Halaman

Home

Selasa, 12 Maret 2019

Indikator Soal PTS Kelas VII 2019

Buat peserta didik SMP kelas VII yang akan menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS) pada Kamis (14/3) besok, berikut indikator soal yang digunakan dalam PTS. Pelajari indikator soal ini agar sukses dan lancar dalam menghadapi PTS. Selamat belajar dan semangat!
  1. Peserta didik dapat menyebutkan sekelompok sel yang dapat melakukan satu fungsi khusus
  2. Peserta didik dapat menentukan nama bagian-bagian sel beserta fungsinya
  3. Disajikan tabel ada dan tidaknya organel sel, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri sel hewan dan sel tumbuhan
  4. Disajikan gambar sistem organisasi kehidupan, peserta didik dapat mengurutkan sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai ke tingkatan yang paling tinggi
  5. Disajikan beberapa nama hewan, peserta didik dapat menentukan kelompok organisme uniseluler
  6. Peserta didik dapat menentukan organ penyusun sistem organ pencernaan manusia
  7. Disajikan ciri-ciri struktur jaringan tumbuhan, peserta didik dapat menentukan fungsi jaringan tumbuhan berdasar ciri-ciri itu
  8. Peserta didik dapat menyebutkan organ pokok (utama) tumbuhan
  9. Disajikan gambar jaringan, peserta didik dapat menentukan organel yang paling banyak ditemukan pada jaringan yang telah ditentukan
  10. Disajikan gambar jaringan tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi jaringan yang berfungsi mengangkut garam dan mineral menuju ke daun
  11. Disajikan ciri-ciri jaringan otot hewan, peserta didik dapat menenetukan ciri-ciri jaringan otot polos
  12. Disajikan ciri-ciri jaringan hewan, peserta didik menentukan nama jaringan hewan berdasar ciri-ciri itu
  13. Disajikan gambar sistem organ manusia, peserta didik dapat menentukan nama sistem organ manusia tersebut
  14. Peserta didik dapat menentukan komponen penyusun ekosistem
  15. Disajikan beberapa nama penyusun ekosistem, peserta didik dapat menentukan kelompok komponen biotik
  16. Disajikan beberapa nama makhluk hidup dan makhluk tak hidup, peserta didik dapat menentukan organisme yang berperan sebagai produsen
  17. Peserta didik dapat menjelaskan jenis interaksi yang terjadi antara ikan bandeng dan ikan mujair.
  18. Peserta didik dapat mengurutkan transfer energi dari sumber energi di bumi hingga diterima makhluk hidup
  19. Disajikan jaring-jaring makanan, peserta didik dapat memprediksi dampak yang terjadi bila salah satu tingkatan organisme mengalami penurunan jumlah populasinya
  20. Disajikan pernyataan tentang pola interaksi antar makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan jenis pola interaksi tersebut
  21. Disajikan pernyataan tentang pola interaksi antar makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan alasan terjadinya pola interaksi tersebut
  22. Disajikan grafik jumlah penduduk, peserta didik dapat memprediksi pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap sumber daya alam berdasar grafik itu
  23. Disajikan gambar piramida makanan, peserta didik dapat menentukan populasi yang menerima energi paling tinggi
  24. Disajikan beberapa komponen biotik penyusun lingkungan, peserta didik dapat menyusun urutan rantai makanan berdasar komponen biotik itu
  25. Peserta didik dapat menentukan dampak dari polutan nonbiodegredable bagi lingkungan
  26. Peserta didik dapat menentukan syarat kimia dalam pengelolaan air minum
  27. Peserta didik dapat menentukan akibat dari penggunaan peptisida secara berlebihan di area pertanian terhadap lingkungan
  28. Disajikan beberapa organisme pada suatu ekosisitem, peserta didik dapat menentukan organisme yang memiliki akumulasi bahan kimia berbahaya tertinggi
  29. Peserta didik dapat menentukan jenis pencemaran yang disebabkan oleh bakteri patogen
  30. Peserta didik dapat menentukan dampak negatif penggunaan gas CFC pada peralatan rumah tangga
  31. Peserta didik dapat menentukan dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan
  32. Peserta didik dapat menentukan penyebab pencemaran air dari manfaat penanaman tumbuhan jenis alang-alang di sepanjang pinggiran sungai
  33. Peserta didik dapat menentukan nama tanaman yang menjadi indikator pencemaran air
  34. Peserta didik dapat menentukan upaya pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan
  35. Disajikan beberapa upaya mengatasi pencemaran, peserta didik mengatasi pencemaran air yang diakibatkan ganggang dan tumbuhan air tumbuh dengan cepat
  36. Disajikan gambar beberapa organ manusia, peserta didik dapat menentukan nama organ yang berfungsi mengeluarkan air dan garam mineral
  37. Peserta didik dapat menjelaskan peran dekomposer dalam lingkungan
  38. Peserta didik dapat menjelaskan kegiatan manusia yang merusak lingkungan
  39. Peserta didik dapat menyebutkan jenis pencemaran lingkungan beserta contoh pollutannya
  40. Disajikan beberapa kata-kata yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan, peserta didik dapat mengisi bagian kalimat yang kosong berdasar kata-kata tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar