Pelaksanaan pekan (Senin-Jumat, 10-15/9) Ulangan Harian (UH)
di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) ditemukan ular di dalam kelasnya. Ups, ular ini bukanlah hewan yang
berbisa dan mematikan tetapi hewan menyenangkan bagi siswa. UH merupakan salah
satu cara tahapan evaluasi dalam proses pembelajaran untuk mengukur kompetensi
suatu materi yang telah disampaikan guru ke siswa. Bukan hal yang lumrah lagi,
bila dalam kegiatan evaluasi itu banyak ditemukan tindakan kecurangan yang
dilakukan siswa untuk mengejar nilai. Contohnya, mencontek temannya, melihat handphone (HP) yang lolos dari pemeriksaan
gurunya, dan sebagainya. Perilaku itu sebagai wujud kurangnya kesiapan siswa
dalam menghadapi ulangan. Untuk itulah, dalam tahapan evaluasi harus dikemas semenarik
mungkin agar perilaku negatif itu dapat berkurang bahkan tidak ada lagi.
Persiapan Alat dan Bahan dalam UH IPA Ular-Ularan |
Salah satu caranya melalui inovasi evaluasi pembelajaran
dengan metode ular-ularan. “Metode ini mendidik siswa untuk terbiasa bekerja
sendiri dalam menjawab pertanyan yang diujikan, bertanggung jawab, lebih fokus,
jujur, disiplin, lebih cepat (move on)
dalam menjawab segala permasalahan (pertanyaan yang diujikan),” kata Alimmatus
Firmansyah, S.Pd. Guru IPA Spemma itu menambahkan melalui inovasi kreatif dalam
evaluasi pembejaran sebagai salah satu upaya menjawab tantangan kemrosotan karakter
bangsa.
Tahap 1. Sosialisasi Tata Cara UH Metode Ular-Ularan pada Siswa Kelas IX-A |
Bagaimana caranya? Seluruh siswa diinformasikan tata cara ulangan
harian (evaluasi) melalui metode ular-ularan sebelum dimulai pelaksanaannya.
Lalu guru menyiapkan pertanyaan yang telah ditempel di masing-masing meja (satu
pertanyaan ditempel di satu meja). “Siswa bergantian masuk ke dalam kelas satu
per satu melalui aba-aba bunyi peluit yang ditiup guru sesuai nomor daftar
hadir siswa hingga siswa terakhir,” jelas guru berkacamata itu. Tiap siswa
bergerak mengular tiap rentang waktu 25-30 detik ke tiap pertanyaan. Langkah ini
bertujuan untuk melatih kecepatan, kedispilinan, dan kesungguhan terhadap segala
bentuk aktivitas atau permasalahan yang dihadapi siswa.
Tahap Pelaksanaan UH IPA Ular-Ularan (Siswa Bergerak dari Satu Meja ke Meja Lainnya. Lihat Foto di Bawahnya) |
Tahap Pelaksanaan UH IPA Ular-Ularan (Siswa Bergerak dari Satu Meja ke Meja Lainnya. Lanjutan Foto di atasnya) |
“Untuk melatihkan sikap
jujur dan tanggung jawab pada diri siswa melalui melakukan koreksi sendiri atas
jawabannya setelah menjawab seluruh pertanyaan dan mencatat hasil perolehan
nilainya sendiri di daftar nilai yang telah disediakan guru,” tambah guru yang
akrab dipanggil dengan pak Firman itu. Seluruh jawaban ujian tentunya
diletakkan di meja yang jauh dari soal ujian dan berada dalam pengawasan guru. Begitu
juga dengan daftar nilainya juga diletakkan di meja guru yang ada di dalam
kelas tersebut.
Siswa Mengoreksi Sendiri Jawaban Pertanyaan UH IPA Ular-Ularan |
Siswa Menuliskan Sendiri Nilai UH IPA di Daftar Nilai yang Telah Disedaiakan di Meja Penilaian |
“Pastinya sangat menyenangkan dan dapat mengantisipasi siswa
lain untuk mencontek jawaban siswa lainnya,” jelas Alya siswa Spemma kelas IX-A
ketika selesai mengerjakan UH dengan metode ular-ularan itu. Cewek itu juga
menambahkan UH kali ini sangat seru dengan siswa yang aktif bergerak seperti mengular
dan sangat berbeda dengan UH biasanya siswa hanya diam saja dalam menjawab
pertanyaan. “Alhamdulillah, nilaiku seratus, lho” ungkap Rafi Arya, siswa kelas
IX-A mengucap syukur setelah mengkoreksi sendiri jawabannya dan menuliskan
nilainya sendiri di daftar nilai siswa. “Wah, enak ya kita dapat langsung hari
ini juga mengetahui hasil UH-nya,” ucap Rafa Rasqy ke siswa lain ketika
menyelesaikan UH.
Metode UH IPA Ular-Ularan dapat dapat dilihat di video melalui link Youtube berikut :
BalasHapusthanks kak infonya sangat berguna
sindo