Halaman

Home

Rabu, 06 Desember 2023

Kisi-Kisi Sumatif Akhir Semester IPA Kelas VII Reguler 2023

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Sumatif Akhir Semester (SAS) IPA untuk kelas reguler. Ada 25 soal pilihan ganda. Semoga bermanfaat ya.

1. Disajikan pernyataan mengenai ilmuwan BJ Habibie  dan hasil penemuannya, peserta didik dapat menentukan bidang ilmu sains yang dipelajari beliau 

2. Peserta didik dapat menentukan peraturan yang benar untuk menjaga keselamatan di laboratorium IPA.

3. Disajikan pertanyaan perbedaan laboratorium IPA dengan laboratorium lainnya, peserta didik dapat menyebutkan alat laboratorium yang berfungsi melihat benda-benda yang berukuran mikro dan alat yang berfungsi mengukur berat benda. 

4. Peserta didik dapat menyebutkan langkah pertama yang dilakukan dalam metode ilmiah. 

5. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk tujuan percobaan dan dapat diselidiki.

6. Peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara perubahan wujud zat dengan proses perubahan wujud zatnya.

7. Disajikan pernyataan mengenai sifat perubahan wujud zat yang bersifat reversible (dapat kembali ke bentuk semula) maupun bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk semula atau bentuk asal), peserta didik dapat menentukan jenis perubahan wujud zat beserta sifatnya dalam fenomena aktivitas kehidupan sehari – hari. 

8. Disajikan pernyataan mengenai zat cair yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, peserta didik dapat menjelaskan penyebab volume zat cair itu tetap tetapi bentuknya berubah sesuai tempatnya. 

9. Disajikan grafik perubahan wujud zat dan data massa es 1000 gram dan suhunya -20 derajat celcius dipanaskan sampai menguap. Bila kalor jenis es = 2.100 J/kg derajat Celcius, kalor jenis air 4.200 J/kg derajat Celcius, kalor lebur es = 336.000 J/kg derajat Celcius, peserta didik dapat mengitung total kalor es tersebut dari padat menjadi cair. 

10. Disajikan data sebuah termometer yang memiliki titik tetap atas 373 dan titik tetap bawah 273, peserta didik dapat menentukan jenis termometer tersebut. 

11. Disajikan pernyataan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan pemuaian pada zat padat. 

12. Disajikan grafik mengenai percobaan memanaskan air dengan menggunakan lilin sebagai sumber panas, peserta didik dapat menentukan pengaruh jumlah lilin terhadap suhu air yang dipanaskan. 

13. Disajikan sifat-sifat yang dimiliki oleh oksigen, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat fisika oksigen. 

14. Peserta didik dapat memberikan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk sifat kimia zat.

15. Disajikan beberapa peristiwa perubahan zat, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang termasuk perubahan kimia.

16. Disajikan gambar pengolahan garam secara tradisional, peserta didik dapat mengidentifikasi  perubahan wujud yang terjadi dalam pembentukan garam beserta sifat kalornya (menyerap atau mengeluarkan) yang terjadi pada gambar tersebut. 

17. Disajikan beberapa contoh perubahan materi yang terjadi pada peristiwa kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahgan materi yang menghasilkan zat baru.

18. Disajikan gambar benda yang dimasukkan ke dalam gelas ukur berisi air, peserta didik dapat massa jenis benda berdasar gambar itu. 

19. Disajikan, gambar alat laboratorium, peserta didik dapat menentukan fungsi alat laboratorium itu. 

20. Disajikan data benda yang mula-mula suhunya 100 ºC, kemudian didinginkan menjadi 25 ºC. Jika jumlah energi kalor yang dilepaskan 2100 Joule, peserta didik dapat menghitung kapasitas kalor benda tembaga itu. 

21. Disajikan data pengamatan peningkatan suhu zat cair sebanyak 200 gr. Suhu zat cair sebelum dipanaskan menunjukkan 25°C, setelah dipanaskan selama 10 menit skala termometer menunjukkan pada angka 45°C. kalor jenis zat cair itu 2100 J/kg◦C, peserta didik dapat menghitung kalor yang diperlukan selama pemanasan zat cair itu. 

22. Disajikan gambar dan data pemanasan air dengan menggunakan alat pemanas. Massa air yang akan dipanaskan 0,6 kg dengan suhu awal 20 derajat celcius dalam waktu 10 menit hingga mendidih mencapai suhu 100°C, bila memanaskan air sebanyak setengah kali massa air semula denganwaktu yang diperlukan untuk mencapai suhu hingga suhu air mendidih, peserta didik dapat menghitung kalor yang dibutuhkan air dari massa air yang semula. 

23. Disajikan bebrapa aktivitas manusia dalam kehidupan sehatri-hari, peserta didik dapat menentukan gambar yang termasuk perpindahan kalor.  

24. Disajikan gambar grafik perubahan wujud zat, peserta didik dapat menyebutkan proses perubahan wujud zat yang benar beserta nama proses perubahannya berdasar grafik itu. 

25. Disajikan pernyataan mengenai perpindahan kalor pada peristiwa kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan alasan terjadinya peristiwa perpindahan kalor itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar