dapat menentukan pergerakan tulang yang terjadi pada sendi gerak tersebut.

8. Disajikan beberapa pernyataan mengenai ciri-ciri otot manusia, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri yang benar pada otot rangka dan otot polos. 

9. Disajikan gambar salah satu kelainan pada sistem gerak manusia, peserta didik dapat menentukan jenis kelainan yang terjadi pada gambar itu.  

10. Disajikan pernyataan mengenai aktivitas yang menyebabkan penyakit pada sistem gerak manusia, peserta didik dapat menjelaskan alasan upaya kecepatan kesembuihan dari jenis tulang sesuai pernyataan tersebut.  

11. Disajikan beberapa pernyataan mengenai peristiwa aktivitas gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis gerak yang termasuk gerak lurus berubah beratuan dipercepat dan gerak lurus berubah beraturan diperlambat.

12. Disajikan gambar grafik kecepatan benda yang bergerak, peserta didik dapat menentukan grafik yang termasuk gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

13. Disajikan gambar pola pada ticker timer, peserta didik dapat menentukan jenis gerak lurus berdasar gambar.

14. Peserta didik dapat menghitung jarak yang ditempuh dari gerak benda bila diketahui kelajuan 30 m dan 30 detik.

15. Peserta didik dapat menghitung waktu yang ditempuh gerak benda bila diketahui jarak 6 km dan kelajuan 60 m/s.  

16. Disajikan pernyataan mengenai jumlah resultan gaya, peserta didik dapat menentukan gambar yang benar berdasar jumlah resultan gaya tersebut.

17. Disajikan gambar dan pernyataan mengenai balok dan gaya dengan percepatan 4 m/s dengan massa 3 kg. Lalu balok itu ditambah dengan balok bermassa 5 kg dan ditarik dengan gaya yang sama. Peserta didik dapat menghitung percepatan kedua balok tersebut. 

18. Disajikan beberapa gambar beberapa baloik yang ditarik dengan jumlah gaya yang berbeda. Balok itu bermassa sama. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar mengenai besaran pada gerak benda. 

19. Disajikan pernyataan tentang gerak benda yang menghasilkan nilai resultan gaya, peserta didik dapat menentukan jenis gerak benda yang tepat.

20. Disajikan beberapa pernyataan mengenai peristiwa gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan termasuk jenis gerak yang termasuk dalam hukum newton II dan hukum newton III.

21. Peserta didik dapat menentukan nama-nama bagian tulang yang menyusun rangka tubuh manusia.

22. Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri otot jantung, otot lurik, dan otot polos.

23. Peserta didik dapat menjelaskan lima macam gangguan atau kelainan sistem gerak manusia.

24. Peserta didik dapat menghitung gaya pada benda kedua dengan percepatan sebesar 10 m/s2, bila pada benda pertama diberi gaya 40 N dan pesercepatan sebesar 20 m/s2.

25. Disajikan gambar dengan benda bermassa 5 kg dan gaya gravitasi 10 m/s2, peserta didik dapat menentukan tegangan tali pada benda itu.   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar