Halaman

Home

Jumat, 11 Agustus 2023

PERTANYAAN NOMOR 21 - 30 DAN PEMBAHASAN KOMPETISI SAINS NASIONAL SELEKSI TINGKAT KABUPATEN/KOTA SURABAYA 2020 BIDANG IPA

Pertanyaan nomor 21

Suatu cara yang memungkinkan binatang yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Cara ini digunakan untuk menghindari predator atau dapat juga digunakan untuk memudahkan hewan mencari mangsa atau makanan. Cara adaptasi itu disebut ... .

A. Mimikri

B. Kamuflase

C. Estivasi

D. Autotomi

Jawaban: B

Pembahasan:

A. Mimikri adalah kemampuan untuk meniru penampilan atau perilaku organisme lain. Mimikri dapat digunakan untuk menghindari predator atau untuk mendapatkan keuntungan lainnya, seperti mendapatkan makanan atau menarik pasangan.

B. Kamuflase adalah cara adaptasi yang memungkinkan binatang yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Cara ini digunakan untuk menghindari predator atau dapat juga digunakan untuk memudahkan hewan mencari mangsa atau makanan. Kamuflase dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Mengubah warna tubuh agar mirip dengan lingkungan sekitarnya.
  • Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan benda-benda di sekitarnya.
  • Menghasilkan suara atau bau yang mirip dengan lingkungan sekitarnya.

Beberapa contoh hewan yang menggunakan kamuflase untuk bertahan hidup adalah:

  • Bunglon
  • Kadal pohon
  • Ikan pari
  • Ular
  • Kupu-kupu
  • Kumbang

Kamuflase adalah salah satu cara adaptasi yang sangat penting bagi hewan untuk bertahan hidup di alam liar.

C. Estivasi adalah keadaan tidak aktif yang dialami oleh beberapa hewan selama musim kemarau. Estivasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti Berhibernasi, Menyembunyikan diri di tempat yang sejuk dan lembap, Mengurangi aktivitas.

D. Autotomi adalah kemampuan untuk memutuskan bagian tubuh, seperti ekor atau kaki, sebagai upaya pertahanan diri. Autotomi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti: Memotong bagian tubuh dengan gigi atau cakar dan Melepaskan bagian tubuh dengan otot.

Pertanyaan nomor 22

Suatu bioma mempunyai musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang dan terang terns-menerus serta memiliki curah hujan yang rendah. Tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut atau tanaman perintis, rerumputan, tumbuhan biji semusim, dan tumbuhan kayu yang pendek. Pertumbuhan pohon dengan rendahnya suhu lingkungan akan terhambat, Oleh karena itu, daerah ini disebut daerah tanpa pohon. Bioma yang memiliki karakteristik seperti di atas dinamakan... . 
A. Tundra 
B. Taiga 
C. Sabana 
D. Hutan gugur 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Bioma yang memiliki karakteristik seperti di atas adalah tundra. Tundra adalah bioma yang terletak di daerah kutub utara dan selatan. Tundra memiliki musim dingin yang panjang dan gelap, dan musim panas yang pendek dan terang. Curah hujan di tundra sangat rendah, dan tanahnya sangat tipis. Tumbuhan yang hidup di tundra biasanya berupa lumut, rerumputan, dan tumbuhan biji semusim. Pohon tidak dapat tumbuh di tundra karena suhu yang terlalu dingin dan tanah yang terlalu tipis.

B. Taiga adalah bioma yang terletak di daerah beriklim sedang. Taiga memiliki musim dingin yang panjang dan dingin, dan musim panas yang pendek dan hangat. Curah hujan di taiga lebih tinggi daripada di tundra, dan tanahnya lebih subur. Tumbuhan yang hidup di taiga biasanya berupa pohon konifer, seperti pinus, cemara, dan fir.

C. Sabana adalah bioma yang terletak di daerah tropis. Sabana memiliki musim kemarau yang panjang dan musim hujan yang pendek. Curah hujan di sabana sangat rendah, dan tanahnya sangat kering. Tumbuhan yang hidup di sabana biasanya berupa rumput, semak, dan pohon yang pendek.

D. Hutan gugur adalah bioma yang terletak di daerah beriklim sedang. Hutan gugur memiliki musim dingin yang dingin dan musim panas yang hangat. Curah hujan di hutan gugur lebih tinggi daripada di taiga, dan tanahnya lebih subur. Tumbuhan yang hidup di hutan gugur biasanya berupa pohon berdaun lebar, seperti oak, dan maple.

Pertanyaan nomor 23

Kesimpulan dari sebuah percoban "larva bukan berasal dari daging yang membusuk melainkan dari lalat yang hinggap di daging". Ini merupakan kesimpulan dari percobaan yang dilakukan oleh ...

A. alexander oparin

B. Fransisco redi

C. Lazaro spallanzani

D. Stanley miller

Jawaban: B

Pembahasan:

Kesimpulan bahwa larva tidak berasal dari daging yang membusuk melainkan dari lalat yang hinggap di daging merupakan hasil dari percobaan yang dilakukan oleh Fransisco Redi. Ia melakukan percobaan dengan menempatkan daging dalam wadah yang tertutup sehingga lalat tidak bisa mengaksesnya, dan hasil percobaan ini mendukung teori bahwa lalat adalah sumber larva, bukan daging yang membusuk.

A. Alexander Oparin: ilmuwan yang mengembangkan teori asal usul kehidupan (abiogenesis) dalam konteks kimia awal di Bumi. Ia berfokus pada bagaimana molekul-molekul sederhana dapat berinteraksi dan membentuk senyawa organik yang menjadi dasar untuk kehidupan. Percobaan yang Anda sebutkan lebih berkaitan dengan konsep pembentukan larva, yang lebih bersifat biologis daripada kimia evolusi yang menjadi fokus Oparin.

C. Lazaro Spallanzani: ilmuwan yang melakukan serangkaian eksperimen dalam upaya membantah teori generasi spontan (abiogenesis) pada organisme mikroskopik. Dia mengisolasi larva pada organisme seperti kutu air dan membuktikan bahwa organisme mikroskopik tidak muncul secara spontan, tetapi berasal dari telur atau organisme lain yang tak terlihat. Meskipun percobaannya berhubungan dengan generasi spontan, tetapi tidak secara langsung terkait dengan kesimpulan yang Anda berikan.

D. Stanley Miller: terkenal karena eksperimen Miller-Urey pada tahun 1953, yang mensimulasikan kondisi awal Bumi untuk menunjukkan bagaimana senyawa-senyawa organik sederhana dapat terbentuk dari kondisi non-hidup. Eksperimen ini lebih terkait dengan pembentukan senyawa-senyawa organik daripada asal mula larva.

Kesimpulan bahwa "larva bukan berasal dari daging yang membusuk melainkan dari lalat yang hinggap di daging" lebih berkaitan dengan percobaan Fransisco Redi yang lebih terkait dengan biologi, organisme hidup, dan asal mula serangga, bukan dengan teori abiogenesis atau kimia evolusi.

Pertanyaan nomor 24

Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila ... 

A. terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam 

B. tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem 

C. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem 

D. gangguan yang terjadi pada komponen ekosistem tidak menyebabkan perubahan peran dan fungsinya 

Jawaban: D

Pembahasan:

Keseimbangan ekosistem adalah suatu kondisi dimana semua komponen ekosistem dapat hidup saling berdampingan dan tidak saling merugikan. Keseimbangan ekosistem dapat terganggu oleh berbagai faktor, seperti perubahan iklim, polusi, dan penebangan hutan. Gangguan-gangguan tersebut dapat menyebabkan kematian pada beberapa komponen ekosistem, yang dapat menyebabkan perubahan peran dan fungsi ekosistem. Perubahan peran dan fungsi ekosistem dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem, yang dapat berdampak buruk bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh gangguan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem:

  • Perubahan iklim: Perubahan iklim dapat menyebabkan perubahan suhu, curah hujan, dan pola cuaca. Perubahan-perubahan tersebut dapat menyebabkan kematian pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan, yang dapat menyebabkan perubahan rantai makanan dan jaring makanan.
  • Polusi: Polusi dapat menyebabkan kematian pada tumbuhan dan hewan, serta dapat merusak habitat mereka. Polusi juga dapat menyebabkan perubahan komposisi kimia tanah dan air, yang dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan tumbuhan dan hewan.
  • Penebangan hutan: Penebangan hutan dapat menyebabkan berkurangnya luas habitat tumbuhan dan hewan. Penebangan hutan juga dapat menyebabkan perubahan iklim, karena hutan berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer.

Untuk menjaga keseimbangan ekosistem, kita perlu melakukan berbagai upaya, seperti:

  • Mengubah gaya hidup kita yang dapat menyebabkan perubahan iklim, seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggunakan energi terbarukan.
  • Mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan polusi.
  • Melakukan reboisasi untuk meningkatkan luas hutan.
  • Mengkampanyekan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

Dengan melakukan berbagai upaya tersebut, kita dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah dampak buruk yang dapat ditimbulkannya.

Pertanyaan nomor 25

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsangan berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut ...

A.gerak hidronasti

B.gerak hidrotropisme

C.gerak hidrostatis

D. gerak higroskopis

Jawaban: A

Pembahasan:

A. Gerak hidronasti: Gerak hidronasti adalah gerakan tumbuhan yang dipicu oleh perubahan kadar air di dalam sel-sel tumbuhan. Ketika ada perubahan kadar air, sel-sel di bagian tumbuhan dapat mengembang atau mengerut, menghasilkan perubahan dalam bentuk tumbuhan. Contoh dari gerak hidronasti termasuk gerakan daun kacang hijau yang membuka di pagi hari dan menutup di malam hari.

B. Gerak hidrotropisme: Hidrotropisme adalah gerakan tumbuhan yang merespon arah perubahan kadar air. Akar tumbuhan cenderung tumbuh menuju sumber air dengan merespons perbedaan kadar air di sekitarnya.

C. Gerak hidrostatis: Ini bukan istilah yang umum digunakan dalam konteks gerak tumbuhan. Hidrostasis biasanya mengacu pada keseimbangan tekanan hidrostatik dalam tubuh cairan.

D. Gerak higroskopis: Gerak higroskopis mengacu pada gerakan tumbuhan yang dipicu oleh perubahan kelembaban. Banyak material dalam tumbuhan, seperti serabut atau material kayu, memiliki sifat higroskopis di mana mereka menyerap atau melepaskan air tergantung pada lingkungan sekitar.

Pertanyaan nomor 26

Besaran fisis berikut memiliki dimensi yang sama dengan besaran pokok, kecuali ....

A. gaya tarik bumi

B. perpindahan

C. tinggi badan

D. umur bintang

Jawaban: D

Pembahasan:

Besaran fisis berikut memiliki dimensi yang sama dengan besaran pokok, kecuali umur bintang.

  • Gaya tarik bumi memiliki dimensi massa (M) x panjang (L) x percepatan (T−2).
  • Perpindahan memiliki dimensi panjang (L).
  • Tinggi badan memiliki dimensi panjang (L).
  • Umur bintang memiliki dimensi waktu (T).

Dimensi besaran pokok adalah sebagai berikut:

  • Massa (M)
  • Panjang (L)
  • Waktu (T)
  • Kuat arus listrik (I)
  • Suhu (Θ)
  • Jumlah zat (N)
  • Intensitas cahaya (J)

Umur bintang tidak memiliki dimensi massa, panjang, atau waktu. Oleh karena itu, umur bintang tidak memiliki dimensi yang sama dengan besaran pokok.

Berikut adalah penjelasan masing-masing opsi:

  • Gaya tarik bumi adalah gaya yang menarik benda-benda ke arah pusat bumi. Gaya tarik bumi memiliki dimensi massa (M) x panjang (L) x percepatan (T−2). Dimensi massa berasal dari massa benda yang saling tarik menarik, dimensi panjang berasal dari jarak antara kedua benda, dan dimensi percepatan berasal dari kecepatan perubahan kecepatan benda.
  • Perpindahan adalah perubahan posisi benda terhadap titik acuan tertentu. Perpindahan memiliki dimensi panjang (L). Dimensi panjang berasal dari jarak yang ditempuh oleh benda.
  • Tinggi badan adalah jarak antara kepala dan kaki seseorang. Tinggi badan memiliki dimensi panjang (L). Dimensi panjang berasal dari jarak antara kepala dan kaki seseorang.
  • Umur bintang adalah waktu yang telah dilalui oleh bintang sejak terbentuk. Umur bintang tidak memiliki dimensi massa, panjang, atau waktu. Oleh karena itu, umur bintang tidak memiliki dimensi yang sama dengan besaran pokok.

Pertanyaan nomor 27

Suhu di bawah ini yang paling tinggi adalah ....

A. 30 Celcius

B. 40 Reamur

C. 90 Fahrenheit

D. 300 Kelvin 

Jawaban: D

Pembahasan:

  • Suhu Celcius (°C) adalah skala suhu yang didasarkan pada titik beku air pada 0°C dan titik didih air pada 100°C.
  • Suhu Reamur (°R) adalah skala suhu yang didasarkan pada titik beku air pada 0°R dan titik didih air pada 80°R.
  • Suhu Fahrenheit (°F) adalah skala suhu yang didasarkan pada titik beku air pada 32°F dan titik didih air pada 212°F.
  • Suhu Kelvin (K) adalah skala suhu yang didasarkan pada titik nol absolut, yaitu titik di mana semua gerakan molekul berhenti. Titik nol absolut adalah -273,15°C, -459,67°F, dan 0 K.

Celcius ke Fahrenheit

°F = (°C x 9/5) + 32

Celcius ke Reamur

°R = (°C x 4/5)

Celcius ke Kelvin

K = °C + 273.15

Misalnya, untuk mengubah suhu 30°C ke Fahrenheit, kita dapat menggunakan rumus berikut:

°F = (30°C x 9/5) + 32 = 86°F

Untuk mengubah suhu 30°C ke Reamur, kita dapat menggunakan rumus berikut:

°R = (30°C x 4/5) = 39.2°R

Untuk mengubah suhu 30°C ke Kelvin, kita dapat menggunakan rumus berikut:

K = 30°C + 273.15 = 303.15K

Pertanyaan nomor 28

Dua batang homogen diberi beda temperatur tetap yang sama antara kedua ujung masing-masing. Bahan dan luas penampang kedua batang sama. Pada keadaan stasioner, laju aliran kalor pada batang yang lebih panjang ... laju aliran kalor pada batang yang lebih pendek.

 A. kurang dari

B. lebih dari

C. sama dengan

D. lebih merata dari

Jawaban: C

Pembahasan:

Laju aliran kalor pada batang homogen berbanding lurus dengan luas penampang batang dan sebanding dengan gradien suhu. Pada keadaan stasioner, gradien suhu pada kedua batang sama, sehingga laju aliran kalor pada kedua batang juga sama.

Berikut adalah rumus laju aliran kalor:

Q = k * A * ΔT / d
  • Q adalah laju aliran kalor (W)
  • k adalah konduktivitas termal (W/mK)
  • A adalah luas penampang (m2)
  • ΔT adalah gradien suhu (K)
  • d adalah panjang (m)

Karena kedua batang homogen, maka konduktivitas termalnya sama. Luas penampang kedua batang juga sama. Gradien suhu pada kedua batang juga sama. Oleh karena itu, laju aliran kalor pada kedua batang juga sama.

Pertanyaan nomor 29

Sebuah menara telekomunikasi terbuat seluruhnya dari besi dan tingginya 396 m. Pada suatu waktu suhu udara mengalami penurunan ekstrem dari 31 Celcius menjadi 23 Celcius. Jika koefisicn muai panjang besi 12 x 10-6 Celcius, perubahan tinggi menara telekomunikasi akibat perubahan suhu tersebut yang paling mendekati adalah ....

 A. 0,4 mm

B. 4 mm

C. 4 cm

D. 40 cm

Jawaban: B

Pembahasan:

Berikut adalah langkah-langkah perhitungannya:

  1. Hitung perubahan suhu:
ΔT = T2 - T1 = 23°C - 31°C = -8°C
  1. Hitung perubahan panjang menara:
ΔL = α * L * ΔT
  • ΔL adalah perubahan panjang (m)
  • α adalah koefisien muai panjang (°C-1)
  • L adalah panjang awal (m)
  • ΔT adalah perubahan suhu (°C)
ΔL = 12 x 10-6°C-1 * 396 m * -8°C
ΔL = 4 mm

Jadi, perubahan tinggi menara telekomunikasi akibat perubahan suhu tersebut adalah 4 mm.

Pertanyaan nomor 30

Sebuah bola logam bermassa 500 g dimasukkan ke dalam 1 kg air. Kalor jenis logam itu 420 J/kg K dan kalor jenis air 4200 J/kg K. Jika suhu awal bola logam adalah dua kali suhu awal air, suhu akhir sistem tersebut ... kali suhu awal air.

A. 21/20

B. 22/21

C. 23/22

D. 24/23

Jawaban: A

Pembahasan:

Berikut adalah langkah-langkah perhitungannya:

  1. Hitung kalor yang dilepas oleh bola logam:
Q_l = m_l * c_l * ΔT_l

dimana:

  • Q_l adalah kalor yang dilepas oleh bola logam (J)
  • m_l adalah massa bola logam (kg)
  • c_l adalah kalor jenis bola logam (J/kg K)
  • ΔT_l adalah perubahan suhu bola logam (K)
Q_l = 0,5 kg * 420 J/kg K * (T_a - T_l)
  1. Hitung kalor yang diterima oleh air:
Q_a = m_a * c_a * ΔT_a

dimana:

  • Q_a adalah kalor yang diterima oleh air (J)
  • m_a adalah massa air (kg)
  • c_a adalah kalor jenis air (J/kg K)
  • ΔT_a adalah perubahan suhu air (K)
Q_a = 1 kg * 4200 J/kg K * (T_l - T_a)
  1. Karena bola logam dan air berada dalam kesetimbangan termal, maka kalor yang dilepas oleh bola logam sama dengan kalor yang diterima oleh air.
Q_l = Q_a
0,5 kg * 420 J/kg K * (T_a - T_l) = 1 kg * 4200 J/kg K * (T_l - T_a)
210 T_a - 210 T_l = 4200 T_l - 4200 T_a
6300 T_a = 4200 T_l
T_a = 21/20 T_l

Jadi, suhu akhir sistem tersebut adalah 21/20 kali suhu awal air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar