Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VIII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan indikator soal untuk belajar Sumatif Akhir Semester (SAS) IPA untuk kelas reguler. Ada 30 soal pilihan ganda. Tips sukses untuk SAS yaitu dipelajari dan dikerjakan tiap indikator soal. Semoga bermanfaat ya.
- Peserta didik dapat menyebutkan bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup.
- Peserta didik dapat menghitung perbesaran total mikroskop dan memilih pernyataan yang tepat tentang perbesaran mikroskop cahaya dan elektron.
- Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan fungsi bagian-bagian mikroskop yang ditunjuk pada gambar.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi organel yang terdapat pada sel hewan.
- Peserta didik dapat menjelaskan jaringan pada tubuh terbentuk oleh sel-sel yang memiliki struktur dan fungsi tertentu.
- Peserta didik dapat menjelaskan fungsi utama sel akar rambut pada tumbuhan dalam meningkatkan penyerapan air dan mineral.
- Peserta didik dapat menghitung percepatan benda yang diberikan gaya dengan menggunakan rumus F = m × a.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi gambar yang menunjukkan gaya-gaya yang bekerja pada benda dan memenuhi Hukum Newton I, yaitu gaya-gaya yang saling seimbang.
- Peserta didik dapat menghitung usaha yang dilakukan berdasarkan gaya dan jarak yang ditempuh menggunakan rumus usaha: W = F × s.
- Peserta didik dapat menghitung besar gaya yang bekerja pada mobil berdasarkan percepatan yang diberikan, menggunakan rumus F = m × a.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa sehari-hari yang sesuai dengan konsep Hukum Newton I (benda yang tetap diam atau bergerak lurus beraturan jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda itu).
- Peserta didik dapat menjelaskan perubahan energi yang terjadi saat bola dilempar vertikal ke atas.
- Peserta didik dapat menghitung energi potensial yang dimiliki oleh benda dengan massa tertentu pada ketinggian tertentu dan gaya gravitasi yang diketahui.
- Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan zat yang terkandung dalam makanan yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk hidup, tumbuh, dan berkembang.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi organ yang melakukan proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi secara bersamaan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menjelaskan proses yang terjadi pada organ pencernaan yang ditunjukkan dalam gambar.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi gangguan pencernaan yang dialami seseorang berdasarkan gejala yang ada dan penyebabnya.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi proses yang terjadi pada organ X dalam sistem pernapasan, yang berfungsi untuk mengalirkan udara menuju paru-paru.
- Peserta didik dapat menganalisis pengaruh yang ditunjukkan oleh gambar terhadap organ-organ atau fungsi sistem pernapasan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab keracunan gas dari asap knalpot kendaraan yang dapat menimbulkan korban jiwa.
- Peserta didik dapat menganalisis cara yang lebih efisien dalam penggunaan energi untuk mengangkat beban menggunakan tuas dan memberikan alasan yang tepat.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan contoh proses ekskresi dalam tubuh manusia.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hati sebagai organ ekskresi dalam tubuh manusia berdasarkan informasi yang diberikan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada sistem ekskresi berdasarkan hasil tes Benedict pada urin.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit yang disebabkan oleh gangguan penyaringan darah di ginjal berdasarkan adanya kandungan protein dalam urin.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi organel yang berfungsi menghasilkan energi dalam sel hewan.
- Peserta didik dapat menyebutkan urutan tingkat pengorganisasian kehidupan pada makhluk hidup multiseluler dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.
- Peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian nefron berdasarkan gambar yang diberikan.
- Peserta didik dapat menghitung energi kinetik benda dengan menggunakan rumus , dengan informasi massa dan kecepatan yang diberikan.
- Peserta didik dapat menghitung panjang bidang miring berdasarkan gaya dorong dan berat benda dengan menggunakan konsep bidang miring.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar