Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Penilaian
Akhir Semester (PAS) akan dilaksanakan Senin, 7 Juni 2020. Peserta didik dapat sukses mengerjakan soal-soal PAS mata
pelajaran IPA dengan mempelajari kisi-kisi soal PAS IPA sebagai berikut. Soal
PAS IPA ada 40 soal pilihan ganda. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan dalam
belajar menghadapi PAS IPA. Selamat belajar dan tetap terus semangat ya.
1. Disajikan
gambar posisi empat ekor ikan dalam bejana kaca, peserta didik dapat menentukan
tekanan hidrostatis terbesardan terkecil yang dialami ikan tersebut beserta
alasannya.
2. Disajikan
suatu kondisi bejana berhubungan memiliki 2 penampang dengan ukuran berbeda.
Pada bejana yang berukuran kecil diberikan gaya 25 N sedangkan pada yang besar
mendapat gaya 5 kali lebih besar daripada gaya pada bejana kecil. Jika
penampang besar berukuran 14 cm2, peserta didik dapat menghitung ukuran penampang
pada bejana yang kecil.
3. Disajikan
gambar prinsip kapal selam, peserta didik dapat menentukan cara prinsip kerja
kapal selam agar dapat tenggelam.
4.
Disajikan
data suatu gas dengan volume 25 m3 memiliki tekanan 40 atm. Peserta didik dapat
menentukan volume gas bila tekanannya menjadi 80 atm.
5. Disajikan
sebuah gelas yang diletakkan dalam beberapa posisi seimbang pada sebuah
permukaan lantai, peserta didik dapat menentukan posisi benda pada lantai yang
memiliki tekanan minimum dan maksimum.
6. Disajikan
gambar organ sistem pernapasan, peserta didik dapat menentukan proses yang
terjadi pada organ system pernapasan yang ditunjuk.
7. Peserta
didik dapat menentukan urutan inspirasi pernapasan perut yang benar.
8. Peserta
didik dapat menentukan jenis volume pernapasan, ketika seseorang meniup balon.
9. Disajikan
peristiwa mengenai bahaya karbon monoksida pada rokok maupun AC yang bocor bagi kesehatan, peserta didik dapat menjelaskan bahaya karbon monoksida bagi sistem pernapasan
manusia.
10. Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi hati dan kulit sebagai organ ekskresi.
11. Disajikan suatu
peristiwa bahaya penyakit sistem pernapasan manusia, peserta didik dapat menjelaskan
penyebab penyakit tersebut.
12. Disajikan gambar
nefron, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari bagian nefron.
13. Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi pelindung yang terdapat pada organ kulit.
14. Disajikan hasil percobaan
uji kandungan urin pada beberapa orang yang berisi warna awal urin dan ditetesi
oleh suatu reagen pada urin tersebut, peserta didik dapat menentukan penyakit
yang diderita berdasar hasil percobaan tersebut.
15. Peserta didik dapat
menjelaskan upaya untuk menjaga kesehatan organ ginjal.
16. Disajikan gambar
suatu gelombang longitudinal beserta data-data pendukung, peserta dapat menghitung
periode, frekuensi, panjang gelombang, dan jumlah gelombang yang terjadi bila
waktu yang dibutuhkan gelombang tersebut sebanyak 10 detik.
17. Disajikan gambar gelombang
longitudinal pada slinki, peserta didik dapat menghitung jumlah panjang gelombang
yang terjadi pada gambar tersebut.
18. Disajikan peristiwa ketika
Budi melihat Panji sedang menebang kayu pada jarak yang
jauh. Lalu bunyi beradunya kapak terdengar beberapa saat setelah kapak mengenai
pohon. Peserta didik dapat menjelaskan penyebab peristiwa tersebut.
19. Disajikan gambar
sebuah bandul, peserta didik dapat menentukan pola getaran pada bandul ketika bandul
tersebut melakukan 3¼.
20. Disajikan tabel yang
menunjukkan data beberapa benda yang melakukan jumlah getaran dalam waktu
tertentu, peserta didik dapat menentukan periode getaran paling lama dan periode
getaran paling cepat.
21. Disajikan data suatu
gelombang yang merambat selama 20 detik dengan jumlah gelombang sebanyak 8 dan jarak
antara dua puncak gelombang yang berdekatan yaitu 10 meter, peserta didik dapat
menghitung cepat rambat gelombang yang terjadi.
22. Peserta didik dapat
menentukan urutan yang benar pada proses perjalanan cahaya pada mata hingga
terbentuk bayangan benda.
23. Disajikan gambar
bagian-bagian organ mata, peserta didik dapat menentukan bagian organ mata yang
berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata secara refleks.
24. Disajikan gambar dan peristiwa
terhadap Yudi yang melihat bayangan benda jauh dari retina, peserta didik dapat
menjelaskan cara yang ditempuh Yudi agar bayangan benda tepat jatuh di retina.
25. Peserta didik dapat
menentukan penyebab yang benar tentang hubungan antara cahaya dan kemampuan
mata untuk melihat benda.
26. Disajikan gambar seseorang
yang menempelkan telinganya di rel kereta api, peserta didik dapat menjelaskan penyebab
suara yang merambat pada rel kereta api oleh orang tersebut.
27. Disajikan data volume
sebuah benda yaitu 40 m3 melayang di dalam minyak yang bermassa jenis 1000 kg/
m3 dan percepatan gravitasi bumi 10m/s2, peserta didik dapat menghitung besar
gaya Archimedes yang dialami benda tersebut.
28. Peserta didik dapat
menjelaskan penyebab sebuah benda yang terapung di air.
29. Disjaikan gambar dan
data suatu benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi suatu balok berturut-turut
yaitu 70 cm, 50 cm, dan 40 cm. Berat balok tersebut 5 newton, peserta didik
dapat menghitung tekanan yang terjadi pada balok tersebut.
30. Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi dan proses sistem pernapasan manusia.
31. Peserta didik dapat
menentukan urutan organ pernafasan manusia dari luar ke dalam yang benar.
32. Peserta didik dapat
menentukan jenis proses pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi di dalam
alveolus.
33. Peserta didik dapat
menjelaskan cara kerja katup pangkal tenggorok (epiglotis).
34. Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi hati sebagai organ ekskresi.
35. Peserta didik dapat
menjelaskan urutan pengeluaran urin yang benar.
36. Peserta didik dapat
menjelaskan perubahan amoniak di dalam organ hati.
37. Peserta didik dapat
menjelaskan upaya menjaga kesehatan organ ginjal.
38. Disajikan data
mengenai jarak sumber bunyi yaitu 900 meter dari pendengar dan bunyi sampai
pada pendengar setelah 4 detik sumber bunyi itu digetarkan, peserta didik dapat
menghitung cepat rambat bunyi di udara.
39. Disajikan gambar dan data suatu benda yang terletak di depan cermin cekung yaitu 15 cm dengan jarak fokus cermin 20 cm, peserta didik dapat menghitung jarak bayangan benda tersebut.
40. Disajikan gambar dan data suatu benda yang terletak di belakang cermin cembung yaitu 20 cm dengan jarak pusat kelengkungan cermin yaitu 80 cm, peserta didik dapat menghitung jarak bayangan dan letak bayangan benda tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar