- Disajikan pernyataan dampak pencemaran limbah pabrik terhadap populasi ikan di sungai, murid dapat menentukan cabang ilmu Sains yang paling relevan untuk membantu penelitian tersebut dengan tepat berdasarkan objek penelitiannya
. - Disajikan pernyataan mengenai menggunakan alat laboratorium, murid dapat memilih alat yang paling tepat digunakan agar pemanasan berlangsung aman dan efisien dengan benar saat memanaskan cairan dalam jumlah kecil
. - Disajikan gambar simbol bahan kimia di laboratorium, murid dapat menjelaskan bahaya cairan yang ditunjukkan oleh simbol pada label tersebut secara akurat.
- Disajikan gambar dua percobaan dengan perlakuan yang berbeda, murid dapat merumuskan hipotesis yang paling tepat dan ilmiah untuk menyelidiki perlakuan mana yang lebih baik untuk pertumbuhan bunga sesuai kaidah ilmiah
. - Disajikan pernyataan mengenai percobaan pemberian pupuk terhadap tanaman, murid dapat menjelaskan pernyataan yang paling tepat yang menunjukkan termasuk variabel terikat berdasarkan rencana percobaan tersebut.
- Disajikan daftar pernyataan langkah=langkah metode ilmiah, murid dapat mengurutkan langkah-langkah metode ilmiah secara tepat dan sistematis untuk melakukan penyelidikan
. - Disajikan data tabel pengamatan suhu hasil percobaan, diukur oleh Gani setiap menit selama 6 menit, dan data pengamatan yang didapatkan disajikan dalam tabel
. Murid menyimpulkan hasil percobaan tersebut dengan paling tepat berdasarkan data kenaikan suhu air terhadap waktu yang diamati . - Disajikan pernyataan mengenai pengukuran volume sebuah batu menggunakan gelas ukur, murid mengidentifikasi penyebab kekeliruan yang paling mungkin terjadi dan menjelaskan cara menghindarinya dengan benar.
- Disajikan pernyataan mengenai pengukuran massa dan volume besi, murid menentukan pasangan besaran dan satuan yang paling tepat berdasarkan deskripsi hasil pengukurannya
. - Disajikan pernyataan mengenai massa batu, murid menghitung massa batu tersebut dalam satuan standar internasional (SI) dengan tepat.
- Disajikan gambar model partikel suatu zat, murid dapat mengidentifikasi karakteristik utama zat tersebut dengan benar berdasarkan pemodelan partikelnya
. - Disajikan pernyataan mengenai aroma pengharum ruangan yang dapat dicium di seluruh ruangan, murid dapat menjelaskan karakteristik partikel-partikel zat gas yang menyebabkan peristiwa tersebut secara ilmiah
. - Disajikan peristiwa mengenai kamper diletakkan di dalam lemari lalu setelah beberapa minggu menghilang tanpa meninggalkan bekas cair, murid dapat menentukan peristiwa perubahan wujud zat yang terjadi pada kamper tersebut dengan tepat berdasarkan pengamatan
. - Disajikan daftar beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, murid dapat mengidentifikasi peristiwa yang menunjukkan perubahan wujud dari gas ke cair secara benar.
- Disajikan hasil dua percobaan terpisah mengenai memanaskan es batu hingga melebur dan mendinginkan air hingga membeku pada tekanan udara yang sama, murid dapat menyatakan perihal titik lebur dan titik beku zat secara paling tepat berdasarkan hasil kedua percobaan.
- Disajikan pernyataan mengenai air yang mendidih hingga menjadi uap, murid dapat menyatakan pernyataan yang paling tepat berdasarkan hasil pengamatan titik didih dan titik embun air
. - Disajikan daftar tabel hasil pengamatan sifat-sifat zat terhadap empat jenis zat (A, B, C, D), murid dapat menentukan pasangan pernyataan yang paling tepat yang menjelaskan zat tertentu berdasarkan data pada tabel sifat fisika zat
. - Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sifat kimia zat, murid dapat menentukan pasangan yang paling tepat antara peristiwa dengan sifat kimia yang mendasarinya berdasarkan fenomena yang disajikan
. - Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, murid dapat menjelaskan perbedaan antara perubahan fisika dan kimia secara paling tepat berdasarkan peristiwa yang disajikan
. - Disajikan gambar hasil pengukuran diameter suatu benda menggunakan jangka sorong, murid dapat menghitung hasil pengukuran diameter benda itu dengan tepat.
- Disajikan data hasil pengamatan pertumbuhan tinggi tanaman jagung tiap hari, murid dapat membuat grafik batang berdasarkan data pertumbuhan tanaman jagung dengan lengkap dan benar,
- Disajikan beberapa hasil percobaan, murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan pengamatan kualitatif dan kuantitatif secara tepat beserta alasannya.
- Disajikan hasil pengamatan mengenai kedua jenis benda yang dimasukan ke dalam wadah berisi air, murid dapat menjelaskan secara ilmiah kedua benda itu dapat tenggelam dan mengapung menggunakan konsep kerapatan zat (massa jenis) secara benar
. - Disajikan data hasil pengukuran benda dengan mikrometer sekrup, murid dapat menghitung ketebalan benda itu dengan langkah-langkah perhitungan yang rinci dan akurat.
- Disajikan data massa dan volume benda, murid dapat menghitung massa jenis (g/cm3) batu tersebut dengan langkah-langkah perhitungan yang rinci dan tepat
.
Selasa, 30 September 2025
Indikator atau Kisi-Kisi Soal IPA STS Kelas VII Reguler 2025/2026
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Bapak sampaikan indikator soal atau kisi-kisi soal STS IPA kelas VII Reguler. Silahkan dibaca, dipelajari, dan ditulis jawaban di buku tulis masing-masing agar nanti ketika ujian dapat mengerjakan dengan mudah dan lancar. Soal STS IPA terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar