Halaman

Home

Selasa, 27 Februari 2024

Indikator Soal (Kisi-Kisi) Sumatif Tengah Semester (STS) IPA Kelas VII Semester Genap 2024

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan indikator soal untuk belajar Sumatif Tengah Semester (STS) IPA untuk kelas reguler. Ada 25 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Tips sukses untuk STS yaitu dipelajari dan dikerjakan tiap indikator soal. Semoga bermanfaat ya.

1. Disajikan pernyataan mengenai ciri-ciri makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri makhluk hidup berdasarkan pernyataan tersebut. 

2. Disajikan beberapa peristiwa ciri-ciri makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri makhluk hidup yang termasuk berkembang biak.

3. Peserta didik dapat menentukan tujuan respirasi makhluk hidup. 

4. Peserta didik dapat menentukan ciri makhluk hidup yang termasuk ciri ekskresi. 

5. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.

6. Disajikan urutan takson tumbuhan, peserta didik dapat mengurutkan takson secara hierarki dari takson yang paling banyak anggotanya hingga paling sedikit anggotanya.

7. Disajikan kunci determinasi, peserta didik dapat menentukan kunci determinasi dari hewan yang telah ditentukan.   

8. Disajikan beberapa nama tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi tumbuhan yang keping bijinya hanya satu. 

9. Disajikan gambar suatu hewan, peserta didik dapat menentukan filum berdasar gambar hewan itu. 

10. Disajikan data ciri-ciri makhluk hidup yaitu bersel banyak, tidak berklorofil, eukariotik, memperoleh makanan dengan menyerap dari lingkungan, peserta didik dapat mengidentifikasi kingdom makhluk hidup itu berdasar ciri-ciri tersebut.  

11. Peserta didik dapat menentukan benda ketika dikatakan bergerak. 

12. Disajikan peristiwa terjadinya gaya, peserta didik dapat menentukan gaya yang terjadi pada peristiwa itu.

13. Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang termasuk dalam penerapan hukum II newton. 

14. Disajikan ciri-ciri dari gerak benda, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak benda itu termasuk Gerak Lurus Beraturan (GLB). 

15. Disajikan beberapa peristiwa gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa gerak benda itu termasuk Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). 

16. Disajikan data dua orang yang sedang menarik benda di dua arah yang berbeda. Orang A menarik benda dengan gaya 125 newton ke kanan dan orang B menarik benda dengan gaya 225 newton ke kiri, peserta didik dapat menghitung besar dan arah gaya yang terjadi pada kedua orang itu. 

17. Disajikan data suatu benda bermassa 25 kg melaju dengan percepatan 15 m/s2, peserta didik dapat menghitung gaya yang bekerja pada benda itu.  

18. Disajikan data seorang sedang mengendarai mengendarai sepeda motor dengan kelajuan 42 m/s lalu pada kelajuan ini menginjak rem hingga sepeda motor berhenti pada 12 detik, peserta didik dapat menghitung nilai perlambatan sepeda motor yang dikendarai orang itu. 

19. Peserta didik dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda pada peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. 

20. Disajikan gambar pita ticker timer, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat mengenai gerak lurus benda berdasar gambar pita ticker timer. 

21. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri dari kingdom monera. 

22. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri dari amphibia. 

23. Disajikan empat gambar perpaduan beberapa gaya yang ditarik dengan arah berbeda dan nilainya berbeda, peserta didik dapat menghitung resultan gaya yang paling besar.  

24. Disajikan data seorang astronot ketika ditimbang di bumi beratnya adalah 500 N, peserta didik dapat menghitung berat astronot itu bila ditimbang di bulan yang memiliki percepatan gravitasi 1/5 kali gravitasi bumi.

25. Peserta didik dapat menentukan contoh gaya gesek yang menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari. 

26.  Disajikan gambar dalam peristiwa kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyebutkan contoh ciri makhluk hidup sesuai gambar tersebut. 

27. Disajikan empat nama ilmiah beberapa makhluk hidup, peserta didik dapat mengidentifikasi makhluk hidup yang memiliki kekerabatan paling dekat. 

28. Disajikan grafik perubahan kecepatan terhadap waktu, peserta didik dapat menghitung jarak yang ditempuh benda berdasar grafik itu.

29. Disajikan data suatu benda yang didorong dua orang dengan gaya masing-masing 65 newton dan 45 newton, peserta didik dapat menghitung resultan gaya dua anak tersebut bila kedua gaya orang tersebut searah dan kedua gaya orang tersebut berlawanan arah.

30. Disajikan data gaya gravitasi di permukaan bulan 1/5 kali gaya gravitasi bumi, peserta didik dapat menghitung berat astronot di bumi dan di bulan bila massa astronout 50 kg dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s 2. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar