Halaman

Home

Minggu, 04 Desember 2022

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester (PAS) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII 2022

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Bagaimana kabar anak-anak kelas VIII-C dan VIII-D? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Tetaplah mematuhi protokoler kesehatan yang masih dalam kondisi pandemi covid -19. Berikut disampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) IPA pada Kamis (08/12). Soal PAS terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Silahkan dibaca, dipelajari, dijawab di buku kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan pernyataan mengenai karakteristik tubuh ikan, peserta didik dapat menentukan karakteristik tubuh ikan yang membantu berbagai pergerakan di dalam air.  

2. Disajikan beberapa gambar gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan nama gerak tumbuhan berdasar gambar itu. 

3. Disajikan gambar tulang tengkorak manusia, peserta didik dapat menentukan nama bagian tulang tengkorak yang ditunjuk. 

4. Disajikan gambar persendian dan pernyataan aktivitas manusia mengangkat barbel, peserta didik menentukan mekanisme terjadinya gerakan tulang pada persendian berdasar aktivitas itu

5. Disajikan ciri-ciri otot, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri otot lurik (rangka) yang benar.  

6. Disajikan gambar dan pernyataan mengenai kelainan tulang belakang, peserta didik dapat menentukan nama kelainan tulang berdasar gambar itu.  

7. Disajikan beberapa peristiwa gerak benda yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berdasar peristiwa itu.
 
8. Disajikan gambar pola pita kertas pada ticker timer, peserta didik dapat menentukan jenis gerak yang dihasilkan pada pola itu.

9. Disajikan data sebuah mobil bergerak dengan kelajuan rata-rata 150 km/jam selama 50 menit, peserta didik dapat menempuh jarak yang ditempuh mobil itu. 

10. Disajikan data sebuah benda yang mengalami percepatan sebesar 24 m/s2 dan diatas benda ditambah benda lain bermassa 8 kg, peserta didik dapat menghitung percepatan
kedua benda saat ditarik dengan gaya yang sama.

11. Disajikan gambar keempat balok dengan massa yang sama diberikan gaya yang berbeda beda, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang terjadi pada keempat balok tersebut.  

12. Disajikan berbagai gambar peralatan dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peralatan tersebut yang termasuk jenis bidang miring. 

13. Disajikan gambar pengungkit, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang ditimbulkan dari pengungkit itu.  

14. Disajikan beberapa macam pesawat sederhana, peserta didik dapat menghitung keuntungan mekanis pada pesawat sederhana itu. 

15. Disajikan berbagai macam gambar jenis katrol, peserta didik dapat menghitung keuntungan mekanis berdasarkan jenis katrol itu.

16. Disajikan gambar anatomi daun, peserta didik dapat mengidentifikasi nama dan fungsi dari jaringan penyusun daun itu.  

17. Disajikan gambar anatomi akar, peserta didik dapat mengidentifikasi nama dan fungsi dari bagian anatomi akar itu. 

18. Disajikan gambar teknologi yang terinspirasi dari struktur dan fungsi tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan fungsi organ tumbuhan yang menginspirasi teknologi itu. 

19. Disajikan gambar bagian-bagian bunga, peserta didik dapat menentukan nama dan fungsi bagian-bagian bunga yang ditunjuk. 

20. Disajikan data tabel berisi nama nutrisi beserta fungsinya, peserta didik dapat menentukan pasangan kedua data itu yang benar. 

21. Disajikan gambar sistem organ pencernaan manusia, peserta didik dapat menentukan nama organ sistem pencernaan manusia yang ditunjuk.  

22. Disajikan gambar sistem organ pencernaan manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi nama dan fungsi enzim dari organ atau kelenjar pencernaan manusia.  

23.  Disajikan gambar kelainan kekurangan suatu nutrisi, peserta didik dapat menentukan jenis nutrisi itu dan nama kelainannya.

24. Disajikan berbagai data tabel yang berisi nama, jenis, dan kegunaan zat aditif makanan, peserta didik dapat menentukan ketiga data pasangan zat aditif itu yang benar. 

25. Disajikan berbagai nama narkotika, peserta didik dapat menentukan nama narkotika yang termasuk dalam jenis stimulan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar