Halaman

Home

Senin, 30 September 2024

Indikator Soal (Kisi-Kisi) Sumatif Tengah Semester (STS) IPA Kelas VIII Semester Ganjil 2024

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bagaimana kabar peserta didik kelas VIII? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Berikut bapak sampaikan indikator soal untuk belajar Sumatif Tengah Semester (STS) IPA untuk kelas reguler. Ada 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Tips sukses untuk STS yaitu dipelajari dan dikerjakan tiap indikator soal. Semoga bermanfaat ya.

1. Peserta didik dapat menentukan ilmuwan kali pertama melihat sel-sel dengan mikroskop.

2. Disajikan dua gambar jenis mikroskop, peserta didik dapat menentukan jenis mikroskop berdasarkan jumlah lensa obyektif. 

3. Peserta didik dapat menentukan jenis mikroskop yang memanfaatkan cahaya matahari untuk melihat sebuah objek.

4. Peserta didik dapat menentukan jumlah perbesaran untuk melihat objek pada mikroskop elektron. 

5. Disjaikan pernyataan mengenai cara menggunakan mikroskop, peserta didik dapat menentukan cara menggunakan mikroskop setelah objek glass (preparat) berisi sel diletakkan di atas lubang meja mikroskop.

6. Peserta didik dapat menentukan jenis lensa pada bagian optik mikroskop. 

7. Disajikan gambar sel hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi pasangan antara nama organel sel beserta fungsinya dengan tepat.  

8. Disajikan pernyataan dan gambar sel hewan beserta sel tumbuhan, peserta didik dapat menentukan nama organel sel beserta fungsinya dengan tepat.  

9. Disajikan  pernyataan dan gambar sel hewan beserta sel tumbuhan, peserta didik dapat menentukan nama orgnel sel hewan dan sel tumbuhan. 

10. Disajikan daftar ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan banyaknya jumlah sel dan keberadaan membran sel, peserta didik dapat menentukan ciri protista. 

11. Disajikan gambar penampang jaringan tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi nama-nama jaringan tumbuhan. 

12. Disajikan pernyataan mengenai salah satu fungsi organel sel, peserta didik dapat menentukan fungsi dari salah satu organel sel penghasil energi pada sel hewan.

13. Disajikan tabel pasangan macam-macam nutrisi beserta fungsinya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat antara macam nutrisi beserta fungsinya dengan tepat. 

14. Peserta didik dapat menyebutkan cara terjadinya proses penyerapan nutrisi yang terjadi dalam sistem pencernaan manusia. 

15. Disajikan grafik faktor pengaruh denyut jantung berdasarkan frekuensi denyut jantung dengan berbagai aktivitas manusia, peserta didik dapat menyimpulkan faktor pengaruh denyut jantung berdasarkan aktivitas dengan frekuensi denyut jantung dengan tepat. 

16. Disajikan tabel mengenai aglutinogen dan aglutinin, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis golongan darah berdasarkan pasangan aglutinogen dan aglutinin dengan tepat. 

17. Disajikan dua gambar aktivitas manusia, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pada organ-organ atau fungsi sistem pernapasan berdasar kedua gambar tersebut dengan tepat. 

18. Peserta didik dapat menganalisis perbandingan risiko antara perokok pasif dan perokok aktif.  

19. Disajikan grafik mengenai hubungan antara konsumsi jumlah kafein dengan volume urin yang
dihasilkan, peserta didik dapat menyimpulkan hubungan antara konsumsi jumlah kafein dengan volume urin yang dihasilkan dengan tepat.

20. Disajikan gambar nefron, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian nefron beserta fungsinya dengan tepat. 

21. Peserta didik dapat menyebutkan urutan organisasi kehidupan pada tingkat molekuler dan
tingkat seluler.

22. Peserta didik dapat menjelaskan dua jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan manusia. 

23. Peserta didik dapat menjelaskan alur atau skema peredaran darah besar dan peredaran darah kecil pada manusia.  

24. Disajikan skema pembekuan darah, peserta didik dapat menyebutkan proses pembekuan darah dengan tepat.  

25. Peserta didik dapat menyebutkan dua bahan kimia yang terkandung dalam rokok beserta dengan pengaruhnya terhadap kesehatan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar