Halaman

Home

Rabu, 01 Februari 2023

e-LKPD Sistem Pernapasan Manusia


Sistem pernapasan manusia

Silahkan di klik tautan diatas lalu bila telah selesai mengerjakan silahkan laporkan hasilnya ke guru.

Klik tautan berikut https://www.liveworksheets.com/nm1579828fx
Bila tautan tidak dapat di akses 

e-LKPD Tingkatan Takson dan Kunci Determinasi


Takson dan Kunci Determinasi

Silahkan dikerjakan e-LKPD ini lalu laporkan hasilnya ke guru.

Klik tautan berikut https://www.liveworksheets.com/un2273259ob 
Bila tidak dapat di akses

e-LKPD Klasifikasi 5 Kingdom


Silahkan dikerjakan e-Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini lalu tunjukkan hasil nilainya kepada guru kalian. Selamat mengerjakan! 

Klik tautan berikut https://www.liveworksheets.com/ey1071967zf
bila e-LKPD tidak dapat diakses. 

Minggu, 04 Desember 2022

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester (PAS) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII 2022

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Bagaimana kabar anak-anak kelas VIII-C dan VIII-D? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Tetaplah mematuhi protokoler kesehatan yang masih dalam kondisi pandemi covid -19. Berikut disampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) IPA pada Kamis (08/12). Soal PAS terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Silahkan dibaca, dipelajari, dijawab di buku kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan pernyataan mengenai karakteristik tubuh ikan, peserta didik dapat menentukan karakteristik tubuh ikan yang membantu berbagai pergerakan di dalam air.  

2. Disajikan beberapa gambar gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan nama gerak tumbuhan berdasar gambar itu. 

3. Disajikan gambar tulang tengkorak manusia, peserta didik dapat menentukan nama bagian tulang tengkorak yang ditunjuk. 

4. Disajikan gambar persendian dan pernyataan aktivitas manusia mengangkat barbel, peserta didik menentukan mekanisme terjadinya gerakan tulang pada persendian berdasar aktivitas itu

5. Disajikan ciri-ciri otot, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri otot lurik (rangka) yang benar.  

6. Disajikan gambar dan pernyataan mengenai kelainan tulang belakang, peserta didik dapat menentukan nama kelainan tulang berdasar gambar itu.  

7. Disajikan beberapa peristiwa gerak benda yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berdasar peristiwa itu.
 
8. Disajikan gambar pola pita kertas pada ticker timer, peserta didik dapat menentukan jenis gerak yang dihasilkan pada pola itu.

9. Disajikan data sebuah mobil bergerak dengan kelajuan rata-rata 150 km/jam selama 50 menit, peserta didik dapat menempuh jarak yang ditempuh mobil itu. 

10. Disajikan data sebuah benda yang mengalami percepatan sebesar 24 m/s2 dan diatas benda ditambah benda lain bermassa 8 kg, peserta didik dapat menghitung percepatan
kedua benda saat ditarik dengan gaya yang sama.

11. Disajikan gambar keempat balok dengan massa yang sama diberikan gaya yang berbeda beda, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang terjadi pada keempat balok tersebut.  

12. Disajikan berbagai gambar peralatan dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat mengidentifikasi peralatan tersebut yang termasuk jenis bidang miring. 

13. Disajikan gambar pengungkit, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang ditimbulkan dari pengungkit itu.  

14. Disajikan beberapa macam pesawat sederhana, peserta didik dapat menghitung keuntungan mekanis pada pesawat sederhana itu. 

15. Disajikan berbagai macam gambar jenis katrol, peserta didik dapat menghitung keuntungan mekanis berdasarkan jenis katrol itu.

16. Disajikan gambar anatomi daun, peserta didik dapat mengidentifikasi nama dan fungsi dari jaringan penyusun daun itu.  

17. Disajikan gambar anatomi akar, peserta didik dapat mengidentifikasi nama dan fungsi dari bagian anatomi akar itu. 

18. Disajikan gambar teknologi yang terinspirasi dari struktur dan fungsi tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan fungsi organ tumbuhan yang menginspirasi teknologi itu. 

19. Disajikan gambar bagian-bagian bunga, peserta didik dapat menentukan nama dan fungsi bagian-bagian bunga yang ditunjuk. 

20. Disajikan data tabel berisi nama nutrisi beserta fungsinya, peserta didik dapat menentukan pasangan kedua data itu yang benar. 

21. Disajikan gambar sistem organ pencernaan manusia, peserta didik dapat menentukan nama organ sistem pencernaan manusia yang ditunjuk.  

22. Disajikan gambar sistem organ pencernaan manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi nama dan fungsi enzim dari organ atau kelenjar pencernaan manusia.  

23.  Disajikan gambar kelainan kekurangan suatu nutrisi, peserta didik dapat menentukan jenis nutrisi itu dan nama kelainannya.

24. Disajikan berbagai data tabel yang berisi nama, jenis, dan kegunaan zat aditif makanan, peserta didik dapat menentukan ketiga data pasangan zat aditif itu yang benar. 

25. Disajikan berbagai nama narkotika, peserta didik dapat menentukan nama narkotika yang termasuk dalam jenis stimulan. 

Sabtu, 03 Desember 2022

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester (PAS) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII 2022

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

Bagaimana kabar anak-anak kelas VII-A dan VII-B? Semoga kalian semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat belajar ya. Tetaplah mematuhi protokoler kesehatan yang masih dalam kondisi pandemi covid -19. Berikut disampaikan kisi-kisi untuk belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) IPA pada Kamis (08/12). Soal PAS terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Silahkan dibaca, dipelajari, dijawab di buku kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

1. Disajikan pernyataan mengenai kegiatan di laboratorium IPA, peserta didik dapat menentukan cabang ilmu sains berkaitan dengan pernyataan itu.  

2. Disajikan beberapa macam cabang ilmu sains, peserta didik dapat menentukan kelompok cabang ilmu sains yang termasuk ilmu Biologi.
 
3. Disajikan pernyataan mengenai deskripsi salah satu alat laboratorium IPA, peserta didik dapat menentukan alat laboratorium itu. 

4. Disajikan gambar skala hasil pengukuran ketebalan benda menggunakan mikrometer skrup, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran ketebalan benda itu.

5. Disajikan gambar skala hasil pengukuran panjang benda menggunakan jangka sorong, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran panjang benda itu

6. Disajikan pernyataan dan langkah-langkah metode ilmiah dalam kegiatan penyelidikan, peserta didik dapat menentukan langkah metode ilmiah dengan urutan yang benar dalam penyelidikan itu.  

7. Disajikan teks bacaan mengenai pengelolaan sampah, peserta didik dapat menentukan yang termasuk dalam perubahan kimia dalam teks bacaan itu.

8. Disajikan gambar dan pernyataan kegiatan pengukuran, peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan hasil pengukuran yang benar beserta alasannya. 

9. Disajikan pernyataan mengenai kegiatan penyelidikan, peserta didik dapat menentukan variabel bebas dari penyelidikan itu.  

10. Disajikan teks bacaan mengenai sifat suatu zat, peserta didik dapat menentukan sifat fisika zat berdasar teks itu.

11. Disajikan pernyataan mengenai perpindahan zat cair dengan berbagai macam wadah, peserta didik dapat menentukan bentuk dan volume zat cair bila dipindahkan ke berbagai macam wadah.  

12. Disajikan pernyataan mengenai peristiwa suatu sifat zat gas, peserta didik dapat menentukan sifat zat gas itu. 

13. Disajikan kegiatan percobaan mengenai ketiga zat yang dimasukkan dalam masing-masing suntikan, peserta didik penyebab terjadinya karakteristik partikel dari ketiga zat itu saat suntikan ditekan. 

14. Disajikan teks mengenai fenomena salju di pegunungan, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan sifat zat dan alasannya. 

15. Disajikan kegiatan aneka cara pembuatan produk singkong, peserta didik dapat menentukan perubahan kimia dalam berbagai aneka cara pembuatan singkong.

16. Disajikan gambar wadah berisi air dan diisi oleh ketiga benda, peserta didik dapat menentukan urutan benda berdasar ketiga massa jenis benda itu.  

17. Disajikan data benda yang ditimbang di neraca dan dimasukkan ke dalam gelas ukur berisi air, peserta didik dapat menghitung massa jenis benda. 

18. Disajikan pernyataan dan data suhu dalam satuan fahrenheit, peserta didik dapat menghitung konversi suhu ke satuan kelvin. 

19. Disajikan data panjang besi yang dipanaskan mulai 20ºC sampai 100ºC dengan panjang awal besi adalah 200 cm dan koefisien muai panjangnya sebesar 0,000019/ºC, peserta didik dapat menghitung total panjang besi itu. 

20. Disajikan data koefisien muai panjang kedua bimetal, peserta didik dapat menentukan bentuk kedua bimetal itu bila dipanaskan. 

21. Disajikan data mengenai suhu dalam skala celcius, peserta didik dapat menghitung konversi skala suhu ke satuan reamur.

22. Disajikan data mengenai 1 kg air dengan suhu 30ºC hingga mencapai suhu
100ºC dan kalor jenis air yaitu 4200 J/KgºC, peserta didik dapat menghitung kalor yang dibutuhkan air itu dalam satuan joule 

23.  Disajikan pernyataan mengenai peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis perpindahan kalor berdasar peristiwa itu.

24. Disajikan data panjang baja 100 cm yang dipanaskan pada suhu 50ºC dengan koefisien muai panjang baja 0,000017/ºC, peserta didik dapat menghitung panjang baja saat dipanaskan hingga suhu 70ºC. 

25. Disajikan berbagai pernyataan mengenai manfaat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat contoh yang benar terkait pemanfaatan pemuaian. 

Senin, 21 November 2022

The Grid Question of Digital Technology Asessment II 2022

 Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

How are the students in class VIII-E and VIII-F? Hopefully you will always be in a healthy condition and stay enthusiastic in carrying out Digital Technology Asessment II. There are 15 multiple choice and 5 essay for this assesment. The materials about the collecting information consist of designing a documents (coloumn and breaks), headers and footers, HTML and PDF, mail merge, Adcance topik (Symbol, mathematical formulas, citation, and footnote).  Here are there materials for Digital Technology Asessment II : 

  1. Presented the steps, students can determine the correct order of steps to add two coloumns in the text.  
  2. Presented the steps, students can determine the correct order to personalize various settings related to three coloumns.
  3. Presented the steps, students can determine the correct order to insert a coloumn break. 
  4. Presented the steps, students can determine the correct order to make headers on his document.
  5. Presented the steps, students can determine the correct order to add page number at the bottom of page document .
  6. Presented the steps, students can determine the correct order to format page numbers
  7. Presented the steps, students can determine the correct order to date and time into a header or footer. 
  8. Presented the steps, students can determine the correct order to save a document as a Web page.
  9. Student can mention the type of document maintaned the layout or missing fonts. 
  10. Presented the steps, students can determine the correct order to save a document into portable document format.
  11. Presented the picture one of step in mail merge, students can mention the function button on that window.
  12. Presented the steps, students can determine the correct order to complete the merge
  13. Presented the steps, students can determine the correct order to add mathematical equation
  14. Presented the steps, students can determine the correct order to add a citation on a document school project 
  15. Presented the steps, students can determine the correct order to add a footnote
  16. Students can mention the characteristic of headers and footers  
  17. Presented the steps, students can type the correct order to change the page background color on his document web page
  18. Presented the steps, students can type the correct order to create a simple document to a web document
  19. Presented the steps, students can determine the correct order to use mail merge.
  20. Presented the steps, students can determine the correct order how to start the mail merge.

Hopefully the students of class VIII-E and VIII-F will be given fluency in answering science tryout which will be held on Thursday, November 24, 2022. Keep the enthusiasm for learning and always keep your health. Aamin

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Senin, 17 Oktober 2022

LULUS PPG Daljab 2022: Pelajari Isi Rubrik Instrumen Penilian

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru. Tujuannya, menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. (*)

PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: (1) kualifikasi di bawah standar (under qualification), dan (2) guru-guru yang kurang kompeten (low competence). Selain itu, guru di era revolusi industri 4.0 harus memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan critical thinking dan problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy. (*) 

PPG Dalam Jabatan juga dirancang agar mampu membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada calon guru profesional, melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning). Harapannya agar calon guru profesional terbekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif. Program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran, dan penilaian, hingga Uji Kompetensi.(*) 

Program PPG Dalam Jabatan 2022 diakhiri dengan mengikuti Uji Kinerja Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). Seluruh peserta yang telah melewati PPG diwajibkan untuk mengikuti UKMPPG melalui pembuatan video pembelajaran berdasar perangkat pembelajaran yang telah dibuat dan pengumpulan portofolio. Peserta PPG dalam penilaian portofolio diwajibkan mengunggah berkas berkas yang terdiri dari lima komponen penilaian sebagai berikut :

1. Penilitian dan Publikasi 
2. Refleksi Diri 
3. Pencarian Informasi Baru 
4. Inovasi Pembelajaran 
5. Prestasi Hasil Kompetisi 
6. Pengabdian 

Nah, peserta PPG dapat melihat seluruh rubrik instrumen penilaian dari keenam portofolio di atas dan intrumen penilaian untuk perangkat pembelajaran serta praktek pembelajaran dapat diklik tautan berikut atau scan barcodenya. 


Barcode Tautan Rubrik Penilaian PPG Daljab 2022


Upayakan dalam membuat video pembelajaran dan pengumpulan portofolio dapat berpijak pada acuan instrumen penilaian tersebut. Bagikan ke seluruh mahasiswa PPG atau yang akan mengikuti PPG di tahun-tahun mendatang. Semoga dapat menjadi ladang amal kebaikan untuk menyebarkan hal ini. Aamin.   

  

(*) Sumber : Perdirjen tentang petunjuk teknis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2021.