Halaman

Home

Rabu, 24 September 2025

Kisi-kisi atau Indikator Soal Sumatif Tengah Semester (STS) IPA Kelas 8 SMP

 Assalamualaikum warohmatullhi wabarokatuh

Bapak sampaikan kisi-kisi soal atau indikator soal untuk sumatif tenagh semester IPA kelas 8. Soal nomor 1 hingga 25 merupakan soal pilihan ganda dan soal nomor 26 hingga 30 adalah soal uraian. Silahkan dipelajari, dijawab, dan dipahami. Semoga dimudahkan dan dilancarkan ya dalam mengerjakan soal-soalnya. 

  1. Murid dapat mengidentifikasi ilmuwan yang pertama kali mengamati sel dengan mikroskop.
  2. Murid dapat mengklasifikasikan jenis mikroskop berdasarkan gambarnya secara berurutan.
  3. Murid dapat menyebutkan jenis mikroskop berdasarkan sumber cahaya yang digunakannya.
  4. Murid dapat mengetahui perbesaran objek yang bisa dicapai oleh mikroskop elektron.
  5. Murid dapat menentukan langkah-langkah yang tepat saat menggunakan mikroskop untuk mengamati objek.
  6. Murid dapat mengenali bagian-bagian mikroskop, seperti lensa yang letaknya dekat dengan mata.
  7. Murid dapat menganalisis gambar sel tumbuhan untuk menentukan organel dan fungsinya dengan tepat.
  8. Murid dapat menganalisis fungsi organel sel dengan benar.
  9. Murid dapat mengidentifikasi bagian-bagian sel tumbuhan yang tidak ada pada sel hewan.
  10. Murid dapat mengidentifikasi ciri-ciri Protista secara spesifik.
  11. Murid dapat mengidentifikasi jaringan palisade dan jaringan pembuluh angkut pada gambar penampang daun.
  12. Murid dapat menjelaskan organel yang berfungsi sebagai penghasil energi pada sel hewan.
  13. Murid dapat memasangkan jenis nutrisi dengan fungsinya secara tepat.
  14. Murid dapat menganalisis komposisi produk makanan untuk menentukan fungsi zat aditif tertentu.
  15. Murid dapat menjelaskan bagaimana nutrisi diserap dalam sistem pencernaan manusia.
  16. Murid dapat menganalisis gambar sistem pencernaan manusia dan menentukan organ tempat terjadinya pencernaan kimiawi pertama kali pada susu.
  17. Murid dapat mendefinisikan jenis gerakan yang terjadi pada kerongkongan untuk mendorong makanan menuju lambung.
  18. Murid dapat menganalisis grafik faktor yang memengaruhi denyut jantung untuk menyimpulkan hubungannya dengan jenis kelamin dan aktivitas.
  19. Murid dapat menentukan urutan peredaran darah kecil pada diagram sistem peredaran darah.
  20. Murid dapat mengidentifikasi golongan darah A, B, O, dan AB berdasarkan tabel aglutinogen dan aglutinin.
  21. Murid dapat menganalisis gambar dan menjelaskan pengaruh merokok serta olahraga terhadap sistem pernapasan.
  22. Murid dapat membandingkan risiko kesehatan antara perokok pasif dan perokok aktif.
  23. Murid dapat menyimpulkan hubungan antara jumlah kafein yang dikonsumsi dan volume urin yang dihasilkan berdasarkan grafik.
  24. Murid dapat menyebutkan fungsi hati yang tidak berkaitan dengan sistem ekskresi.
  25. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fungsi bagian nefron pada ginjal.
  26. Murid dapat menjelaskan urutan organisasi kehidupan pada tingkat molekuler dan seluler.
  27. Murid dapat menjelaskan fungsi dari organel-organel sel.
  28. Murid dapat menyebutkan empat organ ekskresi beserta zat yang dihasilkannya.
  29. Murid dapat melengkapi diagram proses pembekuan darah dengan benar.
  30. Murid dapat menjelaskan keterkaitan antara sistem pencernaan, pernapasan, peredaran darah, dan ekskresi dalam satu paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar