Halaman

Home

Rabu, 05 Juni 2024

Kisi-Kisi Soal SAT IPA untuk Jumat, 7 Juni 2024

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh 

Akhir semester ganjil ini akan segera terlewati di akhir 2024 melalui Sumatif Akhir Tahun (SAT). Agar kalian sukses mengerjakan soal-soal SAT mata pelajaran IPA yang diselenggarakan Jumat, 7 Juni 2024, dapat mempelajari kisi-kisi soal SAT IPA sebagai berikut. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan dalam belajar menghadapi SAT IPA. Selamat belajar dan tetap terus semangat ya. 

1. Disajikan daftar tabel percobaan pengujian larutan dengan menggunakan kertas lakmus, peserta didik dapat mengidentifikasi larutan-larutan yang bersifat asam atau basa dengan benar. 

2. Disajikan dalam pilihan bahan-bahan alami penguji, peserta didik dapat menentukan bahan alami yang dapat digunakan sebagai indikator alami asam-basa dengan tepat.

3. Disajikan gambar benda yang berhubungan dengan asam dan basa, peserta didik dapat menentukan bahan yang bersifat basa berdasar gambar.

4. Disajikan pernyataan-pernyataan dalam pilihan tentang interaksi antara unsur biotik dan abiotik dalam ekosistem, peserta didik mampu mengidentifikasi interaksi yang menunjukkan peran dari unsur biotik terhadap unsur abiotik dengan benar. 

5. Disajikan pernyataan-pernyataan tentang interaksi antar makhluk hidup, peserta didik mampu menunjukkan interaksi jenis kompetisi antar makhluk hidup dengan lingkungan dengan benar.

6. Disajikan pernyataan interaksi antar makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan contoh hubungan mutualisme.

7. Disajikan teks tentang jenis-jenis Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan, peserta didik dapat menganalisis faktor yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan SDA tersebut manfaat sumber daya alam dalam klasifikasi makhluk hidup.

8. Disajikan gambar jaring-jaring makanan, peserta didik mampu mengidentifikasi komponen biotik konsumen ke-2.

9. Disajikan teks tentang simbiosis Siput laut hijau dengan Alga, peserta didik mampu menganalisis dan menyimpulkan cara kerja dari simbiosis yang terjadi antara alga dan siput laut hijau dengan benar.

10. Disajikan gambar jaring-jaring makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi organisme yang berinteraksi kompetisi dalam ekosistem tersebut.

11. Disajikan gambar piramida makanan dan jaring-jaring makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi organisme yang sesuai dengan tingkatan piramida dan berada pada daerah tropik dengan benar piramida makanan pada ekosistem sawah.

12. Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik mampu menganalisis akibat yang terjadi jika salah satu komponen yang hilang pada ekosistem tersebut.

13. Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik mampu mengidentifikasi pernyataan dalam pilihan  tentang interaksi antar komponen biotik dan abiotik dalam rantai makanan tersebut dengan benar. 

14. Disajikan gambar dan teks artikel dari website tentang hutan di Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan alasan tumbuhan rotan banyak tumbuh di hutan Indonesia dengan benar. 

15. Disajikan artikel konservasi, peserta didik mampu mendeskripsikan cara konservasi keanekaragaman hayati Indonesia yang hampir punah.

16. Disajikan teks pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menganalisis usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan berdasarkan kasus yang disajikan dengan benar.

17. Disajikan dampak pencemaran di sungai, peserta didik dapat menganalisa dampak pencemaran sungai berdasarkan kasus yang disajikan.

18. Disajikan teks pemanasan global, peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan sesuai dengan teks dengan benar.

19. Disajikan teks deskripsi tentang penggunaan pupuk fosfat yang berlebihan, peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab biota laut mengalami gangguan dengan benar.

20. Disajikan teks deskripsi contoh kebiasaan masyarakat yang mulai sadar lingkungan, peserta didik dapat menyebutkan jenis usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan berdasarkan kasus yang disajikan dengan benar.

21. Disajikan teks deskripsi bencana alam, peserta didik dapat menganalisis penyebab terjadinya gempa tektonik.

22. Disajikan teks deskripsi gempa bumi, peserta didik dapat menganalisis tindakan yang harus dilakukan apabila terkena gempa.

23. Disajikan berbagai pernyataan mengenai tata surya, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar mengenai tata surya

24. Disajikan gambar tata surya, peserta didik mampu mengidentifikasi nama dan ciri-ciri planet dalam tata surya dengan tepat.

25. Disajikan gambar tata surya, peserta didik mampu mengidentifikasi karakteristik matahari sebagai pusat dalam tata surya sesuai dengan gambar.

26. Disajikan teks mengenai planet pluto, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang berkaitan dengan pluto sehingga tidak dimasukkan dalam kategori planet dalam tata surya.

27. Disajikan teks tentang rotasi bumi, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat yang ditimbulkan dari rotasi bumi.

28. Disajikan teks deskripsi tata surya, peserta didik dapat mengidentifikasi satelit alami yang berada di Planet Mars.

29. Disajikan gambar dan teks tentang gejala gerhana bulan, peserta didik dapat mengidentifikasi posisi bulan saat  terjadinya gerhana bulan penumbra. 

30. Disajikan gambar dan teks tentang gerhana matahari hibrida, peserta didik dapat mengidentifikasi wilayah terjadinya gerhana matahari hibrida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar