Halaman

Home

Selasa, 27 Februari 2024

Indikator Soal (Kisi-Kisi) Sumatif Tengah Semester (STS) IPA Kelas VIII Semester Genap 2024

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VIII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan indikator soal untuk belajar Sumatif Tengah Semester (STS) IPA untuk kelas reguler. Ada 25 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Tips sukses untuk STS yaitu dipelajari dan dikerjakan tiap indikator soal. Semoga bermanfaat ya.

1. Peserta didik dapat menentukan contoh yang termasuk gerak periodik. 

2. Peserta didik dapat menyebutkan ciri gelombang elektromagnetik, gelombang mekanik, gelombang bunyi, dan gelombang transversal. 

3. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian amplitudo, periode, dan frekuensi.

4. Disajikan data suatu ayunan sederhana bergerak sebanyak 100 kali dalam waktu 20 detik, peserta didik dapat menghitung frekuensi dan periode ayunan itu. 

5. Disjaikan data suatu sayap kumbang bergetar dengan frekuensi 1000 Hz, peserta didik dapat menghitung banyaknya getaran bila kumbang terbang selama 5 menit.

6. Disajikan data suatu pegas diberi benda dengan beban yang bergetar 125 kali dalam waktu 25 detik, peserta didik dapat menghitung frekuensi dan periode dari pegas itu. 

7. Disajikan data seutas tali merambat gelombang dengan frekuensi 40 Hz, peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang bila jaraknya yang ditempuh dalam satu periode adalah 80 cm. 

8. Disajikan data suatu gelombang memiliki periode 1/500 sekon, peserta didik dapat mengitung panjang satu gelombang (meter) bila besar cepat rambat gelombang 3000 m/s. 

9. Disajikan data pada slinki dengan panjang 262 cm terdapat 7 rapatan dan 6 renggangan, peserta didik dapat menghitung panjang gelombang slinki itu (cm).

10. Disajikan suatu gelombang dengan panjang 1,50 meter dan cepat rambatnya 225 m/s, peserta didik dapat menghitung frekuensi dan periode gelombang itu. 

11. Disajikan gambar dan data dari 3,5 gelombang yang terjadi dalam 9 detik dan panjang gelombangnya 18 cm, peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang. 

12. Disajikan data suatu bunyi merambat di udara dengan kecepatan 180 m/s dan menempuh jarak 2.080 meter, peserta didik dapat menghitung waktu yang diperlukan bunyi sampai ke pendengar.

13. Disajikan gambar cermin cekung dengan benda yang diletakkan di ruang 3, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri bayangan yang terbentuk dari benda itu. 

14. Peserta didik dapat menentukan alat optik yang mampu membentuk sifat bayangan sama dengan sifat bayangan yang dibentuk oleh mata manusia. 

15. Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri organ mata dikatakan sebagai alat optik. 

16. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian dari unsur dan campuran.

17. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian dari senyawa dan larutan.

18. Peserta didik dapat menyebutkan kelompok zat-zat yang termasuk kelompok unsur. 

19. Peserta didik dapat menyebutkan lambang dari unsur timbal, nikel, kalsium, dan timah.

20. Disajikan pernyataan batu bara dibakar akan dihasilkan karbon dioksida yang mengandung karbon dan oksigen dengan perbandingan tertentu. Selain itu, dihasilkan belerangdioksida derngan komposisi penyusun yang tertentu pula, peserta didik dapat menentukan kelompok senyawa berdasar pernyataan itu. 

21. Peserta didik dapat menyebutkan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk larutan, campuran homogen, dan campuran heterogen. 

22. Peserta didik dapat menyebutkan pernyataan yang benar mengenai gula yang diaduk di dalam air teh. 

23. Disajikan pernyataan mengenai seseorang yang sedang memisahkan santan encer dan santan kental. Beberapa waktu sehingga terbentuk endapan santan yang lebih kental kemudian memisahkan dengan wadah lain, peserta didik dapat menentukan metode pemisahan berdasar pernyataan tersebut. 

24. Peserta didik dapat menyebutkan contoh dalam kehidupan sehari hari yang termasuk metode pemisahan larutan secara destilasi dan dekantasi. 

25. Peserta didik dapat menyebutkan contoh dalam kehidupan sehari hari yang termasuk metode pemisahan larutan secara kristalisasi dan filtrasi. 

26.  Disajikan data tabel yang menunjukkan data jumlah getaran dan waktunya (detik), peserta didik dapat menghitung getaran yang memiliki frekuensi yang sama. 

27. Disajikan data jarak antara dua puncak gelombang yang berdekatan adalah 1,5 meter, frekuensi gelombang sebesar 30 Hz, peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang (m/s). 

28. Peserta didik dapat menyebutkan dua manfaat gelombang bunyi dalam bidang teknologi dan bidang kedokteran.

29. Disajikan data unsur natrium, aluminium, dan seng yang dapat menghantarkan listrik sedangkan unsur iodin dan belerang yang tak dapat menghantarkan listrik.  Unsur seng dan belerang dipanaskan bersama, terjadi reaksi berbahaya dan terbentuk zat baru yang disebut seng sulfida, peserta didik dapat menentukan dua unsur logam, dua unsur non logam, dan rumus kimia dari seng sulfida. 

30. Peserta didik dapat menuliskan lambang unsur dari nama-nama unsur Nitrogen, Kalsium, Natrium, Oksigen, Besi, dan Fosfor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar