Halaman

Home

Selasa, 27 September 2022

Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester IPA Kelas VII 2022

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Bagaimana kabar anak-anak kelas VII-A dan VII-B? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya di tengah pandemi covid -19 ini. Berikut disampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA pada Kamis (29/9). Soal PTS terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Silahkan dibaca, dipelajari, dijawab di buku kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1. Peserta didik dapat menyebutkan tujuan metode ilmiah. 

2. Disajikan pernyataan langkah-langkah metode ilmiah, peserta didik dapat menentukan urutan langkah-langkah metode ilmiah yang benar.
 
3. Peserta didik dapat menentukan nama lain dari jawaban atau dugaan sementara. 

4. Peserta didik dapat menentukan perlengkapan yang digunakan saat di laboratorium.

5. Disajikan pernyataan mengenai langkah-langkah metode ilmiah, peserta didik dapat menentukan langkah metode ilmiah berdasar pernyataan itu

6. Peserta didik dapat menentukan langkah yang tepat untuk menjaga keselamatan kerja dalam laboratorium IPA.

7. Disajikan simbol yang tertempel pada zat-zat kimia di labortaorium IPA, peserta didik dapat menentukan sifat jenis zat berdasar simbol itu.

8. Peserta didik dapat menentukan langkah tepat untuk menghindari zat kimia beracun yang ada di laboratorium IPA. 

9. Disajikan tabel yang berisi nama besaran dan satuan, peserta didik dapat menentukan jenis satuan dari besaran tersebut.  

10. Peserta didik dapat menentukan satuan yang digunakan untuk mengukur panjang, massa, dan ketebalan benda.  

11. Peserta didik dapat menentukan satuan yang digunakan untuk mengukur volume, luas, dan kecepatan. 

12. Peserta didik dapat menentukan alat untuk mengukur benda yang tak beraturan.

13. Peserta didik dapat menyebutkan kelompok besaran turunan dan besaran pokok. 

14. Disajikan gambar alat ukur, peserta didik dapat menentukan besaran pokok dan besaran turunan yang diukur berdasar gambar tersebut.

15. Disajikan gambar alat ukur, peserta didik dapat menentukan besaran turunan yang diukur berdasar gambar tersebut.  

16. Disajikan pernyataan langkah metode ilmiah, peserta didik dapat menentukan nama langkah metode ilmiah berdasar pernyataan itu. 

17. Disajikan pernyataan aktivitas menyelediki mengenai asam dan basa, peserta didik dapat menentukan alat laboratorium yang digunakan untuk penyelidikan tersebut. 

18. Disajikan pernyataan mengenai peristiwa interaksi antar makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan jenis interaksi yang terjadi berdasar pernyataan itu. 

19. Disajikan tabel mengenai besaran dan satuan Sistem Internasional (SI), peserta didik dapat menentukan jenis satuannya yang tepat.

20. Disajikan beberapa pernyataan mengenai peristiwa mengukur suatu benda, peserta didik dapat menghitung ukuran yang digunakan bila benda tersebut dibagi ke wadah yang lebih kecil.

21. Peserta didik dapat menyebutkan peralatan untuk menjaga keselamatan kerja di laboratorium IPA.

22. Peserta didik dapat menyebutkan alat laboratorium IPA bila menggunakan zat-zat kimia yang berupa gas.

23. Peserta didik dapat menjelaskan arti dari simbol bahan berbahaya yang ada di laboratorium IPA.

24. Peserta didik dapat menyebutkan pasangan antara nama besaran pokok dengan satuan berdasar Sistem Internasional (SI) dengan benar .

25. Peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari mempelajari ilmu Sains. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar