Buat peserta didik SMP kelas VII yang akan menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS) pada Kamis (14/3) besok, berikut indikator soal yang digunakan dalam PTS. Pelajari indikator soal ini agar sukses dan lancar dalam menghadapi PTS. Selamat belajar dan semangat!
- Peserta didik dapat menyebutkan sekelompok sel yang dapat melakukan satu fungsi khusus
- Peserta didik dapat menentukan nama bagian-bagian sel beserta fungsinya
- Disajikan tabel ada dan tidaknya organel sel, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri sel hewan dan sel tumbuhan
- Disajikan gambar sistem organisasi kehidupan, peserta didik dapat mengurutkan sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai ke tingkatan yang paling tinggi
- Disajikan beberapa nama hewan, peserta didik dapat menentukan kelompok organisme uniseluler
- Peserta didik dapat menentukan organ penyusun sistem organ pencernaan manusia
- Disajikan ciri-ciri struktur jaringan tumbuhan, peserta didik dapat menentukan fungsi jaringan tumbuhan berdasar ciri-ciri itu
- Peserta didik dapat menyebutkan organ pokok (utama) tumbuhan
- Disajikan gambar jaringan, peserta didik dapat menentukan organel yang paling banyak ditemukan pada jaringan yang telah ditentukan
- Disajikan gambar jaringan tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi jaringan yang berfungsi mengangkut garam dan mineral menuju ke daun
- Disajikan ciri-ciri jaringan otot hewan, peserta didik dapat menenetukan ciri-ciri jaringan otot polos
- Disajikan ciri-ciri jaringan hewan, peserta didik menentukan nama jaringan hewan berdasar ciri-ciri itu
- Disajikan gambar sistem organ manusia, peserta didik dapat menentukan nama sistem organ manusia tersebut
- Peserta didik dapat menentukan komponen penyusun ekosistem
- Disajikan beberapa nama penyusun ekosistem, peserta didik dapat menentukan kelompok komponen biotik
- Disajikan beberapa nama makhluk hidup dan makhluk tak hidup, peserta didik dapat menentukan organisme yang berperan sebagai produsen
- Peserta didik dapat menjelaskan jenis interaksi yang terjadi antara ikan bandeng dan ikan mujair.
- Peserta didik dapat mengurutkan transfer energi dari sumber energi di bumi hingga diterima makhluk hidup
- Disajikan jaring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi dampak yang terjadi bila salah satu tingkatan organisme mengalami penurunan jumlah populasinya
- Disajikan pernyataan tentang pola interaksi antar makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan jenis pola interaksi tersebut
- Disajikan pernyataan tentang pola interaksi antar makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan alasan terjadinya pola interaksi tersebut
- Disajikan grafik jumlah penduduk, peserta didik dapat memprediksi pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap sumber daya alam berdasar grafik itu
- Disajikan gambar piramida makanan, peserta didik dapat menentukan populasi yang menerima energi paling tinggi
- Disajikan beberapa komponen biotik penyusun lingkungan, peserta didik dapat menyusun urutan rantai makanan berdasar komponen biotik itu
- Peserta didik dapat menentukan dampak dari polutan nonbiodegredable bagi lingkungan
- Peserta didik dapat menentukan syarat kimia dalam pengelolaan air minum
- Peserta didik dapat menentukan akibat dari penggunaan peptisida secara berlebihan di area pertanian terhadap lingkungan
- Disajikan beberapa organisme pada suatu ekosisitem, peserta didik dapat menentukan organisme yang memiliki akumulasi bahan kimia berbahaya tertinggi
- Peserta didik dapat menentukan jenis pencemaran yang disebabkan oleh bakteri patogen
- Peserta didik dapat menentukan dampak negatif penggunaan gas CFC pada peralatan rumah tangga
- Peserta didik dapat menentukan dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan
- Peserta didik dapat menentukan penyebab pencemaran air dari manfaat penanaman tumbuhan jenis alang-alang di sepanjang pinggiran sungai
- Peserta didik dapat menentukan nama tanaman yang menjadi indikator pencemaran air
- Peserta didik dapat menentukan upaya pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan
- Disajikan beberapa upaya mengatasi pencemaran, peserta didik mengatasi pencemaran air yang diakibatkan ganggang dan tumbuhan air tumbuh dengan cepat
- Disajikan gambar beberapa organ manusia, peserta didik dapat menentukan nama organ yang berfungsi mengeluarkan air dan garam mineral
- Peserta didik dapat menjelaskan peran dekomposer dalam lingkungan
- Peserta didik dapat menjelaskan kegiatan manusia yang merusak lingkungan
- Peserta didik dapat menyebutkan jenis pencemaran lingkungan beserta contoh pollutannya
- Disajikan beberapa kata-kata yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan, peserta didik dapat mengisi bagian kalimat yang kosong berdasar kata-kata tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar