Halaman

Home

Selasa, 03 Oktober 2023

Kisi-Kisi IPA PTS 2023 Kelas VII Reguler

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA untuk kelas reguler. Ada 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Semoga bermanfaat ya.

  1. Peserta didik dapat menentukan jenis ilmu sains yang menyelediki pengaruh sampah terhadap hewan-hewan di laut. 
  2. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sains. 
  3. Peserta didik dapat menentukan berbagai macam kegiatan yang dilakukan di laboratorium IPA. 
  4. Disajikan beberapa gambar simbol bahan kimia berbahaya, peserta didik dapat menentukan simbol untuk bahan kimia yang beracun dan korosif. 
  5. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk hipotesis.
  6. Peserta didik dapat menentukan urutan langkah-langkah metode ilmiah yang benar. 
  7. Peserta didik dapat menentukan contoh dari besaran pokok. 
  8. Disajikan pernyataan mengenai besaran waktu, peserta didik dapat mengkonversi besaran waktu dari menit menjadi detik.
  9. Disajikan pernyataan mengenai metode ilmiah, peserta didik dapat menentukan contoh langkah metode ilmiah dalam tahap analisis data.  
  10. Disajikan pernyataan mengenai jenis data penelitian yang berupa kolom dan baris, peserta didik dapat menentukan jenis penyajian data penelitian tersebut. 
  11. Disajikan beberapa gambar molekul suatu zat,  peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam molekul zat berdasar gambar tersebut. 
  12. Disajikan ketiga gambar benda, peserta didik dapat mengidentifikasi ketiga gambar itu berdasar volumenya dan bentuknya.
  13. Disajikan pernyataan kondisi partikel suatu zat padat, peserta didik dapat menentukan jenis peristiwa perubahan zat berdasar pernyataan kondisi partikel itu.  
  14. Disajikan pernyataan kondisi partikel suatu zat cair, peserta didik dapat menentukan jenis peristiwa perubahan zat berdasar pernyataan kondisi partikel itu
  15. Disajikan peristiwa sifat fisika zat, peserta didik dapat menentukan sifat fisika zat berdasar pernyataan tersebut.
  16. Peserta didik dapat menentukan contoh proses yang menunjukkan sifat kimia zat dalam kehidupan sehari-hari. 
  17. Disajikan beberapa pernyataan perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang termasuk perubahan fisika.
  18. Disajikan beberapa pernyataan perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang termasuk perubahan kimia. 
  19. Disajikan gambar telur dalam posisi berada di wadah berisi air, peserta didik dapat menentukan penyebab posisi telur di dalam wadah terkait massa jenis benda dan masa jenis zat cair. 
  20. Disajikan beberapa tiga benda dengan berbagai macam posisi di dalam zat cair dan disertakan data massa jenis benda yang berbeda-beda serta data massa jenis zat cair, peserta didik dapat mengidentifikasi posisi ketiga benda yang benar tersebut.
  21. Disajikan beberapa kegiatan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis pengukuran yang termasuk besaran pokok.
  22. Disajikan gambar benda yang tidak beraturan di dalam gelas ukur, peserta didik dapat menentukan volume benda tersebut
  23. Disajikan pernyataan suatu peristiwa mengenai alur datangnya bau dari sumber bau yang menyebar di suatu ruangan, peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa tersebut,
  24. Disajikan data tabel beberapa titik leleh berbagai bahan, peserta didik dapat menentukan panas yang paling tinggi untuk meleleh.
  25. Disajikan data gambar mengenai benda yang memiliki panjang 30 cm, tinggi 25 cm, dan lebar 6 cm serta massas 10 kg, peserta didik dapat menghitung massa jenis benda tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar