Halaman

Home

Rabu, 08 Juni 2022

Kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun IPA SMP Kelas VIII 2022

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Makan manggis di kota cikini  
Makannya sambil dengerin musik akustik 
Pelajari kisi-kisi PAT ini 
Agar sukses meraih hasil terbaik   

Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA akan dilaksanakan Kamis, 9 Juni 2022. Untuk sukses mengerjakan soal-soal PAT dapat mempelajari kisi-kisi soal sebagai berikut. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk belajar. Selamat belajar dan tetap terus semangat ya. 
  1. Disajikan gambar gelombang, peserta didik dapat menentukan jumlah gelombang yang ditunjuk oleh gambar.  
  2. Disajikan gambar bandul yang bergetar sebanyak 10 kali, peserta didik dapat menentukan periode dan frekuensi bila bandul tersebut bergerak dalam waktu 10 detik.
  3. Disajikan pernyataan tentang gelombang tali yang bergetar sebanyak 20 kali dengan panjang tali 5 meter, peserta didik dapat menghitung panjang gelombang (cm) yang dihasilkan.
  4. Disajikan gambar gelombang, peserta didik dapat menentukan amplitudo dan satu panjang gelombang.
  5. Disajikan data gelombang 1 bergetar sebanyak 15 kali selama 30 menit dan gelombang 2 bergetar 30 kali selama 60 menit, peserta didik dapat menghitung perbandingan frekuensi dan periode kedua gelombang tersebut. 
  6. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal. 
  7. Disajikan gambar bandul yang sedang bergerak, peserta didik dapat menghitung waktu yang dibutuhkan bandul itu (detik) bila memiliki frekuensi bandul 50 Hz. 
  8. Disajikan data mengenai kapal yang sedang berlayar di lautan membentuk gelombang sebanyak 100 kali setiap 50 detik dan kecepatan gelombang laut sebesar 50 m/s, peserta didik dapat menghitung panjang gelombang yang dilakukan kapal tersebut. 
  9. Disajikan data percobaan gelombang dengan frekuensi 8 kHz dan panjang gelombang 800 cm, peserta didik dapat menghitung kecepatan gelombang itu merambat (m/s).  
  10. Disajikan gelombang pada slinki, peserta didik dapat menghitung periode dan frekuensi gelombang bila diketahui panjang gelombangnya 36 cm dan laju gelombangnya 120 m/s. 
  11. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan gaung dan gema. 
  12. Peserta didik dapat memberikan contoh benda yang terkait dengan konsep getaran dan gelombang.
  13. Disajikan gambar sistem organ pernapasan manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari rambut hidung, bronkus, dan paru-paru.  
  14. Peserta didik dapat menjelaskan urutan inspirasi pernapasan dada dan ekspirasi pernapasan dada.  
  15. Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan frekuensi pernapasan manusia.  
  16. Disajikan pernyataan mengenai data hasil cek laboratorium seorang pasien, peserta didik dapat menentukan cara pencegahan penyakit gagal ginjal dan batu ginjal.  
  17. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari faring, laring, dan alveolus. 
  18. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari epiglotis, pleura, dan cilia. 
  19. Disajikan pernyataan mengenai fungsi organ ekskresi, peserta didik dapat menentukan fungsi organ ginjal dan paru-paru.
  20. Disajikan gambar sistem ekskresi pada ginjal, peserta didik dapat menentukan fungsi ureter, uretra, dan kantung kemih.  
  21. Disajikan gambar nefron, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian dari nefron. 
  22. Peserta didik dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit batu ginjal dan gagal ginjal.
  23. Peserta didik dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit asma dan bronkitis.
  24. Disajikan pernyataan data hasil diagnosa dokter pada pasien penderita paru-paru, peserta didik dapat menjelaskan penyebab utama dari rusaknya paru-paru.
  25. Peserta didik dapat menjelaskan penyakit yang terjadi pada organ kulit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar