Halaman

Home

Kamis, 05 Oktober 2023

Segitiga Restitusi



Sisi 1. Menstabilkan Identitas (Stabilize the Identity)

Bagian dasar dari segitiga bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang sukses. Anak yang melanggar peraturan karena sedang mencari perhatian adalah anak yang sedang mengalami kegagalan. Dia mencoba untuk memenuhi kebutuhan dasarnya namun ada benturan. Kalau kita mengkritik dia, maka kita akan tetap membuatnya dalam posisi gagal. Kalau kita ingin ia menjadi reflektif, maka kita harus meyakinkan si anak, dengan cara mengatakan kalimat-kalimat ini:

  • Berbuat salah itu tidak apa-apa.
  • Tidak ada manusia yang sempurna
  • Saya juga pernah melakukan kesalahan seperti itu.
  • Kita bisa menyelesaikan ini.
  • Bapak/Ibu tidak tertarik mencari siapa yang salah, tapi Bapak/Ibu ingin mencari solusi dari permasalahan ini.
  • Kamu berhak merasa begitu.
  • Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?

Kalau kita mengatakan kalimat-kalimat diatas, akan sangat sulit, bahkan hampir tidak mungkin, buat anak untuk tetap membangkang. Para guru yang bertugas mengawasi anak-anak saat mereka bermain di halaman sekolah, menyatakan bahwa bila mereka mengatakan kalimat tersebut yang mungkin hanya butuh 30 detik, bisa mengubah situasi yang sulit menjadi kooperatif.

Ketika seseorang merasa sedih dan emosional, mereka tidak bisa mengakses bagian otak yang berfungsi untuk berpikir rasional, seperti yang Bapak Ibu CGP telah pelajari di modul 1.2 tentang konsep otak 3-in-1 (Triune). Saat itulah ketika kita harus menstabilkan identitas anak. Sebelum terjadi hal-hal lain yang bisa memperburuk keadaan, kita sebaiknya membantu anak untuk tenang dan kembali ke suasana hati dimana proses belajar dan penyelesaian masalah bisa dilakukan.

Tentu akan sulit melakukan restitusi bila, anak yang berbuat salah terus berfokus pada kesalahannya. Ada 3 alasan untuk ini, pertama rasa bersalah menguras energi. Rasa bersalah membutuhkan energi yang sama dengan energi yang dibutuhkan untuk mencari penyelesaian masalah.  Kedua, ketika kita merasa bersalah, kita mengalami identitas kegagalan. Dalam kondisi ini, orang akan cenderung untuk menyalahkan orang lain atau mempertahankan diri, daripada mencari solusi. Ketiga, perasaan bersalah membuat kita terperangkap pada masa lalu dimana kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Kita hanya bisa mengontrol apa yang akan terjadi di masa kini dan masa datang

Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Kalau kita memahami kebutuhan dasar apa yang mendasari sebuah tindakan, kita akan bisa menemukan cara-cara paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Menurut Teori Kontrol semua tindakan manusia, baik atau buruk,  pasti memiliki maksud/tujuan tertentu. Seorang guru yang memahami teori kontrol pasti akan mengubah pandangannya dari teori stimulus response ke cara berpikir proaktif yang mengenali tujuan dari setiap tindakan. Kita mungkin tidak suka sikap seorang anak yang terus menerus merengek, tapi bila sikap itu mendapat perhatian kita, maka itu telah memenuhi kebutuhan anak tersebut. Kalimat-kalimat di bawah ini mungkin terdengar asing buat guru, namun bila dikatakan dengan nada tanpa menghakimi akan memvalidasi kebutuhan mereka.

  • “Padahal kamu bisa melakukan yang lebih buruk dari ini ya?”
  • “Kamu pasti punya alasan mengapa melakukan hal itu”
  • “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.
  • “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”

Biasanya guru menyuruh anak untuk menghentikan sikap yang tidak baik, tapi teori kontrol menyatakan bahwa resep itu tidak manjur. Mungkin tindakan guru dengan memvalidasi sikap yang tidak baik seperti bertentangan dengan aturan yang ada, namun sebetulnya tujuannya untuk menunjukkan bahwa guru memahami alasan di balik tindakan murid.

Restitusi tidak menyarankan guru bicara ke murid bahwa melanggar aturan adalah sikap yang baik, tapi dalam restitusi guru harus memahami alasannya, dan paham bahwa setiap orang pasti akan melakukan yang terbaik di waktu tertentu. Sebuah pelanggaran aturan seringkali memenuhi kebutuhan anak akan penguasaan/power walaupun seringkali bertabrakan dengan kebutuhan yang lain, yaitu kebutuhan akan kasih sayang dan rasa diterima/love and belonging. Kalau kita tolak anak yang sedang berbuat salah, dia akan tetap menjadi bagian dari masalah,  namun bila kita memahami alasannya melakukan sesuatu, maka dia akan merasa dipahami.

Para guru yang telah menerapkan strategi ini mengatakan bahwa anak-anak yang tadinya tidak terjangkau,  menjadi lebih terbuka pada mereka. Strategi ini menguntungkan bagi murid dan guru karena guru akan berada dalam posisi siswa, dan karena itu akan memiliki perspektif yang berbeda.

Teori kontrol menyatakan bahwa kita pada dasarnya termotivasi secara internal. Ketika identitas sukses telah tercapai (langkah 1) dan tingkah laku yang salah telah divalidasi (langkah 2), maka anak akan siap untuk dihubungkan dengan nilai-nilai yang dia percaya, dan berpindah menjadi orang yang dia inginkan. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini menghubungkan keyakinan anak dengan keyakinan kelas atau keluarga.

  • Apa yang kita percaya sebagai kelas atau keluarga?
  • Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?
  • Apa bayangan kita tentang kelas yang ideal?
  • Kamu mau jadi orang yang seperti apa?

Penting untuk menanyakan ke anak, kehidupan seperti apa nantinya yang mereka inginkan?

Apakah kamu ingin menjadi orang yang sukses, bertanggung jawab, atau bisa dipercaya?

Kebanyakkan anak akan mengatakan “Iya,” Tapi mereka tidak tahu bagaimana caranya menjadi orang seperti itu. Guru dapat membantu dengan bertanya, seperti apa jika mereka menjadi orang seperti itu. ketika anak sudah mendapat gambaran yang jelas tentang orang seperti apa yang mereka inginkan, guru dapat membantu anak-anak tetap fokus pada gambaran tersebut.

Rabu, 04 Oktober 2023

Kisi-Kisi IPA PTS Kelas VIII Reguler

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VIII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA untuk kelas reguler. Ada 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Semoga bermanfaat ya.

  1. Peserta didik dapat menentukan ilmuwan kali pertama yang melihat sel-sel dengan menggunakan mikroskop
  2. Disajikan gambar dua jenis mikroskop yang berbeda, peserta didik dapat menentukan dua jenis mikroskop tersebut. 
  3. Disajikan gambar sel beserta organelnya, peserta didik dapat menentukan pasangan nama organel sel beserta fungsinya dengan benar. 
  4. Disajikan gambar salah satu jaringan tumbuhan, peserta didik dapat menentukan jaringan palisade, xilem, dan floem. 
  5. Disajikan pernyataan mengenai organel sel penghasil energi, peserta didik dapat menentukan organel sel penghasil tenaga pada sel tumbuhan. 
  6. Disajikan tabel data macam-macam nutrisi dan fungsi nutrisi, peserta didik dapat menentukan pasangan antara macam nutrisi beserta fungsinya yang benar. 
  7. Disajikan gambar organ pencernaan manusia, peserta didik dapat menentukan nama organ pencernaan yang ditunjuk.  
  8. Disajikan pernyataan mengenai suatu makanan yang dikonsumsi, peserta didik dapat menentukan nama enzim beserta fungsinya untuk mencerna bahan makanan tersebut.
  9. Disajikan gambar organ pencernaan, peserta didik peserta didik dapat menentukan pasangan antara nama enzim beserta fungsinya berdasar organ pencernaan yang ditunjuk.  
  10. Disajikan data tabel bahan aditif makanan, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar antara nama, jenis, dan fungsi bahan aditif makanan tersebut. 
  11. Peserta didik dapat menentukan jumlah persentase komposisi darah manusia.  
  12. Disajikan ciri-ciri sel darah manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk ciri sel darah merah.
  13. Disajikan gambar sel peredaran darah manusia, peserta didik dapat menentukan urutan jenis peredaran darah kecil.   
  14. Disajikan bagian-bagian jantung, peserta didik dapat menyebutkan darah dari seluruh tubuh pertama kali ke bagian….dan dari bagian … lalu kembali meninggalkan jantung melewati lengkung aorta.
  15. Disajikan data hasil pemeriksaan darah dari laboratorium beserta data batas normal kondisi darah, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis penyakit berdasar dari hasil pemeriksaan darah itu. 
  16. Disajikan bagan proses udara saat bernafas, peserta didik dapat menentukan urutan jalannya proses bernafas melalui organ-organ pernafasan.
  17. Disajikan gambar organ pernapasan, peserta didik dapat menentukan fungsi dari organ pernapasan yang ditunjuk.  
  18. Peserta didik dapat menentukan mekanisme pernapasan ketika terjadi inspirasi.
  19. Disajikan gambar nefron, peserta didik dapat menentukan salah satu nama organ nefron beserta fungsinya.  
  20. Peserta didik dapat menentukan fungsi hati yang berkaitan dengan sistem ekskresi. 
  21. Peserta didik dapat menentukan perbedaan sel hewan dan tumbuhan berdasarkan bentuk sel, dinding sel, keberadaan kloroplas, dan keberadaan vakuola.
  22. Disajikan daftar komposisi suatu produk minuman, peserta didik dapat menyebutkan jumlah takaran saji, banyak jumlah sajian per kemasan, kandungan makronutrien, besar energi total yang diperoleh jika seluruh produk dengan berat bersih 200g habis dikonsumsi.
  23. Disajikan skema proses pembekuan darah, peserta didik dapat menyebutkan pembekuan darah melalui skema. 
  24. Peserta didik dapat menjelaskan 2 nama jenis penyakit sistem pernapasan, penyebabnya, beserta cara pencegahannya.
  25. Peserta didik dapat menyebutkan 4 nama bagian lapisan dermis kulit manusia. 

Selasa, 03 Oktober 2023

Kisi-Kisi IPA PTS 2023 Kelas VII Reguler

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA untuk kelas reguler. Ada 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Semoga bermanfaat ya.

  1. Peserta didik dapat menentukan jenis ilmu sains yang menyelediki pengaruh sampah terhadap hewan-hewan di laut. 
  2. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sains. 
  3. Peserta didik dapat menentukan berbagai macam kegiatan yang dilakukan di laboratorium IPA. 
  4. Disajikan beberapa gambar simbol bahan kimia berbahaya, peserta didik dapat menentukan simbol untuk bahan kimia yang beracun dan korosif. 
  5. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk hipotesis.
  6. Peserta didik dapat menentukan urutan langkah-langkah metode ilmiah yang benar. 
  7. Peserta didik dapat menentukan contoh dari besaran pokok. 
  8. Disajikan pernyataan mengenai besaran waktu, peserta didik dapat mengkonversi besaran waktu dari menit menjadi detik.
  9. Disajikan pernyataan mengenai metode ilmiah, peserta didik dapat menentukan contoh langkah metode ilmiah dalam tahap analisis data.  
  10. Disajikan pernyataan mengenai jenis data penelitian yang berupa kolom dan baris, peserta didik dapat menentukan jenis penyajian data penelitian tersebut. 
  11. Disajikan beberapa gambar molekul suatu zat,  peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam molekul zat berdasar gambar tersebut. 
  12. Disajikan ketiga gambar benda, peserta didik dapat mengidentifikasi ketiga gambar itu berdasar volumenya dan bentuknya.
  13. Disajikan pernyataan kondisi partikel suatu zat padat, peserta didik dapat menentukan jenis peristiwa perubahan zat berdasar pernyataan kondisi partikel itu.  
  14. Disajikan pernyataan kondisi partikel suatu zat cair, peserta didik dapat menentukan jenis peristiwa perubahan zat berdasar pernyataan kondisi partikel itu
  15. Disajikan peristiwa sifat fisika zat, peserta didik dapat menentukan sifat fisika zat berdasar pernyataan tersebut.
  16. Peserta didik dapat menentukan contoh proses yang menunjukkan sifat kimia zat dalam kehidupan sehari-hari. 
  17. Disajikan beberapa pernyataan perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang termasuk perubahan fisika.
  18. Disajikan beberapa pernyataan perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang termasuk perubahan kimia. 
  19. Disajikan gambar telur dalam posisi berada di wadah berisi air, peserta didik dapat menentukan penyebab posisi telur di dalam wadah terkait massa jenis benda dan masa jenis zat cair. 
  20. Disajikan beberapa tiga benda dengan berbagai macam posisi di dalam zat cair dan disertakan data massa jenis benda yang berbeda-beda serta data massa jenis zat cair, peserta didik dapat mengidentifikasi posisi ketiga benda yang benar tersebut.
  21. Disajikan beberapa kegiatan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis pengukuran yang termasuk besaran pokok.
  22. Disajikan gambar benda yang tidak beraturan di dalam gelas ukur, peserta didik dapat menentukan volume benda tersebut
  23. Disajikan pernyataan suatu peristiwa mengenai alur datangnya bau dari sumber bau yang menyebar di suatu ruangan, peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa tersebut,
  24. Disajikan data tabel beberapa titik leleh berbagai bahan, peserta didik dapat menentukan panas yang paling tinggi untuk meleleh.
  25. Disajikan data gambar mengenai benda yang memiliki panjang 30 cm, tinggi 25 cm, dan lebar 6 cm serta massas 10 kg, peserta didik dapat menghitung massa jenis benda tersebut. 

Jumat, 29 September 2023

Bagaimana seseorang bisa berubah dari paradigma Stimulus-Respon kepada pendekatan teori Kontrol?

 

Bagaimana seseorang bisa berubah dari paradigma Stimulus-Respon kepada pendekatan teori Kontrol? (Stephen R. Covey)


Bagaimana seseorang bisa berubah dari paradigma Stimulus-Respon kepada pendekatan teori Kontrol? Stephen R. Covey (Principle-Centered Leadership, 1991)  mengatakan bahwa,

“..bila kita ingin membuat kemajuan perlahan, sedikit-sedikit, ubahlah sikap atau  perilaku Anda. Namun bila kita ingin memperbaiki cara-cara utama kita, maka kita  perlu mengubah kerangka acuan kita. Ubahlah bagaimana Anda melihat dunia,  bagaimana Anda berpikir tentang manusia, ubahlah paradigma Anda, skema  pemahaman dan penjelasan aspek-aspek tertentu tentang realitas”.

Teori Kontrol (Dr. William Glasser)

 

Teori Kontrol (Dr. William Glasser)


Psikiater dan pendidik, Dr. William Glasser dalam Control Theory yang kemudian hari berkembang dan dinamakan Choice Theory, meluruskan beberapa miskonsepsi tentang makna ‘kontrol’.

  • Ilusi guru mengontrol murid.  
    Pada dasarnya kita tidak dapat memaksa murid untuk berbuat sesuatu jikalau  murid tersebut memilih untuk tidak melakukannya. Walaupun tampaknya  guru sedang mengontrol perilaku murid, hal demikian terjadi karena murid  sedang mengizinkan dirinya dikontrol. Saat itu bentuk kontrol guru  menjadi kebutuhan dasar yang dipilih murid tersebut. Teori Kontrol  menyatakan bahwa semua perilaku memiliki tujuan, bahkan terhadap  perilaku yang tidak disukai.
  • Ilusi bahwa semua penguatan positif efektif dan bermanfaat.  
    Penguatan positif atau bujukan adalah bentuk-bentuk kontrol. Segala usaha  untuk mempengaruhi murid agar mengulangi suatu perilaku tertentu, adalah  suatu usaha untuk mengontrol murid tersebut. Dalam jangka waktu tertentu,  kemungkinan murid tersebut akan menyadarinya, dan mencoba untuk  menolak bujukan kita atau bisa jadi murid tersebut menjadi tergantung pada pendapat sang guru untuk berusaha.
  • Ilusi bahwa kritik dan membuat orang merasa bersalah dapat  menguatkan karakter.
    Menggunakan kritik dan rasa bersalah untuk mengontrol murid menuju pada  identitas gagal. Mereka belajar untuk merasa buruk tentang diri mereka.  Mereka mengembangkan dialog diri yang negatif. Kadang kala sulit bagi guru  untuk mengidentifikasi bahwa mereka sedang melakukan perilaku ini, karena seringkali guru cukup menggunakan ‘suara halus’ untuk menyampaikan pesan  negatif.
  • Ilusi bahwa orang dewasa memiliki hak untuk memaksa. 
    Banyak orang dewasa yang percaya bahwa mereka memiliki tanggung jawab  untuk membuat murid-murid berbuat hal-hal tertentu. Apapun yang  dilakukan dapat diterima, selama ada sebuah kemajuan berdasarkan sebuah  pengukuran kinerja. Pada saat itu pula, orang dewasa akan menyadari  bahwa perilaku memaksa tidak akan efektif untuk jangka waktu panjang,  dan sebuah hubungan permusuhan akan terbentuk.

Senin, 18 September 2023

The Grid Question of Digital Technology Asessment I 2023

 Assalamualaikum warohamtuloohi wabarokatuh

How are the students in class VIII-E and VIII-F? Hopefully you will always be in a healthy condition and stay enthusiastic in carrying out Digital Technology Asessment I. There are 15 multiple choice questions (point for each question = 4) for this assesment and 5 essay (point for each question = 10) . The materials about the collecting information consist of introduction to database, filter and short, lab data collection. Another materials is designing a documents consist of tabs and columns. Here are there materials for Digital Technology Asessment I : 

  1. Students can mention the definition what is a database.  
  2. Students can mention the function of a sort.
  3. Presented the picture of data field, students can determine the data type would be most suitable for the 'Age' field.
  4. Presented the picture of simple database, students can determine the bold text in the column.
  5. Presented the picture of button in tab home of microsoft excel, students can determine the button to create the field names becomes BOLD and ALIGN the text to CENTER.
  6. Students can mention the function of a filter
  7. Students can mention in which ribbon tab you can find SORT and FIND Function
  8. Presented the picture of simple database and following steps, students can determine the correct order of steps for create a database in a very simple way.
  9. Presented the picture of simple database, students can determine the number button to format database information with microsoft excel become a data table style.
  10. Presented picture 1, Picture, Picture 2, and the steps in the following database, students can determine the correct order of filter data.
  11. Presented the steps, students can determine the correct steps to sort name of your database start from smallest to the largest.
  12. Students can mention the function of to sort database according to multiple fields.
  13. Presented the picture, students can determine the part to set the exact position of tab.
  14. Presented the steps, students can determine the correct steps to sort data alphabetically by name and then by hobby. 
  15. Presented the following picture, students can determine to sort data by hobbies and names in the sort window, after click the sort by list column and chose a hobby, then which number button. 
  16. Presented the steps, students can determine the correct order to open the tabs window in microsoft word.
  17. Students can explain the function of center tab.
  18. Students can mention the correct tab click to change the page to landscape or portrait
  19. Presented the steps, students can mention what function of steps to designing a document.

Hopefully the students of class VIII-E and VIII-F will be given fluency in answering science tryout which will be held on Tuesday, September 18, 2023. Keep the enthusiasm for learning and always keep your health. Aamin

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Senin, 04 September 2023

Soal Olimpiade IPA (BIOLOGI) SMP

1. Mengapa daun tumbuhan berwarna hijau?

a) Karena klorofil dalam daun menyerap cahaya merah. b) Karena klorofil dalam daun menyerap cahaya biru. c) Karena klorofil dalam daun menyerap cahaya hijau. d) Karena klorofil dalam daun menghasilkan cahaya hijau.

2. Bagaimana proses pencernaan makanan dimulai di dalam tubuh manusia?
a) Dengan pencernaan mekanis. b) Dengan pencernaan kimia. c) Dengan pengunyahan makanan. d) Dengan pencampuran makanan dalam lambung.

3. Mengapa alga biru-hijau ditempatkan dalam kerajaan bakteri daripada dalam tumbuhan atau protista?
a) Karena alga biru-hijau memiliki dinding sel berlapis. b) Karena alga biru-hijau melakukan fotosintesis seperti bakteri. c) Karena alga biru-hijau adalah organisme uniseluler. d) Karena alga biru-hijau tidak memiliki inti sel.

4. Bagaimana proses osmosis terjadi dalam sel tumbuhan? a) Air bergerak melalui membran sel tumbuhan ke dalam sitoplasma. b) Air bergerak keluar dari sel tumbuhan ke dalam lingkungan. c) Air bergerak dari sitoplasma ke dalam vakuola sel tumbuhan. d) Air bergerak melalui membran sel tumbuhan ke dalam vacuole.

5. Mengapa konsep evolusi oleh seleksi alam dianggap sebagai salah satu gagasan paling penting dalam biologi? a) Karena konsep evolusi menjelaskan bagaimana organisme berevolusi menjadi spesies yang berbeda. b) Karena konsep evolusi menjelaskan bagaimana organisme menghasilkan keturunan yang identik. c) Karena konsep evolusi menjelaskan bagaimana organisme bereproduksi. d) Karena konsep evolusi menjelaskan bagaimana organisme melakukan fotosintesis.

6. Bagaimana hormon insulin memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh manusia?
a) Hormon insulin meningkatkan kadar gula darah. b) Hormon insulin mengurangi kadar gula darah. c) Hormon insulin tidak memiliki efek pada kadar gula darah. d) Hormon insulin hanya terlibat dalam proses pernapasan.

7. Bagaimana kromosom seks menentukan jenis kelamin individu dalam spesies manusia?
a) Jantan memiliki dua kromosom seks X dan betina memiliki dua kromosom seks Y. b) Jantan memiliki dua kromosom seks Y dan betina memiliki dua kromosom seks X. c) Jantan memiliki satu kromosom seks X dan satu kromosom seks Y, sedangkan betina memiliki dua kromosom seks X. d) Jantan memiliki satu kromosom seks Y dan satu kromosom seks X, sedangkan betina memiliki dua kromosom seks Y.

8. Organisme apa yang memiliki kemampuan regenerasi tinggi, yang memungkinkan mereka tumbuh kembali setelah bagian tubuh mereka terputus?
a) Manusia. b) Laba-laba. c) Cacing tanah. d) Kadal.

9. Bagian sel yang berperan dalam menghasilkan energi dalam bentuk ATP adalah?
a) Ribosom. b) Mitokondria. c) Lisosom. d) Retikulum endoplasma.

10. Berikut ini adalah ciri-ciri apa yang membedakan organisme eukariota dari prokariota?
a) Memiliki membran inti sel. b) Tidak memiliki ribosom. c) Dinding sel terbuat dari peptidoglikan. d) Tidak memiliki mitokondria.

11. Mengapa usus halus memiliki permukaan yang sangat lipat dan memiliki villi?
a) Untuk meningkatkan penampilan usus. b) Untuk mengurangi panjang usus. c) Untuk meningkatkan area penyerapan nutrisi. d) Untuk melindungi usus dari cedera.

12. Mengapa hati dianggap sebagai organ yang sangat penting dalam sistem pencernaan? a) Karena hati menghasilkan enzim pencernaan. b) Karena hati memproduksi insulin. c) Karena hati menghasilkan empedu yang diperlukan untuk pencernaan lemak. d) Karena hati memproduksi hormon lapar.
13. Mengapa amonia merupakan produk ekskresi yang berbahaya bagi manusia?
a) Karena amonia berperan dalam pencernaan makanan. b) Karena amonia dapat merusak organ dalam tubuh. c) Karena amonia dibutuhkan untuk pertumbuhan sel. d) Karena amonia membantu dalam produksi hormon. 14. Bagaimana hormon antidiuretik (ADH) berperan dalam pengaturan keseimbangan air tubuh? a) ADH meningkatkan ekskresi air oleh ginjal. b) ADH menghambat produksi urine oleh ginjal. c) ADH mengurangi tekanan darah dalam tubuh. d) ADH tidak memiliki pengaruh pada keseimbangan air tubuh. 15. Bagaimana alveolus (kantung udara kecil dalam paru-paru) berperan dalam pertukaran gas? a) Alveolus menghasilkan oksigen. b) Alveolus menyaring udara yang masuk ke dalam paru-paru. c) Alveolus adalah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara udara dan darah. d) Alveolus membantu mengatur tekanan udara dalam paru-paru.

16. Bagaimana proses difusi berperan dalam pertukaran gas di dalam alveolus?
a) Difusi membantu oksigen masuk ke dalam alveolus. b) Difusi membantu karbon dioksida masuk ke dalam alveolus. c) Difusi adalah proses yang tidak berperan dalam pertukaran gas. d) Difusi membantu oksigen masuk ke dalam darah dan karbon dioksida keluar dari darah.
17. Bagaimana sistem pernapasan berfungsi saat kita melakukan aktivitas fisik yang intens?
a) Jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh tetap konstan. b) Jumlah karbon dioksida dalam darah berkurang. c) Jantung berdetak lebih lambat. d) Frekuensi dan kedalaman pernapasan meningkat untuk meningkatkan pasokan oksigen ke otot.

18. Mengapa perokok rentan terhadap penyakit pernapasan seperti bronkitis dan kanker paru-paru?
a) Karena perokok menghirup lebih banyak oksigen. b) Karena perokok memiliki sistem pernapasan yang lebih kuat. c) Karena asap rokok mengandung zat-zat berbahaya yang merusak jaringan paru-paru. d) Karena perokok memiliki kemampuan tubuh yang lebih baik.

19. Mengapa sel darah merah memiliki bentuk cakram bikonkaf?
a) Untuk mengangkut oksigen lebih efisien. b) Karena bentuk ini membuat sel darah merah lebih kuat. c) Untuk melindungi sel darah merah dari infeksi. d) Karena bentuk ini memungkinkan sel darah merah untuk bergerak lebih cepat.

20. Bagaimana hormon adrenalin memengaruhi tekanan darah?
a) Hormon adrenalin meningkatkan tekanan darah. b) Hormon adrenalin menurunkan tekanan darah. c) Hormon adrenalin tidak memiliki pengaruh pada tekanan darah. d) Hormon adrenalin hanya berpengaruh pada denyut jantung.